Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar LCD Rusak Ngeblank

Layar LCD hp android ngeblank? Layar Blank hitam gelap tetapi masih bisa menerima notifikasi dan bisa keluar suara? Memang hal tersebut merupakan masalah yang serius mengingat layar Screen atau LCD pada ponsel adalah komponen penting. Karena jika layar tidak muncul gambar dan hanya berwarna hitam saja pasti kita kesulitan untuk mengoperasikannya.

Bayangkan saja jika ponsel sobat mengalami masalah seperti layar ngeblank, berwarna hitam, atau layar hp yang loncat-loncat (meng-klik sendiri) pasti membuat kita jengkel dan berniat untuk membeli hp baru atau jika kita tak punya cukup uang bisa dengan melakukan servis hp.

Tapi jangan terlalu buru-buru mengambil tindakan tersebut. Silakan pelajari dulu ciri-cirinya apa penyebabnya? Dan bagaimana cara memperbaiki layar LCD hp ngeblank atau bisa juga dari touchscreennya yang bermasalah karena LCD dan touchscreen adalah komponen yang berbeda seperti yang akan saya jelaskan dibawah ini:

Perbedaan LCD dan Touchscreen

Adapun perbedaan dari LCD danTouchscreen yang banyak orang menganggap itu adalah komponen yang sama, tetapi kenyataannya bukan seperti itu. Lalu apa perbedaannya?

LCD (Liquid Crystal Display)

LCD kepanjangan dari Liquid Crystal Display merupakan suatu panel atau alat media tampilan yang menggunakan cristal cair. LCD ini banyak sekali di barang elektronik seperti monitor, televisi LCD, Smartphone dan masih banyak lagi.

Fungsi dari LCD ini adalah untuk menampilkan gambar pada layar sesuai apa yang ada pada program atau perintah dari alat yang memakai LCD tersebut. LCD ini sangat penting perannya dan menjadi komponen utama dalam barang elektronik seperti komputer, televisi panel, dan smartphone.

Touchscreen

Touchscreen atau layar sentuh merupakan sebuah komponen masukan (input) yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar baik itu menggunakan jari atau pena digital. Dengan adanya layar sentuh ini, pengguna bisa dengan mudah meng operasikan layar dengan cara menyentuh dan mengusapnya.

Touchscreen berbentuk lapisan plastik transparan yang dapat membaca setiap sentuhan dari jari ataupun alat bantu (pen digital). Komponen ini banyak digunakan dalam smartphone, tablet dan masih banyak lagi.

Prinsip cara kerja Touchscreen yaitu ketika ada sentuhan dari jari maka informasi gerakan tersebut akan dibaca oleh touchsceeen untuk dikirim ke unit untuk diproses kemudian diolah menjadi sebuah perintah.

Jenis-Jenis Masalah Pada Layar Smartphone

Pada umumnya, malasah pada layar smartphone sangat beragam. Ada banyak sekali jenisnya jika dilihat dari segi gejala, penyebab serta dalam cara mengatasinya pun berbeda-beda. Jadi, saya akan membagi masalah pada layar menjadi beberapa masalah yang sering terjadi pada smartphone.

White Screen (Layar Putih)

Masalah white Screen atau dalam bahasa indonesia layar putih merupakan suatu kerusakan yang terjadi pada layar ponsel. Jenis kerusakan satu ini pada umumnya adanya kerusakan pada LCD, dimana LCD merupakan komponen penting dalam menampilkan gambar pada layar.

Kerusakan masalah layar putih pada hp belum tentu layar tersebut rusak. Apalagi jika gejalanya terjadi tiba-tiba dan bukan karena hp terjatuh. Contohnya ketika sobat baru menginstal aplikasi, instal custom ROM, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan software.

Cara Mengatasi White Screen

Layar white screen bukan berarti komponen atau hardware dari hp tersebut sudah rusak. Bisa dipastikan itu karena efek software yang ada pada ponsel tersebut, tapi lain lagi jika layar putih setelah hp terjatuh. Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa penyebabnya bisa jadi akibat instal aplikasi tertentu, instal custom ROM. Jadi cara mengatasinya bisa dengan cara berikut:

Reboot

Reboot atau memulai ulang ponsel sobat, karena bisa jadi layar putih pada ponsel terjadi karena banyaknya aplikasi yang terinstal, dan efek aplikasi yang terpasang di hp tersebut. Ini bertujuan untuk merefresh kinerja ponsel dan mematikan aplikasi berjalan yang menyebabkan layar white screen

Cabut Terlebih Dahulu Baterai

Jika mereboot hp tidak berpengaruh, cobalah untuk melepaskan dan pasang kembali baterai ponsel tersebut lalu hidupkan kembali untuk melihat hasilnya.

Flash Menggunakan PC

Jika masalah belum teratasi, cobalah dengan melakukan flash hp menggunakan PC. Ini cara terakhir yang bisa sobat lakukan sebelum mengambil tindakan seperti mengganti LCD hp atau melakukan servis hp.

Tapi jika masalah belum teratasi juga, sudah dipastikan bahwa terdapat kerusakan pada hardware tepatnya pada bagian LCD. Sebaiknya sobat bawa dulu ke orang yang lebih paham dan tanyakan apa masalahnya. Jika memang harus mengganti LCD yang rusak, maka tidak ada cara lain selain mengganti LCD yang rusak tersebut.

Layar hang Blank Hitam

Layar hang atau blank hitam bisa terjadi karena kerusakan LCD sama halnya seperti kerusakan white screen. Tapi ada sedikit perbedaan dalam gejala dan cara mengatasinya. Sesuai sumber yang saya temukan di internet, layar yang hang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti penuhnya RAM, Layar LCD yang kotor dan masalah kalibrasi.

Cara Mengatasi Layar Hang Blank Hitam

Disini saya akan menuliskan langkah-langkah untuk memandu sobat dalam mengatasi layar Hank Blank Hitam. Ada beberapa cara yang akan saya tulis diantaranya:

Reboot

Mereboot atau merestart hp adalah cara yang paling dasar dan cara yang pertama kali dilakukan dalam mengtasi masalah seperti tidak ada sinyal, atau juga seperti sekarang ini yaitu layar hp yang hang ngeblank. Jadi silakan sobat lakukan cara ini dengan cara mematikan ponsel android lalu hidupkan kembali dan lihat hasilnya.

Bersihkan RAM hp

Seperti yang sudah saya tulis diatas bahwa penyebab layar hp hang atau blank adalah karena penuhnya RAM dalam hp tersebut. Jadi untuk mengatasinya silakan sobat hapus aplikasi latar belakang (selalu berjalan) yang manfaatnya tidak begitu besar.

Karena jika ukuran aplikasi latar belakang jumlahnya melebihi kapasitas RAM, maka dipastikan kinerja Hp pun akan terganggu dan menyebabkan hang hingga layar ngeblank.

Kalibrasi

Ini dilakukan untuk layar hp yang macet dan hang, megatur kalibrasi berguna untuk megatur sensitifitas pada layar hp. Memang pada masalah ini layar hp masih bisa digunakan tapi sedikit susah dalam memakainya.

Cara mengatasinya bisa dengan cara mengatur kalibrasinya dengan cara pergi ke pengaturan, pilih setting display Calibration. Kemudian silakan cek dengan kode dial #*#2664#*#* untuk melihat tinggat sensitifitasnya.

Layar hp Loncat Sendiri (mengklik otomatis)

Layar hp loncat loncat sendiri merupakan masalah dimana layar hp selalu bergeser sendiri, mengklik sendiri dan sebagian titik pada layar tidak berfungsi jika disentuh. Ini masalah yang cukup serius karena pasti akan merasa tidak nyaman dalam menggunakannya.

Penyebabnya ada pada Touchscreen yang dimana fungsi touchscreen yaitu untuk mengubah sentuhan menjadi perintah yang dikirim ke LCD layar seperti yang sudah saya bahas tadi. Jika Touchsreen rusak, maka otomatis kalau disentuh tidak akan berfungsi dengan baik dan proses pengiriman perintah akan terganggu.

Cara Mengatasi Layar Hp Loncat Sendiri

Seperti yang sudah diketahui diatas bahwa penyebab layar loncat-loncat sendiri berada pada touchscreen hp. Jadi untuk mengatasinya bisa dengan mengganti touchcreen dengan yang baru. Masalah ini sudah saya tulis pada postingan cara mengatasi tombol back tidak berfungsi.

Penutup

Jika masalah anda belum juga teratasi, mungkin penyebabnya bukan seperti yang ada pada postingan ini. Pada dasarnya, banyak sekali penyebab yang menyebabkan layar hp rusak, ngeblank dan error. Jadi mohon maaf jika postingan Penyebab dan Cara Mengatasi Layar LCD Hp ngeblank tidak bisa mengatasi masalah yang sedang sobat alami.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Layar LCD Rusak Ngeblank"

close