Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejumlah Cara Beriklan di Facebook dengan Mudah!

Modern ini cara beriklan di Facebook menjadi alternatif pemasaran yang efektif. Terlebih lagi Facebook merupakan salah satu sosial media yang banyak dipakai oleh masyarakat. Akses yang mudah dan cepat, kapan pun dapat dijangkau.

Tidak heran jika para pebisnis pengelola iklan facebook untuk mempromosikan bisnis mereka. Ada banyak jenis iklan di Facebook yang dapat dipilih. Yuk! Simak pembahasan di bawah ini untuk tahu secara lengkapnya!

Jenis Iklan Facebook

Banyak yang tidak tahu cara beriklan di facebook, dan pastikan tujuan yang jelas untuk memasang iklan di Facebook. Ada beberapa jenis Facebook Ads yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

1. Website Ads

Website Ads adalah salah satu FB ads manager yang mirip dengan page post engagement. Sesuai dengan namanya, iklan nanti akan muncul pada website. Jenis ini akan efektif karena dapat muncul di website.

2. Likes Page Facebook

Cara iklan di fb yang efektif yakni dengan meningkatkan jumlah like pada page Facebook akun bisnis. Jumlah likes pada halaman bisnis Facebook sangatlah penting untuk menarik konsumen maupun calon konsumen.

3. Page Post Engagement

Seperti yang disinggung sebelumnya, iklan jenis ini mirip dengan website ads. Bedanya iklan akan muncul di postingan akun orang lain. Sehingga nanitnya akan muncul di beranda dan dapat menguntungkan reputasi bisnis.

4. Iklan Event Responses

Jenis ini akan berguna apabila bisnis mempunyai event tertentu. Iklan event ini akan mudah menarik perhatian calon konsumen untuk datang di event. Cara beriklan di facebook satu ini salah satu strategi marketing yang cocok untuk membangun relasi.

Cara Beriklan di Facebook

Cara beriklan di fb saat ini sudah banyak digunakan karena dinilai efektif dan mudah dikelola. Dalam membuat iklan pun tidak bisa asal-asalan saja. Pada Facebook Ads ada langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyeting iklan.

1. Buat Facebook Page 

Membuat halaman Facebook sebagai identitas adalah cara beriklan di facebook. Facebook page atau halaman Facebook ini sangat diperlukan untuk wadah tampilan iklan bisnis nantinya. Berikut langkah untuk membuat Facebook page:

  1. Isi seluruh data diri dan informasi tentang bisnis.
  2. Jika seluruhnya telah diisi, kemudian klik “Buat Halaman.”
  3. Berikutnya akan diminta untuk mengisi informasi seputar jam operasional dan lokasi.
  4. Nantinya akan termuat halaman Facebook.

2. Masuk Pada Pengaturan Business Suite

Apabila sudah terbuat halaman Facebook untuk bisnis, berikutnya menuju Business Suite. Business Suite merupakan menu untuk mengelola iklan nantinya. Pasang iklan di facebook murah dan sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai pemilik Facebook Page nantinya dapat dikelola sendiri munculnya iklan ke aplikasi yang terhubung dengan Facebook. Beberapa e-commerce juga dapat pasang iklan di facebook. Sebelumnya akan diminta untuk menentukan kampanye iklan:

  1. Kunjungi menu “Buka Pengelola Iklan.”
  2. Pilih nama akun yang akan dikelola iklannya.
  3. Berikutnya, di dashboard akan termuat 3 menu, pilih menu Ads Set.
  4. Jika sudah lanjutkan membuat iklan dengan klik “Create” dan tentukan tujuan kampanye iklan.
  5. Di sana nantinya tinggal memilih beberapa opsi tujuan kampanye iklan yang akan ditayangkan.

3. Kelola Informasi Akun di Ads Manager

Cara beriklan di facebook berikutnya yang perlu diperhatikan, yakni informasi pada akun di pengelolaan iklan. Sebagai pemilik akun, perlu dilengkapi terlebih dahulu agar nantinya iklan dapat dimunculkan, berikut caranya:

  1. Pilih menu “Buka Sinopsis Akun,” nanti akan muncul pilihan metode pembayaran.
  2. Klik menu tersebut, kemudian isi lokasi serta mata uang untuk metode pembayaran.
  3. Selanjutnya, klik “Selanjutnya” dan isi sejumlah informasi yang dibutuhkan untuk pembayaran.
  4. Dan, lakukan pembayaran.

4. Buat Tujuan Iklan dengan Objektif

Jika sudah melakukan pembayaran, selanjutnya dapat memasang iklan di Facebook. Pemasangan iklan di Facebook tidak membutuhkan banyak biaya untuk perbulannya. Sebelum membuat tentukan dulu tujuan yang objektif untuk iklan bisnis.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, untuk membuat iklan perlu memilih tujuan kampanye. Dan tujuan tersebut haruslah dipilih secara objektif, seperti berikut:

  • Traffic umumnya digunakan agar pengguna berkunjung di iklan website, aplikasi lain ataupun event response. Gunanya untuk meningkatkan pembaca atau viewers.
  • Awareness, berguna untuk meningkatkan kesadaran pembaca dan iklan yang mudah diingat.
  • Prospek ini berguna untuk mendapatkan data diri dari calon konsumen.
  • Penjualan atau Sales, ini sangat berguna untuk pebisnis agar membawa calon konsumen untuk membeli sebuah produk di website atau Facebook page mereka.

Engagement ini akan berguna untuk menambah relasi, yang mana nantinya pembaca akan berinteraksi pada iklan yang dipasang.

5. Pantau Performa Iklan

Nantinya apabila iklan sudah direview nanti akan berjalan dan dapat dipantau kinerjanya. Pada dashboard Facebook Ads nantinya dapat dipantau aktivitas iklan. Dengan memantau performa iklan, nantinya dapat mengoptimalkan iklan di Facebook.

Pengoptimalan ini diperlukan agar iklan dapat diakses dengan mudah oleh calon konsumen. Selain itu, iklan juga dapat dijangkau lebih luas lagi oleh para calon konsumen. Sehingga perlu adanya pengecekan performa iklan.

PENUTUP

Demikian sejumlah cara beriklan di facebook dengan mudah. Sekarang dapat melakukan promosi dengan mudah dengan membuat iklan di Facebook. Seiring prosesnya perlu dioptimalkan lagi iklan yang sudah dipasang.

SOURCE

https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-membuat-facebook-ads/#1_Masuk_ke_Menu_Business_Suite

https://www.frontierdigital.co.id/10-langkah-mudah-beriklan-di-facebook-ads

https://revou.co/panduan-teknis/cara-membuat-iklan-di-facebook-ads#3-elemen-facebook-ads


Posting Komentar untuk "Sejumlah Cara Beriklan di Facebook dengan Mudah!"

close