Penjelasan dan Cara Membuat Foto Urbex Menggunakan Picsay Pro

Trik atau cara membuat foto urbex biasanya menggunakan aplikasi khusus untuk membuat effect urbex, seperti menggunakan apk Lightroom. Tapi, sebagian orang mengeluhkan dengan aplikasi tersebut dan mencari cara lain untuk membuat effect urbex, dan ada satu aplikasi yang ringan dan mudah digunakan yaitu aplikasi picsay pro. Lalu bagaimana cara membuat foto effect urbex menggunakan picsay pro ? Itulah yang akan saya bahas kali ini. 

Aplikasi berukuran kecil yang menurut saya aplikasi kecil-kecil cabe rawit. Mengapa demikian? karena dengan memiliki fitur yang lumayan kumplit, mudah digunakan, dan yang paling penting adalah ringan. Banyak editor-editor di grup Facebook yang menciptakan karya-karya yang bagus lewat aplikasi picsay pro ini.
Baca Juga:
Saya berfikir kenapa orang lain bisa membuat karya-karya bagus, sedangkan saya tidak. Disinilah saya mencari ide dan dapat ide untuk bikin effect urbex. Awalnya gambar yang dihasilkan sangat tidak sama dengan urbex yang dimaksud.

Tapi saya tidak menyerah dan terus mencoba lagi, dan saya pun menemukan cara, hasil yang didapat dari mencoba dan merupakan buah dari kegagalan. Walaupun gambar  urbex yang dihasilkan tidak sebagus buatan aplikasi khusus untuk membuat urbex,  tapi urbex yang memakai picsay pro ini juga tidak kalah keren.

Apa Itu Urbex?

Pasti bagi kalian yang bergabung ke grup editor tidak asing lagi dengan urbex yang kalian kira sebatas effect atau editan. Banyak yang setor editan dengan hastag #Urbex pada grup-grup editor dll. Tapi apakah kalian mengetahui apa itu Urbex? 

Urbex kepanjangan dari Urban Exploration yaitu salah satu seni berfoto  yang memanfaatkan tempat-tempat yang sudah tidak digunakan, seperti reruntuhan bangunan. Kelompok urbex biasanya mengambil foto pada tempat yang terbengkalai dan jauh dari keramaian sosial. Dengan adanya tempat yang seperti itu, dimanfaatkan para kelompok urbex untuk mengambil foto. 

Bahaya Urbex

Jangan salah, kegiatan berfoto ini ternyata memiliki bahaya yang tidak main-main. Karena dengan pergi ke tempat yang terbengkalai dan bekas reruntuhan, bisa saja sewaktu-waktu bangunan itu bisa runtuh yang menyebabkan cedera. Bukan hanya itu, urbex juga dapat  dikenai hukuman. Apalagi jika tempat yang digunakan merupakan salah satu privasi negara bisa berujung petaka hingga akhirnya ditangkap.

Keuntungan Urbex

Bahaya urbex tadi bukanlah halangan bagi kelompok ini untuk melakukan aksinya. Selain mendapatkan kepuasan karena mendapatkan hasil yang mereka cari, urbex juga bisa mendapatkan uang hingga jutaan jika mereka berhasil mendapatkan bukti visual. Jasa urbex juga dibutuhkan oleh sejumlah pembuat animasi dan film dokumenter. 

Tempat foto urbex 

Adapun tempat-tempat dan properti yang digunakan untuk melakukan kegiatan urbex yaitu:
Tempat-Tempat Yang Ditinggalkan
  • Rooftop
  • Bekas Pabrik
  • Jalanan Kota / Kota Jalan
Properti Properti Yang Biasa Digunakan
  • Bom Asap
  • Topeng
  • Steelwool
  • Masker
Jadi urbex ini bukanlah editan atau nama effect ya sob. Tapi sekarang sudah menjadi nama editan dan nama effect karena banyaknya orang yang menganggap ini adalah sebuah effeft. Jadi tak heran jika banyak orang yang menyebutkan effect urbex atau editan urbex.

Cara Membuat Foto Effect Urbex Menggunakan Picsay Pro 

Oke sekarang kita akan membuat urbex picsay pro sesuai dengan cara yang saya dapatkan. Dan perlu kalian ketahui, bahwa urbex ini tidak memikiki rumus yang pasti atau patokan. Karena setiap foto itu memiliki karakter yang berbeda beda, karena banyak orang yang menanyakan preset atau rumus urbex. Oke inilah tutorial membuat effect urbex menggunakan picsay pro:

Bahan:

  1. Aplikasi picsay pro (wajib)
  2. Foto terdapat bangunan atau gedung (BG jangan polos)
  3. Kopi dan rokok (opsional) hehe 

Step 1

Pertama kalian buka aplikasi picsay pro lalu klik "get a picture" dan pilih foto yang akan kalian beri effect urbex

Step 2

Jika gambarnya terlalu cerah, bisa kalian klik ikon "adjust" yang berada pada menu sebelah kiri, dan kalian tarik garis ke sudut kanan bawah  lalu aturlah sehingga menurut kalian pas, karena tiap foto memiliki komposisi berbeda.

Step 3

Silahkan kalian klik ikon "adjust" lalu pilih "paint mask/selection" warnai hijau pada bagian kulit atau benda yang ada paling depan. Setelah itu ubah "section" nya menjadi "invert mask" lalu klik ikon ceklis dan pilih effect "Grayscale" lihat gambar dibawah:

Step 4

Lalu kalian ulangi cara pada step 3 tadi, tapi disini kita pakai effect yang kedua yaitu effect "gritty" aturlah sesuai selera disini saya sarankan effectnya dari 40-70%. Dan inilah hasil dari effeft urbex pakai picsay pro yang saya buat.

Itulah cara mengedit foto urbex menggunakan picsay pro yang dapat saya berikan pada postingan ini. Walaupun tutorial cara edit urbex menggunakan picsay pro ini tidak sebagus dengan urbex aslinya, tapi menurut saya lumayan bagus. Jika kalian ingin bertanya atau kurang paham silahkan berkomentar dibawah ini.

 Selamat berkarya...!

Anda telah membaca postingan Penjelasan dan Cara Membuat Foto Urbex Menggunakan Picsay Pro , semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

1 Response to " Penjelasan dan Cara Membuat Foto Urbex Menggunakan Picsay Pro "

  1. Akun tahun 2011 udh kebal bang? Memang dipastikan kebal?

    ReplyDelete

Rules Komentar:
¤ Pakailah bahasa yang baik
¤ Komentar Spam akan dihapus
¤ Link aktif akan dihapus, jika ingin bertukar link silakan menuju halaman partner

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel

close
SELAMAT DATANG DI BLOG AGUNG HOSTKEY, BLOG PERSONAL BERBAGI TUTORIAL, ANDROID, SERTA INFORMASI MENARIK...