Begini Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Menggunakan Akun Gmail Terbaru

Hallo sobat Agung Hostkey, memiliki smartphone android adalah hal yang menyenangkan. Ini saya rasakan ketika saya pertama kali mempunyai sebuah ponsel pintar berbasis Android. Sampai-sampai sepertinya tidak mau lepas memainkan benda satu ini. Namun bagaimana jika benda tersebut hilang? Apalagi jika didalamnya terdapat kenangan dan data penting yang berharga, pasti sangat disayangkan bukan?

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Menggunakan Akun Google atau Google Account. Mungkin diantara kalian sedang mengalami musibah satu ini. Jadi izinkan saya untuk memberikan solusi kepada kalian semua untuk mengatasi masalah tersebut.

Mungkin rasanya tidak mungkin menemukan hp yang hilang hanya dengan menggunakan akun google, tapi tidak ada yang tidak mungkin jika adanya teknologi dan tentunya kehendak tuhan YME. Pada era modern ini, banyak sekali manfaat dari lahirnya teknologi seperti sekarang ini.

Contohnya dengan adanya ponsel android berbasis mobile yang mempunyai banyak fitur didalamnya. Android juga merupakan salah satu operasi yang dikembangkan oleh google.

Google INC sebagai pengembang Sistem Operasi Android

Apa hubungannya Android dengan Google? Saya tidak akan membahas lebih jauh soal hubungan Google dan Android disini, tapi menurut saya ini masih ada kaitannya dengan hilangnya hp android.

Android merupakan sistem operasi perangkat lunak yang merupakan modifikasi dari kernel linux. Android juga didukung oleh perusahaan Google INC dalam pengembangannya. Maka dengan ini, google pun mengontrol penuh terhadap perangkat lunak mobile satu ini. Sebagai pengembang yang memiliki fungsi multinasional dan memiliki banyak jasa produk internet. Banyak sekali produk google yang terapasang dalam perangkat Android, antara lain:
  1. Google+
  2. Googe Maps
  3. Google Play Servis
  4. Google Play Games
  5. Chrome
  6. Youtube
  7. Gmail
  8. Dan lain sebagainya....
Semua produk yang dimiliki oleh google bisa kita gunakan dengan menggunakan satu akun saja, yaitu Akun Google (Google Account).

Maka dari itu kita bisa menggunakan jasa produk google untuk menemukan hp android kita yang hilang, mengunci, dan mereset android dari jarak jauh. Dengan syarat, terdapat akun google yang terpasang pada hp android tersebut. Akan saya bahas pada postingan selanjutnya tentang mengunci dan mereset android dari jarak jauh.

Hal Pertama Jika Hp Android Kalian Hilang

Apa yang harus dilakukan jika hp android sobat hilang? Rasanya kesal jika hp android kita hilang, terlebih jika didalam ponsel tersebut menyimpan banyak sekali kenangan dan data penting lainnya. Lalu bagaimana jika hp tersebut jatuh kepada orang yang tidak bertanggung jawab.

Tak perlu risau karena sesuai yang sudah admin jelaskan bahwa kita bisa mengontrol hp android tersebut menggunakan akun google milik kita yang terpasang pada hp android tersebut.

Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Menggunakan Google Akun

Selama ini alhamdulillah saya belum pernah kehilangan hp :D lalu kenapa min lu bikin post kyak gini? Artikel ini dibuat karena saya penasaran dengan cara akun google menemukan hp android yang hilang, sekalian saya praktekan siapa tau bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Syarat-syarat:

Yang paling penting kalian harus mempunyai akun google yang terpasang pada hp kalian yang akan dilacak, saya anggap kalian sudah memenuhi syarat ini. Karena setiap kita memiliki hp android kita wajib untuk membuat akun google nya.

Yang kedua adalah kalian harus mengetahui data akun tersebut, maksudnya sobat masih bisa membuka akun tersebut pada hp lain. Dengan arti kalian masih mengingat email dan password akun tersebut.
cara mengatasi hanya panggilan darurat pada hp android
Syarat ketiga kalian harus memiliki device untuk melaukan prosesnya, ya iyalah :D. Bisa pinjam hp temen, kakak, adik dll, atau bisa kalian gunakan pc dan laptop. Jika syarat sudah terpenuhi, sekarang kita menuju langkah-langkah.

Langkah-langkah:

Pertama kalian buka browser kesayangan sobat lalu ketik atau kunjungi link berikut google.com/android/find. Ingat ya, kalian harus dalam keadaan login dengan google akun yang terpasang di hp yg hilang, jika belum masuk dulu ke google akun.

Nanti akan muncul halaman seperti dibawah dengan tulisan "temukan perangkat saya" lalu klik "terima"

Nanti akan ada gambar hp beserta nama hp kalian yang hilang seperti gambar dibawah:

Namun dengan syarat jika hp kalian yang hilang dalam keadaan:
  • Hp Nyala
  • Log in ke akun google
  • Terhubung dengan wifi / data
  • Mengaktifkan Lokasi
Jika sudah tampil gambar seperti diatas, google akan otomatis menghubungi perangkat dan akan tampil ikon hp (lihat gambar) dalam peta yang ada di sebelah kanan seperti pada gambar dibawah ini:

Disini kalian sudah berhasil menemukan lokasi hp android yang hilang tersebut dengan melihat peta, tinggal kalian kunjungi tempat yang ditunjukan oleh peta tersebut dan mengambil kembali hp sobat.

Q&A

A: Bagaimana jika saya sudah menemukan lokasi tapi saya bingung karena disana banyak sekali orang?

B: Sobat bisa mengaktifkan fitur "Putar Suara" lihat gambar:

Dengan mengaktifkan fitur tersebut, maka hp sobat yang hilang akan berdering selama 5Menit walaupun hp dalam keadaan mode "senyap".

Cara Alternatif:

Jika cara diatas tidak berhasil, karena cukup sulit untuk bisa mengaktifkan lokasi pada hp yang hilang . Kecuali kalau hp tersebut lokasinya memang sudah aktif...

Tapi jangan khawatir, kita bisa memanfaatkan yang namanya nomor IMEI yang ada pada hp android untuk melacaknya. Nomor tersebut adalah nomor tunggal yang hanya dimiliki oleh satu hp android, jadi tiap hp berbeda-beda IMEI nya.

Kalian bisa mengetahui IMEI dengan cara mengklik tanda bulat yang ada pada nama hp android sobat, lihat gambar:

Bagaimana cara melacak dengan nomor IMEI ? Saya belum paham pasti tentang cara melacak menggunakan nomor IMEI karena saya bukan ahlinya soal beginian :D. Kalian bisa memanfaatkan jasa orang yang mengerti tentang dunia IT, atau nanti akan saya buatkan tutorialnya jika saya sudah menemukan caranya.

Penutup

Cukup sekian postingan kali ini, mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan. Semoga dengan postingan saya kali ini bisa membantu kalian untuk menemukan hp yang hilang. Semoga berhasil....
Anda telah membaca postingan Begini Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Menggunakan Akun Gmail Terbaru, semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Begini Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Menggunakan Akun Gmail Terbaru"

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung
Silahkan berkomentar bila ada artikel yang kurang jelas
Berkomentarlah yang baik :)

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel