Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Penuh dan Ada Gambar Kaset

Kesal dengan memori penyimpanan hp yang penuh? Muncul gambar kaset? Mengalami lag? Ya, hal ini merupakan hal yang tidak bisa dianggap sepele. Karena hal ini dapat mengganggu kinerja dan kenyamanan ponsel sobat.

Ingin mengatasi masalah satu ini? Tentunya tanpa harus me root hp android yang tentu itu sangat ribet dan banyak resikonya. Silahkan simak postingan kali ini, karena saya akan memberikan tips cara mengatasi penyimpanan memori penuh tanpa root hp.

saat kita ingin mendownload file dan file tersebut ukurannya lumayan besar, maka kemungkinan besar file tersebut tidak bisa di download dan memunculkan notif "penyimpanan tidak cukup". Yang artinya kapasitas penyimpanan di memori sobat tidak cukup untuk menyimpan file tersebut.

Hal ini di sebabkan oleh banyaknya file dan aplikasi yang terpasang di ponsel sobat. Sangat disayangkan bukan? apalagi jika sobat ingin mengoleksi musik, video, foto dan lainnya.

Tapi ada juga rekan rekan yang heran dengan kapasitas memori mereka yang penuh, padahal file seperti foto, video, lagu dan lainnya sedikit. Bahkan aplikasi yang terpasang pun sedikit.

Penyebab penyimpanan hp penuh

Pada dasarnya, penyimpanan memori yang penuh disebabkan oleh banyaknya file dan aplikasi yang memenuhi kapasitas penyimpanan. Tapi ada sebagian orang yang mengalami kapasitas penyimpanan penuh, padahal file yang ada pada ponsel tersebut sedikit. Mungkin penyebabnya adalah sebagai berikut:

Banyak File Yang Mememuhi Memori Sobat

Pada dasarnya, memori yang penuh disebabkan oleh banyaknya file yang memenuhi kapasitas penyimpanan. Karena setiap kita mendownload file dari internet pasti kapasitas memori sedikit demi sedikit akan terkuras habis.

Namun jika yang penuh adalah memori internal, kemungkinan penyebabnya juga berasal dari besarnya file yang ada pada aplikasi yang terpasang.

Perlu kita ketahui, setiap aplikasi yang terpasang dalam hp kita lama kelamaan akan bertambah besar ukurannya. Ini disebabkan karena ketika aplikasi itu berjalan maka akan meninggalkan log dari aktifitas.

Tak hanya itu, data aplikasi akan semakin besar ketika ada pembaruan aplikasi. Terutama aplikasi seperti game online, hal ini bisa kalian lihat dengan cara membedakan ukuran aplikasi versi lawas dengan aplikasi versi terbaru.

Sampah aplikasi (Cache)

Jika penyebab diatas tidak sobat alami, atau dengan kata lain file yang ada di penyimpanan tidak banyak tapi muncul notif "penyimpanan penuh" , kemungkinan penyebabnya ada pada file cache (file sampah).

Cache adalah file sisa yang dihasilkan oleh aplikasi yang terpasang pada ponsel kita. Memang cache itu tidak lah besar ukurannya sehingga banyak yang menyepelekan hal ini. Namun jika cache tidak pernah dihapus dalam kurun waktu yang lama, tentu akan menjadi masalah.

Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Aplikasi yang tidak terpakai dan masih terpasang di hp android sobat akan menjadi beban dan membuat ruang penyimpanan penuh. Tapi bisa juga karena aplikasi yang terpasang memiliki ukuran yang besar.

Maka dari itu, pandai pandai lah memilih aplikasi yang ukurannya kecil namun memiliki fungsi yang bagus. Contohnya seperti yang sudah saya bahas pada artikel aplikasi file manager yang ukurannya kecil.

Cara Mengatasi Penyimpanan Memori Hp Penuh

Pastilah sobat ingin mengatasi masalah penyimpanan hp yang penuh ini. Namun sobat tidak tahu apa yang harus dilakukan, tapi jangan khawatir karena cara cara dibawah ini mungkin bisa sedikit membantu meringankan masalah itu:

Hapus File Yang Tidak Berguna

Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah dengan cara menghapus secara manual file yang tidak berguna. Sobat bisa memfilter terlebih dahulu file mana yang menurut sobat tidak berguna.

File DCIM

Contoh file yang tidak berguna antara lain file "thumbnail" yang berada di folder "DCIM". Cara menghapusnya dengan cara sebagai berikut:
  • Klik file saya/my file
  • Pilih Penyimpanan Internal
  • Pilih folder DCIM
  • Klik folder ".thumbnail"
  • Hapus File ".thumbnail", biasanya memiliki ukuran besar.

Data aplikasi yang tersimpan

Pada dasarnya, aplikasi yang terpasang di hp android pasti meninggalkan file yang tersimpan di penyimpanan internal. Terutama aplikasi yang menyimpan filenya di penyimpanan perangkat, bukan di server luar.

Contohnya aplikasi chatting whatsapp, semua file yang dikirim oleh orang lain semuanya tersimpan di penyimpanan internal. Seperti foto, video, aplikasi dan file lainnya. Hal ini akan menyebabkan penyimpanan internal cepat penuh hingga memunculkan gambar kaset di panel notifikasi.

Sebaiknya sobat bersihkan file yang tersimpan tersebut jika itu sudah tidak berguna lagi. Atau jika sobat masih ingin mengoleksi file-file silahkan pindahkan file nya ke penyimpanan memori external.

Pindahkan Aplikasi Ke Memori External

Pada umumnya semua aplikasi yang kita download lewat play store itu otomatis akan tersimpan di penyimpanan internal. Jadi cobalah untuk memindahkan aplikasi yang tersimpan di memori internal ke external. Ini berguna untuk mengosongkan ruang di memori internal,caranya:
  • Pergi ke pengaturan
  • Pilih manajer aplikasi
  • Pilih aplikasi yang ingin dipindahkan
  • Lalu klik "pindahkan ke penyimpanan external"

Nb: Tidak semua aplikasi bisa dipindahkan, memurut saya aplikasi yang tidak bisa dipindahkan adalah aplikasi bawaan hp

Hapus cache dan file sampah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa cache adalah file sisa yang dihasilkan oleh aplikasi. Untuk lebih memudahkan sobat dalam menghapus file sisa tersebut, sobat bisa menggunakan aplikasi khusus seperti clean master, AVG cleaner, Files Go dan lainnya.

Hapus aplikasi yang jarang digunakan

Dengan banyaknya jenis aplikasi, membuat kita ingin menginstal banyak aplikasi yang kita sendiri tidak mengetahui apa fungsi utama dari aplikasi tersebut.

Hal ini menyebabkan aplikasi yang berdiam di hp kita jarang digunakan karena tidak mengetahui fungsi dari aplikasi tersebut. Hal ini akan membuat penyimpanan penuh oleh banyaknya aplikasi yang terpasang.

Jadi alangkah baiknya sobat menghapus aplikasi yang tidak terpakai itu untuk memberikan ruang penyimpanan menjadi lebih besar.

Menghapus Data Logchat

Pernah mendengar kata Logchat sebelumnya? Jika belum saya akan sedikit menjelaskan tentang Logchat.

Logchat adalah salah satu fitur debugging canggih yang ada di Android. Fungsi logchat itu sendiri yaitu untuk mengecek error, warning atau melacak perubahan nilai dari sebuah variable.

Dengan kata lain Logchat hanya menampilkan info system android itu sendiri. Nah, data log itulah yang menjadi cache atau sampah dari aplikasi.

Bagaimana cara menghapus data logchat? Sayangnya data logchat tidak bisa dihapus melalui my folder atau pengaturan lainnya.

Tapi...Jangan khawatir, bagi user hp samsung data logchat ini bisa sobat hapus melalui kode dial number tertentu. Caranya seperti dibawah ini:
  • Buka Papan Tombol di hp sobat
  • Ketik dial *#9900#
  • Nanti akan muncul halaman sysDump seperti dibawah ini,

  • Untuk menghapus logchat, silakan pilih baris "dellete dumstate/logchat"
  • lalu klik OK. Selesai...

Kembali ke setelan pabrik

Nah, ini cara terakhir jika semua cara diatas tidak work untuk mengatasi penyimpanan memori penuh dan masih muncul tanda gambar kaset.

Cara terakhir yaitu dengan melakukan hard reset atau kembali ke setelan pabrik, hmmm... cara ini mungkin bersesiko sebab semua data yang ada di hp tersebut akan hilang dan kembali seperti dulu (setelan pabrik).

Sebelum bertindak, silahkan sobat backup atau salin semua file yang ada di memori internal sobat dan pindahkan ke memori external sobat. Jangan lupa ketika sobat akan melakukan reset, copot dahulu memori external yang terpasang (Ini wajib).

Kesimpulan

Semua cara diatas mungkin tidak semua nya work, sebab semua masalah pasti berbeda beda penyebabnya. Begitupun dengan cara mengatasinya pasti setiap hp berbeda beda. Inilah alasan admin menuliskan banyak cara seperti diatas tadi.

Penutup

Kiranya cukup sekian postingan kali ini tentang cara mengatasi memori penyimpanan hp penuh. Semoga postingan ini dapat mengatasi masalah yang kalian hadapi. Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat, silakan share postingan ini ke akun media sosial milik sobat...
Anda telah membaca postingan Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Penuh dan Ada Gambar Kaset, semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Penuh dan Ada Gambar Kaset"

  1. Makasih infonya gan sangat bermanfaat. Artikel ini disajikan dengan sikat padat dan jelas sehingga sangat mudah di pahamk

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya gan sangat bermanfaat. Artikel ini disajikan dengan sikat padat dan jelas sehingga sangat mudah di pahamk

    ReplyDelete
  3. Masalah utama dalam dunia teknologi dari dulu memang penyimpanan...semakin maju dan berkembang teknologi maka semakin besar pula daya simpan yang harus di gunakan...
    Dulu ketika baru pertama beli hp rasanya memori terasa besar banget..tp semakin lama semakin update software os dan aplokasi maka ram dan internal juga semakin menipis...
    Ngomonf thx sharing nya gan

    ReplyDelete

Terima Kasih telah berkunjung
Silahkan berkomentar bila ada artikel yang kurang jelas
Berkomentarlah yang baik :)

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel