Cara Ampuh Mengatasi HP Tidak Ada Suara Saat Menelpon

Artikel ini ditujukan bagi kamu pengguna ponsel pintar seperti Android yang mengalami masalah HP tidak ada suara saat menelpon. Masalah ini berlaku di semua jenis smartphone termasuk HP samsung, oppo, Vivo, Xiaomi merk HP lainnya. Untuk mengetahui lebih jauh kenapa HP bisa tidak ada suara mari kita simak dibawah ini mulai dari penyebab hingga solusi.
Cara Ampuh Mengatasi HP Tidak Ada Suara Saat Menelpon

Ponsel merupakan salah satu gadget multifungsi untuk menemani kegiatan kamu sehari-hari. Ponsel pada umumnya digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan SMS. Namun dengan seiring berkembangnya teknologi kini HP bisa digunakan untuk berbagai kegiatan lain terutama mengakses media internet.

Selain untuk melakukan panggilan telepon, kamu juga mungkin suka menggunakan HP untuk mendengarkan musik, menonton video, online di social media dan sebagainya. Nah untuk melakukan itu semua maka HP tentunya memiliki speaker untuk menghasilkan suara yang bisa kita dengarkan.

Cara Mengatasi Masalah HP Tidak Ada Suaranya Saat Menelpon

Namun bagaimana jika HP tidak ada suara saat panggilan masuk atau saat kita nelpon orang lain?, pasti akan merasa kesal apalagi jika kita tidak mengetahui cara memperbaikinya sehingga membuat bingung dan frustasi.

Penyebab HP Tidak Ada Suara

Mungkin penyebab utama HP Tidak ada suara salah satunya kamu mengaktifkan mode Hening/senyap yang artinya ponsel kamu tidak akan mengeluarkan suara apapun entah itu nada dering, alarm ataupun  notifikasi, ini biasanya digunakan ketika kita sedang melakukan Ujian , melakukan shalat berjamaah atau ketika sedang rapat.

Selanjutnya, penyebab masalah ini muncul adalah volume suara kamu tidak mengatur Voume HP sehingga tidak terdengar suara dari berbagai media aplikasi yang ada di HP kamu. Mungkin ini hal sepele, tapi cobalah untuk memastikannya.

Masalah telepon berkaitan erat dengan sinyal, jadi kemungkinan HP tidak ada suara saat telepon bisa disebabkan karena sinyal tiba tiba hilang atau muncul notif silang. Untuk masalah notif tanda silang pada sinyal silakan baca pada artikel cara mengatasi kartu SIM panggilan darurat

Jika masih belum teratasi juga, kemungkinan penyebabnya adalah ada kerusakan pada komponen pendukung suara seperti Microphone dan Speaker. Kedua komponen tersebut sangat berbeda ya sob, jadi kita bisa mendeteksi komponen mana yang rusak dengan cara melihat gejala kerusakan saat melakukan telepon.

Untuk membantu memecahkan masalah hp tidak ada suara saat telepon disini saya akan membagi menjadi 2 point, yakni:
  1. Lawan Bicara Tidak Bisa Mendengar Suara Kita Saat Telpon, dan
  2. Kita Tidak Bisa Mendengar Suara Masuk Lawan Bicara Saat Telpon

Lawan Bicara Tidak Bisa Mendengar Suara Kita Saat Telepon

Masalah lawan bicara tidak bisa mendengar suara kita saat melakukan panggilan bisa saja terjadi kepada setiap pengguna ponsel, dimana kamu bisa mendengar suara lawan bicara tapi lawan bicara tidak bisa mendengar suara kita.

Jadi istilahnya seperti kamu sedang menonton berita di TV, kamu bisa mendengar suara si presenter tapi si presenser tidak dapat mendengar suara kamu. Nah jika masalah seperti ini dialami oleh kamu saat melakukan telepon maka kemungkinan ada kerusakan di bagian Microphone. 

Untuk mengatasi masalah tersebut kamu jangan buru-buru  melakukan perbaikan dengan cara mengganti komponen tersebut, kamu bisa melakukan beberapa cara dibawah ini:

Izinkan Penggunaan Microphone

Cara ini bisa kamu lakukan dengan cara mengizinkan aplikasi telepon untuk menggunakan microphone, biasanya izin seperti ini akan muncul ketika kita pertama kali membuka aplikasi tersebut. Tapi sepertinya aplikasi telepon yang ada di HP kamu sudah sering digunakan dan pasti sudah mengizinkan penggunaan microphone. 

Namun tidak ada salahnya kita mengecek izin tersebut, barangkali kamu gak sengaja memblokir izin aplikasi telepon/Kontak untuk menggunakan microphone. Untuk memastikannya kamu bisa mengikuti cara berikut, disini saya memakai HP samsung j2 pro mungkin ada perbedaan tampilan jika kamu memakai HP lain:
  • Buka pengaturan HP
  • Pilih Menu Aplikasi atau Izin Aplikasi
  • Cari dan pilih aplikasi Telepon/Kontak
  • Silakan Izinkan Penggunaan Microphone
Oh iya, sepertinya cara ini berlaku bagi kamu yang melakukan panggilan melalui Aplikasi Whatsapp ,karena aplikasi telepon bawaan biasanya tidak memerlukan Izin penggunaan microphone.

Restart dan Flash Hp

Untuk cara ini terbilang beresiko ya sob, tapi jika kamu penasaran silakan saja coba untuk melakukan Flash HP yang kamu gunakan. Namun sebelum melakukan Flash, backup terlebih dahulu semua data dan lepaskan kartu SIM dan Memori eksternal (jika ada). 

Jika tidak mau ambil resiko, kamu bisa melakukan restart saja atau mematikan dan menghidupkan kembali hp kamu. Setelah itu silakan coba untuk melakukan panggilan, jika tetap saja HP tidak ada suara saat telepon silakan simak solusi lain dibawah ini.

Gunakan Microphone Eksternal

Microphone atau komponen untuk mengubah energi suara menjadi listrik adalah komponen yang ada pada HP, mic ini berguna untuk menangkap atau merekam suara yang ada seperti saat kita melakukan telepon ke orang lain. Selain itu Microphone ini berguna untuk merekam semua suara yang dihasilkan, seperti contoh pada saat kamu merekam video / suara.

Jika saat telpon tapi lawan bicara tidak bisa mendengar suara kamu maka Kemungkinan microphone internal HP kamu sudah rusak, namun jangan khawatir ya sob karena kamu bisa menggunakan microphone eksternal atau bisa pakai headset.

Mic eksternal ini biasanya digunakan oleh para youtuber untuk melakukan record, kamu bisa membelinya di konter atau toko perlengkapan elektronik. Kamu juga bisa melihat barangnya di toko online supaya kamu tau harga dan bentuknya sebelum kamu membelinya. 

Service HP

Jurus terakhir yang bisa kamu lakukan jika belum menemukan cara memperbaiki hp tidak ada suara yaitu dengan cara pergi ke tukang service HP, silakan kamu cari tahu penyebab atau masalah yang terjadi pada HP kamu dengan membawa ke tukang service.

Biasanya jika sudah diketahui penyebabnya nanti kamu akan diberitahu apakah harus mengganti kompoen yang rusak atau hanya memperbaiki saja. Silakan kamu putuskan untuk melakukan service atau tidak, disini saya tidak mengetahui pasti berapa biaya servis hp tidak ada suara saat telepon. 

Jadi sebelum memutuskan, silakan tanyakan berapa biaya untuk memperbaiki hp tidak ada suara saat panggilan masuk kepada si tukang service.

Kita Tidak Bisa Mendengar Suara Masuk Lawan Bicara Saat Telpon

Ini berbeda dengan masalah diatas, disini kita tidak bisa mendengar suara masuk dari lawan bicara saat telepon namun suara kita terdengar oleh lawan bicara. Ini biasanya terjadi karena kerusakan pada speaker HP. 

Speaker adalah salah satu komponen Tranducer Output yang berfungsi untuk mengubah sinyal listrik menjadi energi getar / suara. Ini biasanya ada pada alat elektronik seperti TV, Radio termasuk HP yang kamu gunakan. Nah untuk mengatasi masalah ini kamu bisa menerapkan beberapa cara dibawah ini:

Matikan Mode Hening/Senyap

Salah satu fitur yang berhubungan dengan speaker atau suara adalah mode hening/senyap. Mode ini akan membuat HP kamu tidak akan mengeluarkan suara baik itu suara notiifikasi, Alarm bahkan panggilan masuk. 

Biasanya mode ini digunakan ketika kita sedang melakukan rapat, ujian, atau sedang shalat berjamaah ketika membawa HP. Jadi selama mode ini aktif maka HP kamu tidak akan mengeluarkan suara termasuk saat melakukan panggilan. Bisa jadi ini adalah penyebab HP tidak ada suara saat telpon.

Atur Volume / aktifkan Loud Speaker

Hal ini mungkin sudah banyak yang tau, dengan mengatur volume HP maka kita bisa mengatur keras pelannya suara yang dihasilkan oleh HP kita. Untuk dapat mengeluarkan bunyi dari HP silakan kamu atur volume hingga full.

Selain itu jika kamu sedang menelpon dan tidak ada suara yang terdengar silakan kamu aktifkan fitur loud speaker supaya suara terdengar lebih keras.

Restart dan Flash

Cara ini sama seperti pada masalah pertama, yakni kita harus melakukan restart terlebih dahulu namun jika tidak berhasil kamu bisa melakukan flash hp. Ini berguna untuk memperbaiki semua sistem yang ada pada HP kamu seperti pertama kamu beli HP.

Namun perlu diingat, flash HP akan membuat file yang ada di penyimpanan internal dan eksternal ponsel terhapus. Jadi silakan lakukan backup file terlebih dahulu sebelum melakukan Flash HP. 

Gunakan Headset / Pengeras suara

Jika yang rusak adalah speaker internal HP, tentu kita masih bisa menggunakan alat pendukung seperti speaker eksternal. Disini kamu bisa menggunakan headset/earphone untuk melakukan panngilan telepon.

Jika kamu ingin menyetel musik kamu bisa menggunakan alat pengeras suara seperti sound system yang mendukung kabel jack/colokan HP. 

Service HP

Jika masalah HP tidak ada suara saat telepon muncul ketika HP mengalami kerusakan fisik seperti terjatuh, kemasukan air dan sebagainya sudah dipstikan itu ada kerusakan hardware dan biasanya rusak pada komponen speaker.

Seperti cara pertama tadi, jurus terakhir adalah dengan cara service HP yang tidak ada suaranya. Dengan cara ini kamu tidak perlu repot memperbaiki HP tidak muncul suaranya karena tukang service lebih paham tentang masalah HP. 

Silakan tanyakan apa penyebab HP kamu tidak muncul suaranya, jika masalahnya harus mengganti komponen mungkin biaya agak mahal. Tapi jika hanya komponen yang kotor atau jalur tidak tersambung mungkin harganya agak murah.

Penutup

Nah oke itulah artkel mengenai Cara Ampuh Mengatasi HP Tidak Ada Suara Saat Menelpon yang bisa kamu praktekan, semoga dengan artikel ini dapat menjadi solusi terhadap masalah yang kamu hadapi. 

Cara ini diambil dari beberapa sumber dan sedikit tentang pengetahuan pribadi karena saya dulu mengambil jurusan elektro saat duduk di bangku SMK. 

Selamat mencoba, semoga berhasil.
Anda telah membaca postingan Cara Ampuh Mengatasi HP Tidak Ada Suara Saat Menelpon, semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi HP Tidak Ada Suara Saat Menelpon"

Post a Comment

Rules Komentar:
¤ Pakailah bahasa yang baik
¤ Komentar Spam akan dihapus
¤ Link aktif akan dihapus, jika ingin bertukar link silakan menuju halaman partner

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel