Baterai HP dicas Malah Berkurang? Inilah penyebab dan cara mengatasinya

Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan tips dan trik tentang cara mengatasi baterai hp yang dicas berkurang. Dilengkapi penyebab dan juga cara mengatasi masalah yang sedang kalian cari.

Mengisi baterai hp adalah hal yang wajib dilakukan supaya hp android bisa terus digunakan. Namun, ada saja kendala yang muncul pada saat proses pengisian. Baca juga postingan saya sebelumnya tentang cara mengatasi hanya panggilan darurat pada hp android

Baterai hp Dicas Malah Berkurang?


Kendala yang dialami oleh setiap ponsel yang sedang di charger mungkin salah satunya yaitu suhu baterai yang panas. Itu juga jika sobat melakukan charger sambil mengoperasikan hp tersebut.

Tapi, itu suatu hal yang normal dibandingkan dengan masalah yang akan kita bahas kali ini. Yaitu ada sebagian ponsel, mungkin diantara kalian sedang mengalaminya yaitu baterai hp dicas malah berkurang.

Hmmm... cukup aneh bukan? Tapi inilah fakta. Jika biasanya pada saat kita melakukan pengisian baterai, maka akan menambah daya ke baterai tersebut. Tapi ini malah sebaliknya.

Ini tidak bisa dianggap sepele, bayangkan saja kita sudah lama lama melakukan charger dan meninggalkan semua aktifitas bermain ponsel demi untuk mengisi daya baterai, ehh pas charger dicabut bukannya penuh malah berkurang :D.

Biasanya masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor, baik itu faktor hp, charger, dan bisa juga faktor internal. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Oke simak caranya dibawah ini.

Cara mengatasi baterai hp berkurang saat dicas

Banyak diantara kalian yang menanyakan "mengapa baterai berkurang saat dicas?" Bukannya dayanya naik kok ini malah menurun. Pasti banyak diantara kalian yang langsung mencari solusi dan informasinya di internet.

Oleh karena itulah saya membuat postingan ini untuk mengatasi masalah yang kalian hadapi saat ini. Saya sudah menyediakan beberapa cara, karena mungkin setiap hp berbeda beda masalahnya.

Reboot / Memulai Ulang

Cara pertama sekaligus cara yang paling mudah ketika baterai berkurang saat dicas adalah dengan cara me-reboot atau mematikan lalu menghidupkan kembali ponsel kalian.

Cara ini bertujuan untuk merefresh dan sekaligus memulai ulang semua aplikasi yang berjalan. Sebab, bisa jadi dikarenakan banyaknya aplikasi yang berjalan, maka banyak pula daya baterai yang dikeluarkan.

Bisa dikatakan bahwa besaran input (tegangan masuk) lebih rendah dibandingkan output (daya yang dikeluarkan). Tapi saya tidak tau pasti kebenarannya, yang pasti cara ini sudah admin praktekan ketika baterai yang berkurang saat dicas.

Periksa Charger

Kemungkinan masalah kalian ini bukanlah diakibatkan oleh faktor internal (hp) melainkan dari faktor luar seperti charger. Jadi sebaiknya jika baterai hp sobat tidak penuh penuh saat melakukan pengisian, cobalah dengan mengganti charger dengan charger lain.

Lalu lihatlah apakah baterai bertambah apakah masih tetap jika bertambah setelah mengganti charger, sudah dipastikan bahwa penyebabnya berasal dari charger.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan charger rusak. Sesuai pengalaman admin, salah satu penyebabnya yaitu rusaknya komponen Capasitor. Jadi sebelum kalian membeli charger baru, sebaiknya perbaiki dahulu dengan mengganti komponen yang rusak tersebut.

Namun agak susah sih kalau bukan anak elektro, sebab kita haru memiliki solder untuk memperbaikinya. Sebaiknya kalian perbaiki ke tukang servis elektronik, tapi kalau harga servis lebih mahal dari harga chargernya mending beli aja charger yang baru :D

Periksa kesehatan baterai

Apa maksudnya min? Maksudnya adalah untuk mengetahui keadaan baterainya apakah masih bagus atau sudah rusak. Caranya dengan memakai desktop untuk mengisi daya baterai.

Jika baterai tidak dapat terisi penuh walaupun sudah dicas beberapa jam, sudah dipastikan bahwa baterainya lah yang bermasalah. "Bagaimana cara mengatasinya?" Tak bisa diperbaiki, dengan kata lain sobat harus membeli baterai hp yang baru.

Flash Ulang


Sebagian kasus, ada yang mengalami indikator baterai berjalan walaupun tidak mengalami pengisian. Ini bisa disebabkan oleh software yang mengalami kerusakan.

Cara untuk mengatasi software yang rusak adalah dengan cara melakukan flash ulang. Namun sebaiknya, sebelum melakukan flash ulang alangkah baiknya kalian bertanya dahulu kepada yang lebih tau atau bertanya ke tukang konter.

Periksa konektor hp


Jika kalian sudah melakukan cara tadi namun baterainya terisi seperti normal pada saat dicas pakai desktop, berarti ada masalah pada salah satu komponen hp tersebut.

Lalu komponen apa yang harus dicek min? Komponen yang berhubungan dengan mengisi daya yaitu konektor. Karena konektor berfungsi sebagai komponen tempat masuk nya arus pada saat proses charger serta serta berfungsi sebagai jalur kabel USB.

Jadi alangkah baiknya sobat periksa dibagian konektor hp sobat. Dari beberapa kasus, penyebab konektor tidak berfungsi diantaranya:


  • Port karatan
  • Port longgar
  • Port kemasukan air

  • Penyebab baterai hp dicas malah berkurang

    Banyak penyebab yang menyebabkan masalah baterai berkurang saat pengisian, saya hanya bisa menuliskan beberapa saja dari sekian banyak penyebab. Diantaranya:

    Matikan hp saat melakukan pengisian

    Ketika kita melakukan pengisian sambil memainkan hp tersebut, apa yang kalian rasakan? Baterai Hp terasa panas bukan? Ini juga bisa menjadi penyebab berkurangnya baterai saat pengisian.

    Oleh karena itu, alangkah baiknya kalian jangan memainkan hp pada saat charger. Apalagi jika bermain game online, itu sangat tidak baik bagi kesehatan hp dan juga baterai. Kecuali hp kalian memiliki spek dewa yang tahan panas.

    Menggulung Kabel Charger yang benar


    Jika masalah berasal dari charger, maka kalian harus lebih menjaga kesehatan charger agar tidak cepat rusak. Salah satunya yaitu jangan menggulung seenaknya kabel casan, apalagi jika jenis kabel data yang diameternya lebih besar.

    Selain menggulung charger, mencabut kepala charger ketika tidak digunakan adalah salah satu cara supaya charger tetap awet dan tahan lama. Jadi cabutlah charger ketika tidak lagi digunakan, jangan sampai charger tertancap terus ke colokan listrik.

    Kesimpulan

    Jadi semua masalah berkurangnya baterai saat dicas yang dialami oleh hp kalian berbeda beda. Jadi lakukanlah percobaan sesuai cara yang sudah admin berikan diatas.

    Pada umumnya setiap merk hp berbeda beda, jadi tidak mungkin bisa masalahnya bisa diatas oleh satu cara saja. Selain itu, cara diatas sudah admin praktekan dan sesuai pengalaman admin.

    Tanggung jawab kembali kepada masing masing, karena disini saya hanya memberikan caranya saja. Jika kalian ragu untuk melakukan tindakan diatas, sebaiknya jangan lakukan sendiri.

    Cobalah bawa hp sobat dan tanyakan masalah yang ada pada ponsel sobat itu ke tukang servis atau konter. Ini cara aman untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

    Tapi kalian tentu harus menyediakan biaya servis yang harganya beragam, bisa saja lebih mahal jika ada bagian komponen yang harus diganti. Intinya semua kembali ke pendirian masing masing.

    Penutup

    Mungkin cukup sekian postingan kali ini tentang penyebab dan cara mengatasi baterai hp yang dicas malah berkurang. Semoga postingan ini bisa membantu bagi kalian yang sedang membutuhkan.
    Anda telah membaca postingan Baterai HP dicas Malah Berkurang? Inilah penyebab dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

    0 Response to "Baterai HP dicas Malah Berkurang? Inilah penyebab dan cara mengatasinya"

    Post a Comment

    Rules Komentar:
    ¤ Pakailah bahasa yang baik
    ¤ Komentar Spam akan dihapus
    ¤ Link aktif akan dihapus, jika ingin bertukar link silakan menuju halaman partner

    Iklan Atas Artikel

    Responsif

    Iklan Bawah Artikel

    close
    SELAMAT DATANG DI BLOG AGUNG HOSTKEY, BLOG PERSONAL BERBAGI TUTORIAL, ANDROID, SERTA INFORMASI MENARIK...