Penyebab dan Cara Membuka Akun Facebook Yang Terkunci Sementara [WORK 2019]

Berdiri pada tahun 2004 silam, kini Facebook menjadi media sosial raksasa yang paling banyak penggunanya. Sebagai media sosial raksasa, facebook kini sudah mencapai sistem keamanan yang ekstra ketat.

Dengan keamanan yang super ketat, tak jarang facebook melakukan penguncian terhadap siapa saja pengguna yang dianggap melakukan hal mencurigakan atau melanggar standar komunitas facebook.

Akun facebook yang terkunci atau kata kerennya checkpoint merupakan masalah yang membuat kita kesal. Dimana ketika seseorang yang terkena checkpoint akan mengalami kendala pada saat akan membuka akun facebook miliknya.

cara membuka akun facebook yang terkunci sementara

Kendala disini yaitu ketika kita akan membuka akun facebook dengan menggunakan email dan kata sandi yang benar, tapi malah mendapat notif Konfirmasi Identitas ketika kita membukanya melalui aplikasi Facebook Lite.

Berbeda dengan ketika kita membuka akun facebook di browser maka akan dialihkan ke halaman yang memberitahukan kita bahwa Akun Anda Terkunci Sementara akibat ada hal yang mencurigakan.

Memang masalah tersebut membuat kita kesal sehingga kit mencoba untuk membuka akun facebook yang terkunci dengan memakai beberapa cara. Dengan tujuan sobat bisa membuka kembali akun yang ke lock tersebut.

Salah satunya dengan membuka akun facebook di aplikasi atau browser lain, akan tetapi tetap saja akun terkunci dan harus melewati chekcpoint atau konfirmasi identitas terlebih dahulu.

Akun yang terkunci memiliki banyak penyebab, mulai dari upaya login yang mencurigakan, akun yang di bajak, hingga menyalahi aturan facebook seperti melakukan spam post, spam komentar dan lain lain.

Sebelumnya saya sudah membuat postingan tentang cara membuat akun facebook kebal anti sesi dan report. Disana sudah saya jelaskan bagaimana membuat akun yang awet dan kebal tahan report.

Berapa Lama  Akun Facebook Terkunci Sementara?

Untuk masalah akun yang terkunci sementara, tidak dipastikan berapa lama waktunya. Yang pasti, jika sobat telah melewati konfirmasi identitas dengan benwr maka saat itu juga akun bisa dibuka.  Tapi jika dibiarkan, maka akan terkunci sampai kapanpun, Tapi saya tidak menjamin hal ini.

Penyebab Akun Facebook Terkunci [Checkpoint]

Sebagai upaya untuk mengatasi dan membuka akun facebook (fb) yang terkunci anda bisa membaca postingan ini sampai tuntas. Namun sebelumnya mari kita ketahui terlebih dahulu apa penyebab akun facebook kelock untuk mengangisipasi akun terkunci di kemudian hari.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan akun facebook terkunci, diantaranya

Melakukan Spam

Ini sudah jelas ya sob, karena facebook sangat tidak suka kepada pengguna yang melakukan spam di media sosial facebook. Spam disini bisa berupa spam post, spam komen, spam message dan lainnya.

Ini disebabkan karena facebook sangat memperhatikan kenyamanan terhadap penggunanya. Jadi, jika ada pengguna yang menggangu kenyamanan pengguna lain maka facebook tak segan-segan menegur pengguna tersebut.

Postingan Melanggar Kebijakan

Menjadi media sosial yang memprioritaskan kenyamanan bagi para pengguna, membuat facebook mengadakan peraturan dan batasan yang harus dipatuhi. Contohnya facebook melanggar untuk memposting hal yang berbau sara, p0rn0grafi, H0AX, dan hal yang merugikan pengguna lain.

Jika ada yang memposting hal seperti itu, maka sudah jelas facebook akan mengunci akun tersebut dan diminta untuk mengonfirmasi identitas. Sobat bisa membaca kebijakannya disini.

Menggunakan BOT Facebook

Selanjutnya yang menjadi penyebab akun facebook terkunci adalah karena penggunaan Bot Facebook. Bot facebook jenisnya bermacam-macam, contohnya bot komen, bot reaction, bot autopost dan banyak lagi bot lainnya.

Bot facebook sendiri merupakan sebuah program yang dijalankan pada akun [fb] untuk melakukan sesuatu secara otomatis yang dikerjakan oleh bot. Biasanya bot ini menggunakan web pihak ketiga yang memanfaatkan acces token fb.

Ini menjadi penyebab yang umum terjadi kepada akun yang terkena checkpoint. Tapi tidak semua akun bisa terkunci karena bot, ini tergantung cronsjob yang disetting pada web penyedia Bot facebook tersebut.

Spam Komentar

Terkadang ketika kita berkomentar di facebook secara terus menerus (SPAM) disaat itulah akun akan menerima teguran dan terkunci. Apalagi jika berkomentar menggunakan sebuah link aktif, itu akan membuat pihak fb geram.

Sama halnya ketika kita menggunakan bot komentar, karena pada saat bot itu bekerja maka akan otomastis akun itu melakukan komentar ke beberapa status yang ada di beranda.

Upaya Login Yang Mencurigakan

Upaya login yang mencurigakan juga menjadi penyebab akun sobat terkena sesi/checkpoint. Contohnya sobat akan mengambil acces token di situs pihak ketiga yang cara pengambilannya harus memasukkan email serta password dan mengklik tombol layaknya kita login ke facebook.

Selain itu, mengakses akun di perangkat baru yang belum dikenali oleh facebook juga menjadi faktor akun terkunci. Ini merupakan salah satu fitur keamanan facebook yang sensitif jika ada usaha login yang mencurigakan maka akan otomatis mengunci akun tersebut.

Mengaitkan Ke Aplikasi Lain

Sekarang ini banyak aplikasi bermunculan yang menggunakan akses izin dengan akun Facebook, salah satunya game online dan aplikasi lainnya. Terutama yang tidak punya izin resmi atau lisensi dari pihak facebook.

Dengan mengizinkan aplikasi pihak ketiga mengakses akun fb sobat, itu sama saja sobat menyerahkan semua akses kepada aplikasi tersebut. Namun banyak orang yang tidak menyadari hal itu, alhasil banyak yang menjadi korban Bot (memposting dan berkomentar dengan sendirinya).

Jika bot itu berjalan (mengirim dan mengomentari status dengan sendirinya) maka otomatis akun fb sobat akan terkunci akibat ada aktifitas mencurigakan dari ulah aplikasi pihak ketiga.

Cara Membuka dan Mengatasi Akun Facebook Yang Terkunci (Checkpoint)

Setelah membaca beberapa penyebab akun kena checkpoint, tentu sobat akan menjauhi semua hal yang menyebabkannya. Namun "bagaimana kalau sudah terlanjur akun terkunci? Bagaimana cara membukanya? Bagaimana cara mengatasinya?"

cara membuka akun facebook yang terkunci 2018 berapa lama akun fb terkunci cara membuka akun fb yg terkunci lewat hp berapa lama akun facebook dikunci sementara berapa lama akun facebook dikunci sementara 2018 cara membuka akun facebook yang terkunci 2017 penyebab akun fb terkunci cara membuka akun facebook yang terblokir Link Footer

Tentu saja jawabannya bisa dan mudah jika memang akun tersebut akun asli milik sobat pribadi. Karena nanti sobat harus melewati konfirmasi identitas. Biasanya memakan waktu satu hari hingga pihak fb membuka akun tersebut.

Namun pada dasarnya tiap akun berbeda beda cara konfirmasi identitasnya, tergantung pelanggaran dan penyebab akun terkunci.

Oke, untuk melewati dan membuka akun facebook yang terkunci, silakan sobat ikuti cara-cara dibawah ini:

Menebak Tanggal Lahir

Cara ini merupakan cara yang mudah untuk dilewati, disini sobat hanya perlu menebak tanggal lahir yang digunakan oleh akun sobat tersebut. Jenis ini termasuk kedalam checkpoint kelas easy (mudah) karena pelanggaran yang dilakukan juga tidak parah. Bagaimana jika sobat lupa dan ragu? Silakan pakai opsi Identifikasi Foto Teman

Identifikasi Foto Teman

Jika akun sobat merupakan akun pribadi yang hanya berteman dengan teman dekat, maka jenis konfirmasi identitas ini sangat mudah dilewati. Disini sobat akan menebak foto teman sebanyak 5 kali penebakan.

Sobat mempunyai 3 kesempatan untuk melewati jika sobat ragu terhadap tebakan sobat. Jadi manfaatkan kesempatan yang ada sebaik mungkin. Bagaimana jika jumlah teman sudah mencapai ribuan? Tenang, jika sobat ragu silakan pakai opsi Kirim Kode Melalui SMS.

Kirim Kode Melalui SMS

Selanjutnya, jika akun sobat sudah dipasang nomor hp dan sampai sekarang masih aktif, silakan pakai opsi ini untuk melewatinya. Disini sobat hanya perlu meminta kode dan memasukkan kode yang dikirim melalui SMS ke nomor itu.

Namun bagaimana jika nomor yang digunakan sudah tidak aktif? Tenang, sobat masih bisa melewati chechpoint dengan menebak Komentar Terbaru.

Menebak Komentar Terbaru

Cara ini terbilang gampang-gampang susah ya :D karena disini sobat diminta untuk mengingat-ngingat komentar terbaru yang sobat kirim dalam waktu 3 bulan terakhir.

Biasanya sobat harus memilih 3 dari 10 pilihan komentar yang ada. Tapi tidak selalu disebutkan berapa banyak komentar yang harus sobat pilih, jadi pilihlah semua komentar yang menurut sobat itu adalah komentar yang dikirim sobat dalam 3 bulan terakhir.

Bantuan Teman (kontak terpercaya)

Ini berlaku juga untuk mengembalikan akun facebook yang dibajak, karena memilih kontak terpercaya merupakan fitur pengamanan untuk memulihkan akun fb.

Silakan ingat-ingat siapa saja teman yang dulu dijadikan sebagai kontak terpercaya, biasanya berjumlah 3-5 orang. Tapi disini facebook meminta 3 kode yang dikirim melalui kontak terpercaya.

Sebaiknya sobat pilih teman yang benar-benar dekat karena ketiga teman inilah yang bisa membantu sobat dalam membuka kembali akun yang terkunci. Cara mengambil kode nya bisa sobat lihat pada bantuan facebook berikut.

Jawab Pertanyaan Rahasia

Mungkin tidak semua akun ada opsi menjawab pertanyaan, karena ini berlaku bagi akun baru. Opsi ini berlaku bagi akun lawas tahun 2012 kebelakang. Jika ada opsi ini, sobat bisa menjawab pertanyaan yang dulu dipakai untuk mengamankan akun facebook. Jika tidak ada opsi ini, lanjut ke opsi terkahir ini.

Upload ID (Kirim Identitas Ke Pihak Facebook)

Terakhir adalah dengan mengirim Identitas asli kepada pihak facebook dan meminta bantuan dengan cara menghubunginya melalui form.

Biasanya ada opsi konfirmasikan identitas menggunakan tanda pengenal. Untuk melakukannya silakan buka alamat tautan berikut Facebook Help lalu isi formulir dengan kartu tanda pengenal dan isi email aktif (email akun) lalu klik tombol Kirim

Tunggu sampai akun sobat bisa dibuka kembali, biasanya membutuhkan waktu 24 jam untuk facebook melakukan verifikasi identitas yang sobat kirim.

Bonuss!! Memakai Trik Jitu [Trik Khusus]

Nah,, Yang terakhir ini adalah bonus karena sesuai pengalaman saya, yaitu membuka akun terkunci menggunakan PUFFIN BROWSER, Ntah itu kebetulan atau tidak, saya dapat membuka akun facebook yang terkunci menggunakan aplikasi puffin.

Untuk triknya, saya menyimpulkan sebagai berikut; Ini berlaku bagi akun sobat yang sudah lama terkunci (kira-kira seminggu/2 minggu), tapi apa salahnya mencoba?

Jadi cobalah untuk membuka akun facebook yang terkunci menggunakan aplikasi Puffin Browser. Karena Puffin Itu menurut saya aplikasi browser yang berbeda dari aplikasi lain.

Tips Terhindar dari Checkpoint

Nah bagi sobat yang ingin terhindar dari checkpoint, silakan ikuti tips berikut, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Jangan Menggunakan Bot Facebook (Autokomen, autoreaction, autolike dll) karena akan dianggap spam oleh pihak facebook, tapi jika penggunaannya tidak terlalu sering tidak masalah. Untu itu sobat bisa menggunakan Bot Agung Hostkey karena bot sudah disetting agar bekerja dalam 10 menit sekali.

Menggunakan aplikasi terpercaya saat mengizinkan akun facebook dipakai untuk Game dan Aplikasi, atau hapus aplikasi pihak ketiga yang terhubung ke akun sobat. Untuk menghapus aplikasi pihak ketiga, silakan klik Tautan Berikut.

Pastikan untuk tidak memposting semua hal yang melanggar standar komunitas facebook. Seperti memposting foto p0rn0, tautan berbahaya, atau kata-kata yang membuat orang lain geram yang berujung postingan dilaporkan oleh pengguna lain.

Tips lainnya yaitu gunakan nama yang valid (memenuhi standar komunitas), tak jarang akun yang menggunakan nama dengan karakter tertentu rentan terkena checkpoint.

Kesimpulan

Pada umumnya tiap akun facebook yang terkunci berbeda beda masalah dan cara mengatasinya. Maka dari itu saya tulis semua secara lengkap, mungkin ada satu atau beberapa point yang sesuai dengan masalah akun facebook sobat. Jadi mohon maaf jika point diatas tidak dapat membantu membuka akun sobat yang terkena checkpoint.

Penutup

Bijaklah menggunakan media sosial supaya tidak terjadi permusuhan, perdebatan yang berujung penghinaan akibat perbedaan kepercayaan atau berbeda kubu.

Semua yang kau ucapkan belum tentu diterima oleh orang lain begitupun sebaliknya, semua yang diucapkan orang lain belum tentu dapat kita terima dengan baik. Gunakanlah perbedaan untuk saling melengkapi satu sama lain.

Agung Hostkey
Anda telah membaca postingan Penyebab dan Cara Membuka Akun Facebook Yang Terkunci Sementara [WORK 2019] , semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

4 Responses to "Penyebab dan Cara Membuka Akun Facebook Yang Terkunci Sementara [WORK 2019] "

  1. Gan cara agar tambahin " Anda telah membaca..." itu gmana ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu cuma pake kode pemanggil link artikel gan, di kreasikan sendiri pake tulisan dan border

      Delete
  2. Yang terbaru min cuma bisa konfirmasi upload foto gmn min ?

    ReplyDelete
  3. Update min yang mei 2019 segera ya

    ReplyDelete

Rules Komentar:
¤ Pakailah bahasa yang baik
¤ Komentar Spam akan dihapus
¤ Link aktif akan dihapus, jika ingin bertukar link silakan menuju halaman partner

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel

close
SELAMAT DATANG DI BLOG AGUNG HOSTKEY, BLOG PERSONAL BERBAGI TUTORIAL, ANDROID, SERTA INFORMASI MENARIK...