Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Di Charge Dalam Keadaan Mati / Hidup

Jika kalian mengalami masalah HP tidak bisa di charge dalam keadaan mati atau hidup maka tepat sekali kamu datang ke artikel ini karena disini saya akan mencoba menjelaskan  solusi ponsel android tidak bisa di cas dalam keadaan mati maupun menyala.
hp tidak bisa di charge dalam keadaan mati hp tidak bisa di charge dalam keadaan hidup cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam hp tidak bisa dicas

Kerusakan merupakan hal yang wajar terjadi terhadap barang elektronik termasuk smartphone, semakin lama hp digunakan maka akan ada pula beberapa problem yang terjadi. Disini saya akan memberikan contoh kerusakan umum yaitu pada bagian baterai atau power suplai.

Untuk bisa menghidupkan sebuah ponsel maka harus adanya energi listrik, untuk menyimpan energi listrik tersebut diperlukan komponen yang disebut baterai. Nah,  jadi fungsi baterai ini memiliki peran penting dalam perangkat ponsel yaitu untuk menghidupkan HP Android tersebut.

HP Tidak Bisa Di Charge

Baterai HP akan terus berkurang apalagi jika kamu mengoperasikan dan membuka beberapa aplikasi, jika baterai sudah habis kamu juga bisa melakukan charger atau mengisi daya kembali baterai HP yang telah habis tersebut.

Hal ini rutin dilakukan oleh setiap pengguna ponsel jika baterai nya telah habis, tapi bagaimana jika hp tidak bisa dicharge atau di cas? Pasti itu akan membuat resah karena jika ponsel android tidak bisa dicas maka tentu jika nanti baterai sudah lemah dan HP mati kamu tidak bisa menggunakannya kembali.

Kerusakan HP tidak bisa di charge memang masalah yang sering menimpa ponsel android apapun itu merknya seperti samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, kerusakan ini terjadi mungkin karena HP mengalami kerusakan fisik (hardware) atau juga bisa karena kerusakan sistem operasi (software) yang diakibatkan  oleh virus dan sebagainya.

Cara Memperbaiki HP Tidak Bisa Dicas

Saya akan lebih fokus pada masalah solusi HP Tidak bisa dicharge dalam keadaan mati, namun ini juga berlaku bagi masalah HP yang tidak bisa dicas dalam kedaan menyala. Intinya masalah disini sama saja ya sob, yaitu HP dicas tapi tidak mengisi. 
hp tidak bisa di charge dalam keadaan mati hp tidak bisa di charge dalam keadaan hidup cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam hp tidak bisa dicas

Solusi disini bisa digunakan untuk beberapa problem seperti:

  • HP samsung tidak bisa dicas dalam keadaan hidup
  • HP tidak bisa di charge dalam keadaan mati
  • HP xiaomi redmi 4x tidak bisa di charge
  • sony xperia tidak bisa di charge
  • HP xiaomi mati saat di cas
  • samsung j7 prime tidak bisa di charge
  • HP hanya bisa di charge saat mati
  • samsung j5 tidak bisa di charge
  • penyebab hp tidak bisa di charger
  • solusi asus z007 tidak bisa dicas
  • samsung j7 prime tidak bisa dicas
  • cara mengatasi ngecas tidak nambah
  • asus zenfone 3 max tidak mau ngecas
  • HP oppo mati total tidak bisa di charge
  • penyebab hp dicas lama

Perlu diketahui, solusi yang akan saya berikan dibawah ini berlaku pada semua merk HP android seperti samsung, xiaomi, oppo, vivo, sony dan beberapa merk ponsel android yang lainnya. Karena pada dasarnya semua merk HP ponsel dengan OS android cara kerjanya sama. 

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa di Charge Dalam Keadaan Hidup 

Oke berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki HP Android tidak bisa dicas dalam keadaan hidup:

Nonaktifkan Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

Cara simpel yang pertama adalah dengan cara mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, aplikasi ini adalah aplikasi yang telah kamu gunakan sebelumnya namun masih berjalan karena belum di close dan tampil di menu recent app. 

Selain itu, aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa juga merupakan aplikasi sistem atau aplikasi bawaan HP, kamu tidak bisa menutup atau menghentikan aplikasi sistem ini. Untuk solusi menutup aplikasi sistem yang berjalan di latar belakang adalah dengan cara dibawah ini.

Restart / Mulai Ulang Ponsel

Nah hal pertama yang paling simpel ketika HP yang kamu gunakan tidak bisa dicas dalam keadaan nyala atau HP dicas tidak bertambah adalah dengan cara melakukan restart ponsel. 

Jadi saya juga dulu pernah mengalami hal demikian dimana baterai HP tidak bertambah pada saat dicharge, nah dengan mematikan lalu menghidupkan ponsel atau istilahnya restart akhirnya baterai ponsel pun bisa bertambah saat dicas.

Logikanya adalah ketika baterai HP tidak bertambah saat melakukan charge itu karena ada banyak aplikasi sistem yang sedang berjalan di latar belakang. Akibatnya ponsel akan semakin boros dalam penggunaan baterai sehingga energi yang masuk tidak bertambah.

Cek Kondisi Baterai

Masalah yang sering terjadi pada setiap pengguna ponsel terletak di bagian baterai, saya sendiri pernah mengalami HP cepat penuh saat dicas tapi cepat juga mati pada saat digunakan. Ini dikarenakan baterai sudah Drop atau rusak.

Ciri-ciri dari baterai yang rusak adalah:
  • Fisiknya yang kembung 
  • Baterai cepat panas tidak normal
  • Cepat penuh ketika dicas namun cepat drop pada saat dipakai.
Untuk solusinya tidak ada cara lain selain mengganti baterai dengan yang baru.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Charge Dalam Keadaan Mati

Cara ini juga bisa kamu pakai untuk cara mengatasi hp tidak bisa dicas dalam keadaan hidup ,oke berikut beberapa caranya:
hp tidak bisa di charge dalam keadaan mati hp tidak bisa di charge dalam keadaan hidup cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam hp tidak bisa dicas

Cek Charger HP

Cara pertama yang kamu lakukan adalah dengan cara melakukan cek pada alat chargernya baik itu kepala charger ataupun kabel data yang digunakan. Kamu bisa mengecek charger dengan cara menggunakannya untuk mengecas HP lain.

Jika charger tersebut berfungsi di HP lain maka sudah dipastikan masalah bukan ada pada chargernya melainkan ada pada HP kamu. Tapi jika charger tidak berfungsi juga pada HP lain maka yang rusak adalah charger itu sendiri dan kamu bisa membeli charger baru.

Selain itu, jika masalah muncul pada saat kamu membeli charger baru silakan cek lagi apakah charger tersebut kompatibel dengan ponsel kamu atau tidak. Untuk mengeceknya silakan kamu lihat besaran output ampere yang ada pada charger tersebut.

Selanjutnya kamu cari info di web resmi merk HP kamu untuk melihat berapa input maksimal yang bisa diterima oleh HP kamu pada saat dicharger. Jika jika output pada charger dan input pada ponsel tidak cocok / tidak sama kemungkinan itu adalah penyebabnya HP kamu mengalami masalah saat dicharge.

Flash Ulang HP

Cara ini mungkin wajib kamu lakukan sebelum kamu melangkah ke bagian hardware HP Android, karena masalah pada saat melakukan cas bisa ada pada software atau sistem operasi. Ini bisa terjadi karena virus, kerusakan sistem ataupun hal lainnya yang berkaitan dengan software.


Kamu bisa melakukan flash HP dengan cara instal ulang firmware yang sesuai dengan merk dan versi HP android yang kamu gunakan.  Untuk cara flash HP berbagai merk tidak sama, kalian bisa melihat tutorialnya melalui Youtube ataupun bisa menggunakan jasa flash HP di konter terdekat.

Cek Konektor HP

Konektor HP berperan penting pada saat kita cas HP, karena konektor HP adalah komponen yang berperan untuk menyambungkan port USB / kabel data. Dalam beberapa kasus, kerusakan HP tidak bisa dicharger dalam keadaan mati terletak pada konektor.
hp tidak bisa di charge dalam keadaan mati hp tidak bisa di charge dalam keadaan hidup cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam hp tidak bisa dicas

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab rusaknya konektor, antara lain:
  • Konektor kemasukan air
  • Soket kabel data tertekuk saat dicas
  • Terlalu memaksakan saat memasukan Port USB
  • dan masih banyak lagi
Untuk solusi cara mengatasinya adalah dengan cara mengganti atau melakukan perbaikan pada komponen konektor HP. Untuk hal ini kamu perlu pergi ke tempat service HP untuk menghindari kerusakan pada saat melakukan perbaikan.

Kerusakan IC Power

IC power adalah otak dari baterai dengan arti proses penggunaan atau pengisian energi terletak pada IC Power, maka dengan rusaknya IC Power ini akan mengakibatkan hal umum seperti berikut:
  • HP bisa dicas dalam keadaan mati namun tidak bisa dihidupkan
  • HP sering mengalami mati sendiri dan baterai menurun dengan cepat
  • HP hanya bisa dinyalakan ketika terhubung ke casan, namun ketika dilepas HP akan mati
Untuk solusinya tentu kamu harus konsuktasikan masalah ini ke teknisi HP yang sudah paham mengenai masalah yang dialami pada HP kamu.

Penutup

Saya rasa dicukupkan sekian mengenai informasi serta tips cara mengatasi HP Android tidak bisa dicharge dalam keadaan mati atau hidup ,tulisan ini saya ambil dari beberapa sumber yang ada di internet jadi tips ini kemungkinan bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah charge di HP androd.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Di Charge Dalam Keadaan Mati / Hidup"

close