Pengertian dan Penjelasan Urbex People Lengkap

 Di  media sosial kita mungkin pernah mendengar kata urbex, biasanya kata satu ini identik dengan foto atau gambar yang khas. Namun, apakah kita mengetahui apa yang dimaksud dengan urbex itu? Jika belum, maka pada kesempatan kali ini Admin akan membahas tentang urbex.

Apa itu Urbex?

Urbex kepanjangan dari Urban Exploration adalah kegiatan seni berfoto dan mengeksplorasi tempat-tempat yang jauh dari sifat komersil. Tempat seperti reruntuhan bangunan, bangunan yang belum jadi adalah tempat yang dimanfaatkan oleh urban explorer. Bukan hanya reruntuhan bangunan, mereka juga memanfaatkan tempat yang terbengkalai dan jauh dari keramaian.

Mereka yang suka mengambil gambar di tempat-tempat yang sudah tidak lagi digunakan atau terbengkalai biasanya disebut dengan istilah "Urbex People" oleh sebagian orang. Namun tak jarang orang lain yang bertanya apa sih urbex itu? Apa maksud urbex? dan lain sebagainya.

Nah, sekarang kalian sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan urbex. Namun jika kalian ingin mengenal lebih jauh lagi, silahkan duduk manis dan lanjut membaca :D .

Sejarah Urbex di Indonesia

Tidak tahu pasti sejarah awal mula terbentuknya komunitas satu ini di dunia. Namun jika berbicara soal sejarah terbentuknya urbex di tanah air, maka saya akan memberikan informasinya.

Komunitas urbex didirikan pada tanggal 12 Januari 2016 di kota Depok. Pada awal didirikan, komunitas urbex people ini hanya memiliki anggota 32 orang dengan usia yang beragam, karena tidak ada batasan usia untuk menjadi anggota. Jadi siapa saja boleh menjadi anggota kumunitas satu ini.

Untuk bergabung menjadi anggota dari komunitas ini tidaklah sulit, calon anggota hanya cukup menghubungi pengurus dan mengisi biodata untuk pegangan komunitas. Apakah ada di antara kalian yang tertarik bergabung?

Setiap ingin mengadakan kumpulan untuk berkordinasi membahas sport atau tempat yang akan dijadikan pengambilan foto, mereka biasanya berkumpul di salah satu mall yang ada di daerah Cibinong City.

Tujuan Urbex People

Tujuan dari ubex people ini sudah jelas, mereka hanya ingin mengambil foto dengan cara yang berbeda dan menghasilkan karya seni berfoto yang menakjubkan.
sumber:facebook.com

Namun menurut salah satu pengurus komunitas Urbex People Depok, komunitas urbex dibuat untuk memperlihatkan sisi kota dengan gaya konsep mereka. Yaitu dengan memanfaatkan benda benda tajam seperti style woo, api, dan beberapa properti lainnya. Tetapi urbex bukanlah komunitas yang biasa dianggap negatif. Mereka bertujuan untuk membuat orang tau bagaimana menciptakan kreasi untuk membuat hasil foto yang bagus di suatu tempat di kota yang jarang dikunjungi oleh manusia.

Tujuan lain dari urbex people

Selain tujuan yang sudah disebutkan diatas, ada juga tujuan lain dari urbex people yakni untuk mencari pundi pundi uang. Jangan salah ya jika urbex hanya sekedar mengambil foto saja.

Banyak kelompok yang menggunakan jasa para explorer urbex people. Mereka berani memberikan upah yang lumayan besar kepada mereka yang menemukan bukti visual atau dokumen negara yang sangat berharga.

Selain itu, seni berfoto ala urbex ini dimanfaatkan oleh sejumlah praktisi fotografer dan sinematografer dalam pembuatan film horor, video game, dan bahkan dijadikan bahan untuk membuat film dokumenter-dokumenter apalagi jika tempat tersebut mengandung sejarah yang besar.

Kegiatan urban explorer kini sudah menjadi salah satu ikon penting dalam siaran televisi seperti Discovery Channel ,Ghost Hunting, MTV's Fear dan beberapa film box office lainnya.

Bahaya dan Resiko kegiatan urban explorer

Jangan salah ya sob, ternyata kegiatan urban explorer ini memiliki resiko dan bahaya yang dapat menimpa pelaku urbex. Mengapa dikatakan berbahaya? Ya, karena dengan mengunjungi tempat reruntuhan bangunan yang exstrim maka resiko seperti cedera fisik bahkan kematian bisa saja terjadi kepada para urban explorer.

Bukan hanya itu, ancaman hukuman hingga penangkapan adalah resiko dari kegiatan satu ini. Karena dengan mengeksplorasi tempat yang bersifat privasi negara bisa saja mereka terkena hukuman pelanggaran. Namun itu semua tidak menghambat para urban exsplorer dalam melakukan aksinya.

Tempat dan properti Urbex People 

Adapun contoh tempat dan properti yang mereka gunakan dalam melakukan kegiatan urbex people,

Tempat foto urbex exploration

  1.  Tempat-Tempat Yang Ditinggalkan
  2. Rooftop
  3. Bekas Pabrik
  4. Jalanan Kota
  5. Bangunan Belum jadi


Properti Properti Yang Biasa Digunakan

  1. Bom Asap
  2. Topeng
  3. Steelwool
  4. Masker
  5. Benda tajam

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya tulis pada postingan tentang penjelasan urbex. Informasi ini saya kumpulkan dari beberapa sumber yang saya temukan di Google. Jadi mohon maad jika ada kata yang salah dan mohon untuk dikoreksi dengan memberikan tanggapan komentar dibawah. Oke semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua...
Anda telah membaca postingan Pengertian dan Penjelasan Urbex People Lengkap, semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian dan Penjelasan Urbex People Lengkap"

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung
Silahkan berkomentar bila ada artikel yang kurang jelas
Berkomentarlah yang baik :)

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel