Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Hp Menghilang Tidak Ada Layanan

Sebelumnya admin telah memposting artikel tentang penyebab dan cara mengatasi hanya panggilan darurat pada hp android . Kali ini admin akan membahas tentang sinyal hp yang hilang, padahal simcard yang dipasang terbaca. Pasti sobat bingung kan dengan masalah satu ini, maka dari itu saya akan memberikan tips atau cara untuk mengatasinya.

Pada jaman modern ini, koneksi internet merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan koneksi internet semua orang bisa dengan mudah saling terhubung dan berbagi informasi. Namun bagaimana jika koneksi tersebut terputus? Contohnya pada simcard yang terpasang pada hp sobat yang tidak dapat terhubung ke jaringan atau sinyal yang menghilang. Biasanya bertuliskan "tidak ada layanan" di panel notifikasi.

Terkadang orang mengira bahwa jika ada masalah pada jaringan atau sinyal pada hp, pasti menyalahkan operator yang terkait. Namun jika masalah ini terus menerus datang, kemungkinan ini bukan kesalahan operator. Lalu apa penyebab dan cara mengatasi tidak adanya sinyal atau sinyal menghilang walaupun simcard terpasang dan terbaca? Oke simak dibawah ini.

Penyebab tidak ada sinyal pada simcard

Penyebab jaringan seluler atau sinyal tidak tersedia memiliki faktor penyebab yang beragam. Karena setiap ponsel berbeda beda, mulai dari merk hp, spesifikasi, kartu yang digunakan, dan daerah tempat tinggal.

Semua itu menjadi satu kesatuan yang menyebabkan terjadinya masalah hilangnya sinyal dan jaringan pada hp sobat. Sudah kita ketahui bahwa sinyal merupakan komponen penting dalam sebuah smartphone pintar saat ini.

Tidak hanyak ponsel pintar saja, ponsel jadul atau ponsel jaman dulu juga membutuhkan yang namanya sinyal dalam penggunaan nya. Karena pada umumnya ponsel memiliki fungsi utama yaitu berkomunikasi dari jarak jauh, tentu ini membutuhkan yang namanya sinyal.

Tetapi, tak sedikit orang yang mengalami masalah tidak ada sinyal atau sinyal pada hp menghilang. Tentu ini masalah yang serius, sebab jika ponsel tidak terhubung dengan jaringan atau sinyal, maka akan sulit untuk melakukan komunikasi.

Adapun faktor yang menyebabkan tidak ada sinyal pada hp, yaitu:

Daerah yang tidak terjangkau

Jika sobat sedang berpergian ke luar kota ataupun ke suatu daerah, kemungkinan kualitas sinyal disana berbeda dengan kualitas sinyal di tempat tinggal sobat.
Ilustrasi

Tak jarang ketika kita sedang berkunjung ke daerah lain sinyal dan jaringannya kurang bagus, bahkan bisa berstatus "tidak ada layanan". Yang berarti sinyal operator simcard yang kita pakai tidak tersedia di tempat tersebut.

Perangkat baru memulai Ulang

Ketika hp baru di reboot atau memulai ulang, kemungkinan perangkat perlu mencari dan mendeteksi simcard yang dipakai. Biasanya proses ini berlangsung cepat, namun ada juga yang prosesnya lama sehingga memunculkan tanda "tidak ada layanan" pada panel notifikasi.

Gangguan operator

Jika sinyal hp sobat mendadak hilang atau no signal, kemungkinan ini hanya masalah sementara karena simcard yang kalian pakai sedang mengalami gangguan.

Untuk memastikan bahwa ini hanya masalah operator seluler, coba sobat cek hp teman atau hp lain yang memakai simcard yang sama apakah mengalami hal yang sama dengan hp sobat apakah tidak.

Jika mengalami hal yang sama, sudah dipastikan bahwa simcard yang kalian pakai sedang mengalami gangguan.

Kerusakan hardware

Jika semua penyebab diatas tidak dialami oleh sobat, kemungkinan penyebab sinyal tidak muncul pada hp sobat disebabkan oleh kerusakan hardware.

Apalagi kalau hp sobat sebelumnya sudah mengalami penyebab kerusakan fisik seperti terjatuh, kemasukan air dan lain lain. Sebaiknya sobat pergi ke konter atau tempat servis hp untuk diperiksa.

Jika pun benar hp sobat mengalami kerusakan hardware, tak bisa dihindari lagi selain mengganti komponen yang rusak itu.

Cara Mengatasi Sinyal HP Menghilang Tidak Ada Layanan

Setelah kita mengetahui penyebab sinyal hp menghilang, dan sekarang admin akan memberikan cara untuk mengatasi sinyal hp menghilang tidak ada Layanan.

Seberapa penting sinyal dan jaringan hp itu? Ya, sinyal dan jaringan memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah ponsel. Pasalnya, sinyal berfungsi untuk melakukan komunikasi/menelpon.

Sementara jaringan berfungsi untuk berselancar di internet. Namun, kualitas jaringan ditentukan oleh kualitas sinyal. Jadi keduanya memiliki peran yang penting.

Namun bagaimana jika hp kita mendadak tidak ada sinyal? Padahal simcard masih terpasang dan terbaca. Dibawah ini ada beberapa cara mengatasi tidak ada sinyal pada ponsel:

Mode airplane (mode pesawat)

Ketika sinyal hp atau jaringan yang tiba tiba down, kemungkinan penyebabnya adalah kualitas sinyal / jaringan pada alamat IP itu sudah tidak bagus.

Sebaiknya silahkan kalian aktifkan mode airplane atau mode pesawat, ini berguna untuk merefresh dan mencari kualitas sinyal baru yang lebih bagus.

Reboot HP

Cara diatas tidak work? Jika masalah masih belum teratasi juga dengan mengaktifkan mode pesawat, silahkan sobat melakukan reboot hp atau memulai ulang.

Ini berguna untuk merefresh semua kegiatan yang dilakukan oleh perangkat, jadi jika sobat melakukan reboot kemungkinan perangkat bisa melakukan tugasnya dengan ringan. Sehingga perangkat bisa melakukan pencarian sinyal dan menemukannya.

Setting dan Ganti Mode Jaringan

Dalam sebuah mode jaringan terbagi dalam beberapa mode, yaitu mode GSM dan WCDMA. Saya tidak akan membahas jauh soal jenis mode jaringan ini.

Namun sesuai pengalaman, saya selalu melakukan pergantian mode jaringan ketika sinyal pada hp saya tidak ada sinyal atau tidak ada layanan.

Caranya dengan menuju ke pengaturan, pilih jaringan, Pilih jaringan seluler, silahkan ganti mode jaringan. Tapi jangan memilih mode jaringan "hanya GSM" karena itu adalah jaringan E (Edge).

Periksa masa aktif simcard

Masa aktif dalam kartu simcard sangat penting, karena jika kartu yang kita pakai sudah masuk dalam masa tenggang kemungkinan banyak hal yang dibatasi.

Artinya, ketika kartu operator sudah masuk masa tenggang banyak kegiatan yang tidak bisa dilakukan seperti tidak bisa melakukan panggilan, sms dan menerima panggilan/sms.

Bahkan jika kartu sudah melewati masa tenggang, pihak operator akan menonaktifkan sinyal sehingga tanda sinyal pada hp kita berubah menjadi tanda seru dan di panel notifikasi bertuliskan "tidak ada layanan" atau hanya panggilan darurat.

Mencari jaringan Operator

Mencari jaringan operator sesuai dengan kartu yang kita pakai adalah hal yang harus dilakukan, apalagi ketika kita pertama kali mengganti simcard baru.

Caranya, silahkan sobat buka pengaturan, jaringan lainnya ,jaringan seluler, operator jaringan silahkan pilih opsi "Cari Jaringan" atau jika tidak mau ribet bisa pilih opsi "Pilih Secara Otomatis".

Gunakan kartu Yang Lain

Jika yang mengalami masalah tidak ada sinyal hanya simcard milik sobat saja, kemungkinan itu adalah simcardnya yang mengalami masalah.

Tapi jika simcard lain juga mengalami hal yang sama, kemungkinan pada saat itu sedang terjadi gangguan dari pihak operator.

Untuk memastikan apakah kartu sobat bermasalah atau tidak, silahkan sobat lihat hp lain yang memakai kartu yang satu operator. Apakah jaringannya normal atau tidak. Jika normal itu kemungkinan kartu sobat lah yang bermasalah.

Cara mengatasinya yaitu dengan cara menghubungi Call Center Operator. Bagaimana caranya? Silakan lihat di poin selanjutnya.

Hubungi Call Center Operator

Jika masalah belum teratasi maka hal terakhir yang perlu sobat lakukan adalah dengan cara menghubungi pihak operator.

Sobat bisa menghubungi CS operator untuk menanyakan masalah pada kartu sobat. Silahkan bicarakan kepasa CS operator bahwa nomor yang kalian pakai mengalami masalah tidak ada sinyal.

Berhubung nomor CS setiap operator berbeda beda, silakan sobat kunjungi link berikut kumpulan CS all operator

Kesimpulan

Mungkin masalah setiap orang berbeda beda, jadi mohon dimaklumi saja jika ada cara cara diatas yang tidak work. Tapi kebanyakan masalah tidak ada sinyal cara mengatasinya memang seperti itu.

Penutup

Mungkin cukup sekian postingan saya kali ini tentang penyebab dan cara mengatasi sinyal hp menghilang tidak ada sinyal. Semoga postingan ini dapat mengatasi masalah yang sobat alami.
Anda telah membaca postingan Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Hp Menghilang Tidak Ada Layanan, semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

4 Responses to "Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Hp Menghilang Tidak Ada Layanan"

  1. Kalo punya saya sering hilang" sendiri itu kenapa ya kak.. padahal udah coba mode airplane paling cuma muncul 1 menit terus hilang lagi. reboot juga sudah tapi tetep juga. Itu kenapa ya apa mungkin hp saya?

    ReplyDelete
  2. Hp saya xiaomi redmi 5 pro itu suka hulang sinyal kalau pindah mode jaringan terutama dari wifi ke sinyal paket data.. semoga artikel ini membantu terima kasih

    ReplyDelete
  3. Iya nih kadang sinyal di hp suka hilang akibatnya saya jadi kesulitan untuk nelpon, sms dan juga buka internet tapi alhamdulillah sekarang sudah normal lagi, terimakasih mas artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete

Rules Komentar:
¤ Pakailah bahasa yang baik
¤ Komentar Spam akan dihapus
¤ Link aktif akan dihapus, jika ingin bertukar link silakan menuju halaman partner

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel

close
SELAMAT DATANG DI BLOG AGUNG HOSTKEY, BLOG PERSONAL BERBAGI TUTORIAL, ANDROID, SERTA INFORMASI MENARIK...