Apa Penyebab Baterai Hp Android Cepat Panas? Ini Ulasan Lengkapnya

Hallo sobat Agung Hostkey!! Sebelumnya admin sudah membahas tentang masalah cara mengatasi baterai hp yang dicas malah berkurang, artikelnya bisa sobat baca disini.

Nah, bicara soal baterai pasti sobat pernah kan mengalami baterai hp yang panas ketika sedang digunakan? Lalu apa penyebab baterai hp panas? dan bagaimana cara mengatasinya? Kalian akan mengetahuinya pada artikel ini.

Apa sih Baterai dan Fungsinya?

Sebelum membahas lebih jauh, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu mengenai baterai.Dilansir dari wikipedia, Baterai merupakan alat yang terdiri dari 2 atau lebih sel elektrokimia yang dapat mengubah energi kimia yang tersimpan menjadi energi listrik.

Dari masing-masing sel mempunyai kutub positif (katoda) serta kutub negatif (anoda). Kutub positif menandakan bahwa mempunyai energi potensial lebih tinggi dibanding kutub negatif. Kutub negatif yaitu sumber elektron yang jika disambungkan dengan rangkaian eksternal akan memberikan energi ke peralatan tersebut.

Jadi, Fungsi baterai pada hp android yaitu untuk memberikan pasokan energi yang berguna untuk menyalakan komponen supaya dapat bekerja dengan semestinya. Jenis baterai hp ada 4 jenis yakni:
  • NiCd (Nickle Cadmium)
  • Li-Po (Lithium Polymer)
  • Li-Ion (Lithium Ion)
  • NiMH (Nickel Metal Hydride)

Penyebab Baterai Hp Cepat Panas dan cepat habis?

Sesudah mengetahui fungsi dan cara kerja baterai, apakah sobat ada sedikit gambaran megenai baterai hp yang cepat panas dan habis? Mengetahui cara kerja baterai diatas.
Apa Penyebab Baterai Hp Android Cepat Panas? Ini Ulasan Lengkapnya

Seperti yang sudah saya tulis diatas, kita pasti memaklumi jika baterai hp sedikit panas memang suatu hal yang normal jika dilihat dari segi cara kerja.

Namun bagaimana jika panas yang dihasilkan oleh baterai tersebut berlebihan? Dan tidak wajar seperti pada umumnya. Jika demikian, mungkin beberapa faktor dibawah ini adalah penyebabnya:

Spesifikasi kurang mumpuni

Hal paling utama yang umum dipertanyakan ketika membahas baterai hp yang cepat panas dan habis adalah spesifikasi hp yang rendah. Hp yang memiliki spek rendah biasanya memiliki komponen kurang baik, sehingga menyebabkan baterai panas dan cepat habis.

Namun faktor ini tidak menjadi faktor utama panasnya baterai hp, karena biasanya si pembuat sudah menyeimbangkan antara kemampuan perangkat dengan kualitas perangkat tersebut. Jadi ada batasan untuk melakukan sesuatu untuk menghindari kinerja yang berlebihan.

Kapasitas Penyimpanan dan RAM

Kapasitas penyimpanan seperti memori internal dan RAM kemungkinan menjadi pemicu baterai panas dan cepat habis. Ini terjadi jika kapasitas penyimpanan sudah terkuras habis atau dengan kata lain sudah tidak ada ruang alias pas-pasan.

Apalagi jika sobat menginstal terlalu banyak aplikasi atau mendownload aplikasi yang ukurannya besar yang memakan banyak RAM saat menjalankannya. Ini menyebabkan sistem operasi menjadi berat yang berujung hp menjadi seperti api :D.

Bermain Game Online

Game online menjadi game favorit bagi anak milenial zaman now, memang bermain game merupakan hal yang menyenangkan. Tapi pernahkan sobat menyadari bahwa bermain game menjadi salah satu penyebab panasnya baterai hp.
Apa Penyebab Baterai Hp Android Cepat Panas? Ini Ulasan Lengkapnya

Pasti sobat semua sudah merasakan keseruan bermain game online, termasuk saya pribadi. Ya, saya sudah merasakan asiknya bermain game sampai melupakan waktu, kegiatan serta mengabaikan kesehatan baterai hp. Kenapa demikian? Karena pada waktu bersamaan perangkat menjalankan 2 proses operasi yang berat. Apakah itu? Yaitu dengan menjalankan media pada game seperti audio (suara), video (game), serta sentuhan pada layar LCD.

Belum lagi ditambah dengan aktifnya data seluler, sudah kita ketahui bahwa mengaktifkan data seluler membuat perangkat bekerja lebih keras karena harus mencari sinyal, jaringan dan melakukan transfer data (download, upload).

Banyak Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang

Aplikasi yang berjalan dilatar belakang secara bersamaan bisa membuat perangkat bekerja exstra yang menyebabkan baterai cepat terkuras habis dan cepat panas karena pemakaian yang terlalu drastis.

Jika sobat pengguna hp samsung Galaxy, baik itu seri J1, J2, J3, J4, J5, J6, J7 dan seterusnya silakan sobat pantau aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan cara menuju pengaturan, Manajer Aplikasi, lalu geser layar ke kiri hingga tampil halaman list aplikasi yang sedang berjalan seperti dibawah ini:
Apa Penyebab Baterai Hp Android Cepat Panas? Ini Ulasan Lengkapnya
aplikasi berjalan

Disana terlihat ada beberapa aplikasi yang sedang melakukan proses, lengkap dengan jumlah besarnya RAM yang digunakan untuk menjalankan aplikasi tersebut. Silakan hapus aplikasi yang kira-kira tidak penting yang berjalan di latar belakang.

Multi Tasking

Multi tasking merupakan suatu proses dimana perangkat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan di satu waktu. Misal sobat sedang membuka Chrome, lalu sobat membuka aplikasi lain tanpa menutup aplikasi chrome tadi, begitupun seterusnya.

Ini akan membuat proses aplikasi berjalan (seperti halnya pada poin sebelumnya), hal ini akan membuat RAM terkuras serta kinerja yang lebih keras lagi yang mengakibatkan baterai cepat panas.

Penggunaan Terus Menerus

Seperti halnya makhluk hidup, ponsel juga memiliki rasa lelah jika terus menerus digunakan oleh pemiliknya. Penggunaan dalam jangka waktu yang lama mengakibatkan mesin perangkat bekerja tanpa henti yang mengakibatkan baterai menjadi panas.

Apalagi jika dipakai bermain game seharian, bisa-bisa jadi seperti setrika hp nya :D. Cobalah untuk mengistirahatkan ponsel sobat sampai suhu baterai kembali normal.

Charger Tidak Cocok

Charger memiliki hubungan dekat dengan baterai hp, dimana charger merupakan alat untuk mengisi daya baterai pada hp. Maka dapat dipastikan jika baterai sobat ber suhu panas kemungkinan penyebabnya ada pada charger, apalagi jika charger yang digunakan bukan ori bawaan hp.

Ada juga masalah baterai yang dicas malah berkurang, untuk masalah itu silakan sobat bisa baca pada postingan saya sebelumnya tentang penyebab baterai dicas malah berkurang.

Baterai Ngedrop

Ini bisa saja menjadi salah satu penyebabnya, dimana seiring berjalannya waktu maka usia baterai semakin tua sehingga baterai sudah dalam keadaan drop (rusak).

Apalagi jika hp sobat memakai baterai removable (bisa dicopot). Cobalah untuk mengganti baterai dengan yang baru. Jika masalah belum teratasi, point terakhir dibawah menjadi solusinya.

Kerusakan Hardware

Ini merupakan penyebab jika semua point diatas bukan penyebab dari panasnya baterai hp sobat. Jika sobat merasa panas baterai hp tidak wajar meski tidak mengalami penyebab-penyebab diatas, silakan untuk melakukan pengecekan, terutama pada bagian konektor (lubang charger) hp sobat.

Kesimpulan

Intinya, semua hp jika dipakai secara berlebihan maka akan menimbulkan suhu panas pada baterai. Ini merupakan hal alamiah yang wajar-wajar saja. Tapi jika baterai sobat panas padahal hp tidak dipakai berlebihan maka sudah dipastikan poin-poin diatas menjadi penyebabnya.

Penutup

Demikianlah postingan saya kali ini tentang penyebab baterai hp android panas, untuk cara mengatasinya silakan sobat baca pada postingan cara mengatasi baterai hp android panas. Semoga bermanfaat...
Anda telah membaca postingan Apa Penyebab Baterai Hp Android Cepat Panas? Ini Ulasan Lengkapnya, semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

0 Response to "Apa Penyebab Baterai Hp Android Cepat Panas? Ini Ulasan Lengkapnya"

Post a Comment

Rules Komentar:
¤ Pakailah bahasa yang baik
¤ Komentar Spam akan dihapus
¤ Link aktif akan dihapus, jika ingin bertukar link silakan menuju halaman partner

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel

close
SELAMAT DATANG DI BLOG AGUNG HOSTKEY, BLOG PERSONAL BERBAGI TUTORIAL, ANDROID, SERTA INFORMASI MENARIK...