Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SLTP Adalah? Inilah Pengertian dan Penjelasan SLTP Sederajat

SLTP Adalah? Inilah Pengertian dan Penjelasan SLTP Sederajat - Pada umumnya pendidikan wajib 12 tahun harus dilakukan oleh setiap anak yang sudah mecapai usia untuk menempuh pendidikan. Walaupun sebenarnya masih ada jenjang selanjutnya yaitu Perguruan Tinggi.
SLTP, sltp adalah, sltp sederajat adalah

Tetapi saya sendiri memilih untuk tidak melanjutnya karena beberapa sebab yang mungkin sama seperti anak lainnya yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Sudah kita ketahui bahwa pendidikan wajib 12 tahun ini dimulai dari bangku Sekolah Dasar (SD) yang ditempuh selama 6 tahun, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 3 tahun dan Sekolah Menengah Atas (SMA) 3 tahun.

Dalam tingkatan tersebut ada tingkatan yang sama namun berbeda penyebutan serta sistim pendidikan di dalamnya seperti SMP/MTs dan SMK/SMA/MA.

Gak jarang juga kita mendengar tingkat pendidikan SLTP  yang justru kita berfikir itu adalah tingkat pendidikan yang berbeda dengan ketiga pendidikan yang sudah dibahas diatas. 

Maka dari itu disini saya akan membahas mengenai SLTP  sesuai yang saya dapat dari beberapa sumber.

Pengertian SLTP

SLTP Adalah singkatan dari Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, merupakan jenjang pendidikan formal di indonesia yang ditempuh setelah lulus Sekolah Dasar (SD) / sederajat yang ditembuh selama 3 tahun. (Sumber:wikipedia

Penyebutan SLTP sendiri sekarang jarang digunakan karena penyebutan ini berlaku pada tahun ajaran 1994/1995 hingga 2003/2004. Maka tidak heran kalau pada raport orang tua tertulis tingkatan SLTP.

Jadi setelah tahun ajaran 2003/2004 Sekolah lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Berubah menajadi Sekolah Menengah Pertama atau yang biasa kita kenal dengan SMP

Dengan begini, SLTP dan SMP adalah tingkatan pendidikan yang sama hanya saja berbeda penyebutan. 

Pertanyaan Umum

SLTP apakah sama dengan SMP?
Ya, SLTP sama dengan SMP

Apakah SLTP sama dengan SMA?
Tidak, SMA adalah pendidikan yang ditempuh setelah  SMP, tapi SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) sama dengan SMA/SMK/MA.

Apakah SMK termasuk SLTP?
Bukan, SMK sama dengan tingkatan SMA namun pendidikan SMK lebih berfokus pada 1 bidang untuk mempersiapkan peserta didik bekerja di bidang tertentu.

Penutup

Jadi itulah penjelasan mengenai pendidikan SLTP yang bisa saya tulis disini sesuai sumber terpercaya yang sudah saya rangkum, semoga kedepannya tidak bingung lagi dengan istilah SLTP. 

 

Posting Komentar untuk "SLTP Adalah? Inilah Pengertian dan Penjelasan SLTP Sederajat"

close