Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Mudah Membuka Akun Facebook Yang Terkunci Sementara Terbaru

Akun Facebook terkunci sementara merupakan masalah yang membuat kita jengkel, karena dengan masalah ini maka kita tidak bisa login ke akun Facebook untuk waktu yang cukup lama dan harus melewati checkpoint atau konfirmasi identitas.
cara membuka akun facebook yang terkunci sementara

Tak sedikit pengguna dengan masalah akun fb terkunci, karena Facebook salah satu media sosial terbesar yang menjunjung tinggi standar komunitas Facebook. Jadi jika ada yang melanggarnya maka si Mark tak segan untuk mengunci akun Facebook tersebut.

Untuk membuka akun fb yang terkunci kalian harus melewati checkpoint. Dimana ketika seseorang yang terkena checkpoint akan mengalami kendala pada saat akan membuka akun Facebook miliknya dengan notif seperti sesi anda habis, terjadi kesalahan dan lainnya.

Ciri-Ciri Akun Facebook Terkunci Sementara 

Untuk mengatahui apakah akun fb kita terkunci adalah dengan pada saat kita akan membuka akun Facebook dengan menggunakan email dan kata sandi yang benar, tapi malah mendapat notif Konfirmasi Identitas ketika kita membukanya melalui aplikasi Facebook Lite.

Berbeda dengan ketika kita membuka akun Facebook di browser maka akan dialihkan ke halaman yang memberitahukan kita seperti "karena alasan keamanan akun anda dikunci untuk sementara" itu akibat ada hal yang mencurigakan seperti melakukan spam, login di browser tak dikenal ataupun melanggar salah satu kebijakan Facebook tergantung pelanggaran yang kita lakukan.

Berapa Lama  Akun Facebook Dikunci Sementara?

Tak bisa dipastikan kapan kalian bisa membuka akun Facebook yang terkunci tersebut. Yang pasti untuk buka akun Facebook yang terkunci itu kalian harus sedikit bersabar dan jangan panik karena kalian bisa mencoba beberapa cara membuka akun fb yg terkunci baik lewat HP atau PC.

Oh iya, hal ini tidak akan terjadi jika kalian sebelumya  telah melakukan beberapa tips supaya akun kalian itu kebal, artikelnya ada di postingan cara membuat akun Facebook kebal anti sesi dan report. Disana sudah saya jelaskan bagaimana membuat akun yang awet dan kebal tahan report.

Tentunya untuk menghindari hal ini di lain waktu maka kalian perlu mengetahui apa saja sih penyebab akun Facebook terkunci sementara, dibawah saya telah merangkum beberapa penyebabnya.

cara membuka akun facebook yang terkunci sementara

Penyebab Akun Facebook Terkunci

Sebelum kalian mengembalikan akun Facebook yang yang dikunci, gak ada salahnya kalian mengetahui terlebih dahulu apa penyebab akun dikunci.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan akun Facebook terkunci, diantaranya

Melakukan Spam

Ini sudah jelas ya sob, karena Facebook sangat tidak suka kepada pengguna yang melakukan spam di media sosial Facebook. Spam disini bisa berupa spam post, spam komen, spam message dan lainnya. Atau dengan kata lain terlalu sering melakukan hal tersebut. Kalau saya pribadi dulu karena terlalu banyak meminta pertemanan dalam waktu  dekat.

untuk masalah ini kalian bisa membaca artike cara melihat permintaan pertemanan terkirim

Ini disebabkan karena Facebook sangat memperhatikan kenyamanan terhadap penggunanya. Jadi, jika ada pengguna yang menggangu kenyamanan pengguna lain maka Facebook tak segan-segan menegur pengguna tersebut.

Postingan Melanggar Kebijakan

Menjadi media sosial yang memprioritaskan kenyamanan bagi para pengguna, membuat Facebook membuat peraturan dan batasan yang harus dipatuhi. Contohnya Facebook melanggar untuk memposting hal yang berbau sara, p0rn0grafi, H0AX, dan hal yang merugikan pengguna lain.

Jika ada yang memposting hal seperti itu, maka sudah jelas Facebook akan mengunci akun tersebut dan diminta untuk melakukan konfirmasi identitas. Sobat bisa membaca kebijakannya disini.

Menggunakan BOT Facebook

Selanjutnya yang menjadi penyebab akun Facebook terkunci adalah karena penggunaan Bot Facebook. Bot Facebook jenisnya bermacam-macam, contohnya bot komen, bot reaction, bot autopost dan banyak lagi bot lainnya.

Bot Facebook sendiri merupakan sebuah program yang dijalankan pada akun [fb] untuk melakukan sesuatu secara otomatis yang dikerjakan oleh bot. Biasanya bot ini menggunakan web pihak ketiga yang memanfaatkan acces token fb.

Ini menjadi penyebab yang umum terjadi kepada akun yang terkena checkpoint. Tapi tidak semua akun bisa terkunci karena bot, ini tergantung cronsjob yang disetting pada web penyedia Bot Facebook tersebut.

Spam Komentar

Terkadang ketika kita berkomentar di Facebook secara terus menerus (SPAM) disaat itulah akun akan menerima teguran dan terkunci. Apalagi jika berkomentar menggunakan sebuah link aktif, itu akan membuat pihak fb geram.

Atau juga kalian mengetikkan kata yang dilarang di kolom komentar seperti kata "SIEGE HEIL" dan kata lainnya.

Upaya Login Yang Mencurigakan

Upaya login yang mencurigakan juga menjadi penyebab akun sobat terkena sesi/checkpoint. Contohnya sobat akan mengambil acces token di situs pihak ketiga yang cara pengambilannya harus memasukkan email serta password dan mengklik tombol layaknya kita login ke Facebook.

Selain itu, mengakses akun di perangkat baru yang belum dikenali oleh Facebook juga menjadi faktor akun terkunci. Ini merupakan salah satu fitur keamanan Facebook yang sensitif jika ada usaha login yang mencurigakan maka akan otomatis mengunci akun tersebut.

Menghubungkan Facebook Ke Aplikasi Lain

Sekarang ini banyak aplikasi bermunculan yang menggunakan akses izin dengan akun Facebook, salah satunya game online dan aplikasi lainnya. Terutama yang tidak punya izin resmi atau lisensi dari pihak Facebook.

Dengan mengizinkan aplikasi pihak ketiga mengakses akun fb sobat, itu sama saja sobat menyerahkan semua akses kepada aplikasi tersebut. Namun banyak orang yang tidak menyadari hal itu, alhasil banyak yang menjadi korban Bot (memposting dan berkomentar dengan sendirinya).

Jika bot itu berjalan (mengirim dan mengomentari status dengan sendirinya) maka otomatis akun fb sobat akan terkunci akibat ada aktifitas mencurigakan dari ulah aplikasi pihak ketiga.

Cara Membuka Akun Facebook Yang Terkunci Sementara (Checkpoint)

cara membuka akun facebook yang terkunci 2018 berapa lama akun fb terkunci cara membuka akun fb yg terkunci lewat hp berapa lama akun facebook dikunci sementara berapa lama akun facebook dikunci sementara 2018 cara membuka akun facebook yang terkunci 2017 penyebab akun fb terkunci cara membuka akun facebook yang terblokir Link Footer

Untuk melakukan pemulihan akun Facebook yang terkunci sementara, harus diperhatikan karena setiap opsi atau jenis akun yang terkunci ini sangat beragam. Jadi disini saya akan berikan beberapa cara mengembalikan akun fb yang terkunci dibawah ini.

Menebak Tanggal Lahir

Cara ini merupakan cara yang mudah untuk dilewati, disini sobat hanya perlu menebak tanggal lahir yang digunakan oleh akun sobat tersebut. Jenis ini termasuk kedalam checkpoint kelas easy (mudah) karena pelanggaran yang dilakukan juga tidak parah. Bagaimana jika sobat lupa dan ragu? Silakan pakai opsi Identifikasi Foto Teman

Identifikasi Foto Teman

Jika akun sobat merupakan akun pribadi yang hanya berteman dengan teman dekat, maka jenis konfirmasi identitas ini sangat mudah dilewati. Disini sobat akan menebak foto teman sebanyak 5 kali penebakan.

Sobat mempunyai 3 kesempatan untuk melewati jika sobat ragu terhadap tebakan sobat. Jadi manfaatkan kesempatan yang ada sebaik mungkin. Bagaimana jika jumlah teman sudah mencapai ribuan? Tenang, jika sobat ragu silakan pakai opsi Kirim Kode Melalui SMS.

Kirim Kode Melalui SMS

Selanjutnya, jika akun sobat sudah dipasang nomor hp dan sampai sekarang masih aktif, silakan pakai opsi ini untuk melewatinya. Disini sobat hanya perlu meminta kode dan memasukkan kode yang dikirim melalui SMS ke nomor itu.

Namun bagaimana jika nomor yang digunakan sudah tidak aktif? Tenang, sobat masih bisa melewati chechpoint dengan menebak Komentar Terbaru.

Menebak Komentar Terbaru

Cara ini terbilang gampang-gampang susah ya :D karena disini sobat diminta untuk mengingat-ngingat komentar terbaru yang sobat kirim dalam waktu 3 bulan terakhir.

Biasanya sobat harus memilih 3 dari 10 pilihan komentar yang ada. Tapi tidak selalu disebutkan berapa banyak komentar yang harus sobat pilih, jadi pilihlah semua komentar yang menurut sobat itu adalah komentar yang dikirim sobat dalam 3 bulan terakhir.

Bantuan Teman (kontak terpercaya)

Ini berlaku juga untuk mengembalikan akun Facebook yang dibajak, karena memilih kontak terpercaya merupakan fitur pengamanan untuk memulihkan akun fb.
Silakan ingat-ingat siapa saja teman yang dulu dijadikan sebagai kontak terpercaya, biasanya berjumlah 3-5 orang. Tapi disini Facebook meminta 3 kode yang dikirim melalui kontak terpercaya.

Sebaiknya sobat pilih teman yang benar-benar dekat karena ketiga teman inilah yang bisa membantu sobat dalam membuka kembali akun yang terkunci. Cara mengambil kode nya bisa sobat lihat pada bantuan Facebook berikut.

Jawab Pertanyaan Rahasia

Mungkin tidak semua akun ada opsi menjawab pertanyaan, karena ini berlaku bagi akun baru. Opsi ini berlaku bagi akun lawas tahun 2012 kebelakang. Jika ada opsi ini, sobat bisa menjawab pertanyaan yang dulu dipakai untuk mengamankan akun Facebook. Jika tidak ada opsi ini, lanjut ke opsi terkahir ini.

Upload Tanda Pengenal (Recomended)

Terakhir adalah harapan satu-satunya yang bisa kalian gunakan untuk pulihkan akun fb yang terkunci, yaitu dengan melakukan UP ID atau mengirim tanda pengenal. 

Karena menurut saya ini adalah opsi yang sering muncul di setiap akun fb yang terkunci, caranya sebagai berikut:
  1. Yang paling penting kalian harus siapkan tanda pengenal, untuk daftarnya silakan baca disini
  2. Silakan Login ke akun yang terkunci di browser, bisa pakai komputer atau lewat HP juga bisa
  3. Nanti ada notif bahwa akun kalian telah dikunci
  4. Silakan kalian lanjutkan saja
  5. Lalu cari opsi unggah tanda pengenal berfoto
  6. biasanya akan disuruh memasukkan email dan nama akun fb kalian atau email yang masih aktif dan bisa menerima pesan
  7. Pada opsi File, silakan upload tanda pengenal yang sudah kalian siapkan tadi
  8. Terakhir klik tombol KIRIM.
Prosesnya bisa dalam hitungan jam atau bisa dalam hitungan hari, kalian cek saja email yang telah kalian masukkan tadi

Jika pihak Facebook telah memverifikasi akun Facebook yang terkunci tersebut dengan artian data nama, tanggal lahir dan foto nya sama maka akan ada tampilan seperti dibawah, silakan klik link nya untuk membuka akun Facebook terkunci tersebut.
cara mengaktifkan akun fb yang dikunci sementara
sumber;rynita.com

Bonuss!! Memakai Trik Jitu [Trik Khusus] 

Nah,, Yang terakhir ini adalah bonus karena sesuai pengalaman saya, yaitu membuka akun terkunci menggunakan PUFFIN BROWSER, Ntah itu kebetulan atau tidak, saya dapat membuka akun Facebook yang terkunci menggunakan aplikasi puffin.

Untuk triknya, saya menyimpulkan sebagai berikut; puffin browser sudah terdapat VPN di aplikasinya sehingga bisa membuka Facebook yang terkunci oleh server Facebook

Jadi cobalah untuk membuka akun Facebook yang terkunci menggunakan aplikasi Puffin Browser. Karena Puffin Itu menurut saya aplikasi browser yang berbeda dari aplikasi lain.

Cara Mengaktifkan Akun Facebook Karena Belum Cukup Umur

Nah yang ini masalahnya agak beda ya sob, yaitu akun fb dinoaktifkan karena masalah belum cukup umur. Biasanya ini karena kalian telah mengubah tgl lahir dibawah 18 tahun dan ini melanggar kebijakan Facebook.
  1. Siapkan tanda pengenal yang sesuai dengan akun tersebut terutama tanggal lahir yang dipakai sebelumnya
  2. Silakan login lewat browser pakai akun facebook yang terkunci karena pembatasan usia
  3. Buka opsi atau halaman untuk mengajukan banding berupa formulir yang berisi email, nama dan unggah tanda pengenal kalian disana.
  4. klik KIRIM, selesai

Tips Cara Mengatasi Agar Akun  Fb Tidak Terkunci Di Kemudian Hari

Nah bagi sobat yang ingin terhindar dari checkpoint, silakan ikuti tips berikut, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Jangan Menggunakan Bot Facebook (Autokomen, autoreaction, autolike dll) karena akan dianggap spam oleh pihak Facebook.

 Tapi jika penggunaannya tidak terlalu sering tidak masalah. Untu itu sobat bisa menggunakan Bot Agung Hostkey karena bot sudah disetting agar bekerja dalam 10 menit sekali.

Menggunakan aplikasi terpercaya saat mengizinkan akun Facebook dipakai untuk Game dan Aplikasi, atau hapus aplikasi pihak ketiga yang terhubung ke akun sobat. Untuk menghapus aplikasi pihak ketiga, silakan klik Tautan Berikut.

Pastikan untuk tidak memposting semua hal yang melanggar standar komunitas Facebook. Seperti memposting foto p0rn0, tautan berbahaya, atau kata-kata yang membuat orang lain geram yang berujung postingan dilaporkan oleh pengguna lain.

Tips lainnya yaitu gunakan nama yang valid (memenuhi standar komunitas), tak jarang akun yang menggunakan nama dengan karakter tertentu rentan terkena checkpoint.

Kesimpulan

Pada umumnya tiap akun Facebook yang terkunci berbeda beda masalah dan cara mengatasinya. Maka dari itu saya tulis semua mengenai cara mengembalikan akun Facebook yang dikunci, mungkin ada salah satu yang sesuai dengan masalah akun Facebook sobat. 

semoga berhasil.
Bijaklah menggunakan media sosial supaya tidak terjadi permusuhan, perdebatan yang berujung penghinaan akibat perbedaan kepercayaan atau berbeda kubu.
Semua yang kamu ucapkan belum tentu diterima oleh orang lain begitupun sebaliknya, semua yang diucapkan orang lain belum tentu dapat kita terima dengan baik. Gunakanlah perbedaan untuk saling melengkapi satu sama lain.
Agung Hostkey

4 komentar untuk " 9 Cara Mudah Membuka Akun Facebook Yang Terkunci Sementara Terbaru"

  1. Gan cara agar tambahin " Anda telah membaca..." itu gmana ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu cuma pake kode pemanggil link artikel gan, di kreasikan sendiri pake tulisan dan border

      Hapus
  2. Yang terbaru min cuma bisa konfirmasi upload foto gmn min ?

    BalasHapus
  3. Update min yang mei 2019 segera ya

    BalasHapus

Rules Komentar:
¤ Pakailah bahasa yang baik
¤ Komentar Spam akan dihapus
¤ Link aktif akan dihapus, jika ingin bertukar link silakan menuju halaman partner

close