Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Lamar Kerja Bagi Fresh Graduate Yang Belum Memiliki Pengalaman Kerja

Bagi kamu yang merupakan fresh graduate, melamar pekerjaan adalah tantangan terbesar untuk bisa diterima di dunia kerja. Apalagi karena ini merupakan hal yang mungkin pertama kali dilakukan setelah baru selesai menempuh pendidikan.

Tanpa adanya pengalaman kerja, menjadikan sebagian orang bingung dalam hal melamar kerja bagi fresh graduate. Nah, untuk kamu yang sedang memulai karier di dunia kerja, melamar kerja merupakan hal penting yang harus disiapkan dengan matang mulai dari sekarang.

Tips Lamar Kerja Bagi Fresh Graduate

Namun jika kamu bingung memulai darimana dan bagaimana caranya, disini saya akan menulis beberapa Langkah Awal Lamar Kerja Bagi Fresh Graduate Yang Belum Memiliki Pengalaman Kerja.

Siapkan Dokumen dan Data Diri

Setelah kamu selesai menempuh pendidikan terakhir dan memutuskan untuk mencari pekerjaan, hal pertama kali yang harus kamu siapkan adalah surat-surat atau dokumen dan data diri. Hal ini penting dan syarat utama untuk melamar kerja.

Silakan kamu siapkan semua dokumen mulai dari portofolio atau daftar riwayat hidup, ijazah, sertifikat yang mendukung dan jika perlu kamu langsung urus saja surat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) karena sebagian besar perusahaan akan mewajibkan mencantumkan surat ini. 

Selain dokumen yang disebutkan diatas, kamu juga bisa menyiapkan dokumen lain yang menurut kamu perlu untuk melamar pekerjaan.

Membuat Surat Lamaran

Surat lamaran menjadi hal penting dalam proses melamar kerja, ini akan menjadi pemicu pihak perusahaan dapat mengenal kamu lewat surat lamaran ini. Jadi, sebisa mungkin untuk melengkapi surat lamaran sedetail mungkin.

Surat lamaran yang terstruktur dengan baik menjadikan peluang kamu diterima kerja semakin besar. Jika kamu masih bingung dengan cara membuat surat lamaran, kamu bisa melihat contoh surat lamaran kerja dari SuratPlus.

Membuat CV

CV (Curriculum Vitae) adalah dokumen terpenting setelah surat lamaran kerja, CV berisi detail data diri, latar belakang pendidikan, latar belakang pekerjaan, organisasi yang pernah kamu ikuti, serta penghargaan yang sudah kamu raih sebelumnya.

Lagi-lagi, bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya akan menjadi tantangan tersendiri dalam membuat CV, berikut Tips Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja.

Tips Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja

Setelah kamu selesai menyiapkan semua dokumen yang diperlukan, saatnya kamu membuat CV pertama mu. Namun yang menjadi masalah adalah disini kamu tidak memiliki pengalaman kerja, lalu gimana agar CV mu menarik? simak caranya dibawah ini

1. Menulis Profil Data Diri Yang Menarik

Selain data diri, silakan kamu tulis profil singkat sebagai perkenalan diri pada para rekruter. Bagian ini menjadi ‘ringkasan’ dari isi keseluruhan CV-mu, untuk menonjolkan skill, pendidikan, serta potensi yang kamu miliki.

Jelaskan tujuan karier jika kamu diterima kerja di perusahaan tersebut, tujuan posisi yg relevan sesuai kemampuan yang ingin kamu kembangkan di perusahaan tersebut. Ini menjadi nilai plus dan akan memperbesar kamu diterima kerja karena memiliki tujuan yang jelas.

2. Menulis Detail Riwayat Pendidikan

Menulis detail jenjang pendidikan secara lengkap dengan nama institusi dan tahun pendidikan. Jika kamu memiliki IPK atau nilai akhir yang cukup tinggi maka kamu bisa cantumkan disini.

Selain itu kamu bisa menjelaskan program studi yang telah kamu pelajari jika jurusan kuliahmu masih relevan dengan posisi yang akan kamu lamar di perusahaan tersebut.

3. Tulis Pengalaman Dalam Organisasi

Jika sebelumnya kamu aktif di sebuah organisasi, ini akan memberikan nilai tambah kamu dalam melamar pekerjaan. Apalagi keikutsertaan kamu memiliki pengaruh dan dampak yang positif terhadap organisasi yang kamu ikuti.

4. Menuliskan Pencapaian Terbaik Kamu

Berhubung kamu merupakan Fresh graduate, menulis pencapaian dan penghargaan yang telah kamu raih menjadi nilai plus bagi rekruter. Pencapaian disini tidak terpacu dalam sebuah penghargaan atau juara dalam kompetisi saja. Kamu bisa menuliskan goals yang telah kamu capai.

Misal kamu pernah menjadi admin online shop dan bisa mendapatkan banyak followers serja menaikan jumlah angka penjualan toko tersebut secara signifikan.

Tips Cepat Lamar Kerja Dengan SuratPlus

Nah, jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal tentunya kamu harus membuat surat lamaran pekerjaaan dan CV yang terstruktur dengan baik, terlihat rapi dan tentunya profesional, disini saya akan kenalkan kamu dengan SuratPlus.

Apa Itu SuratPlus?

SuratPlus adalah sebuah generator surat otomatis dengan lebih dari 60+ template surat yang bisa digunakan secara gratis. Buat surat 5 menit jadi! 

Kelebihan SuratPlus

SuratPlus memudahkan kamu dalam proses pembuatan surat lamaran kerja, CV dan masih banyak dokumen dan surat yang bisa kamu buat disana dalam hitungan menit. 

Berikut alasan kamu harus menggunakan SuratPlus mulai sekarang:
  1. Mudah dan Cepat , Dengan sistem generator otomatis, surat dibuat secara realtime dan hanya perlu mengisi data.
  2. Otomatis, Dokumen dibuat secara otomatis tanpa harus mengatur layout, desain, dan format.
  3. Tanpa Instalasi, Buat dokumen online berbasis website tanpa perlu install aplikasi.
  4. Auto Save, Dokumen tersimpan otomatis dengan sistem cloud.
  5. Akses Mudah, Dengan berbasis cloud, dapat diakases kapanpun dan diperangkat manapun.
  6. Keamanan Data, SuratPlus menggunakan protokol transfer data secure untuk mengamankan proses transfer data. 
Nah itulah beberapa tips lamar kerja bagi fresh graduate, semoga dengan artikel ini bisa membantu memudahkan kamu dalam mencari pekerjaan. 

Posting Komentar untuk "Tips Lamar Kerja Bagi Fresh Graduate Yang Belum Memiliki Pengalaman Kerja"

close