Penyebab dan Cara Mengatasi Tombol Kembali Android Tidak Jalan

Tombol kembali android yang kita maksud disini atau biasa disebut tombol back button (bahasa inggris). Apakah hp kalian tiba-tiba tidak bisa menekan tombol kembali dan recent? pasti kalian merasa kesal akan hal itu. Karena  tombol kembali dalam hp itu sangat berpengaruh bagi kenyamanan dalam memakai hp. Lalu apa penyebab dan cara mengatasi tombol kembali android tidak jalan? Oke, kalian akan mengetahuinya dengan membaca postingan ini. 

Penyebab tombol kembali android tidak jalan

Mungkin jika membahas soal penyebab, saya tidak tahu pasti karena saya bukan seorang yang paham tentang masalah android. Sesuai dengan pengalaman yang saya alami, karena beberapa waktu lalu hp saya yang biasa pake ngeblog ini tiba-tiba tidak bisa menekan tombol kembali. Awalnya hanya sekali dan bisa normal lagi, saya coba mereboot atau menghidupkan ulang hp saya dan ternyata tetap tidak berfungsi.

Saya kira yang tidak berfungsi hanya tombol kembali saja, tetapi ketika saya ingin menghentikan aplikasi yang berjalan dengan memencet tombol recent ternyata tidak berfungsi dan sama seperti tombol kembali yang tidak berfungsi tadi. 

Disana saya merasa tertekan sekali, sampai-sampai saya mencari cara bagaimana supaya kedua tombol tadi bisa berfungsi seperti sedia kala. Namun semua tutor dan cara tidak ada yang berhasil, tetap saja kedua tombol tersebut tidak jalan. 

Nah sesuai dengan pengalaman saya yang sudah saya tulis diatas tadi, penyebab tombol kembali android tidak jalan/berfungsi disebabkan karena layar Touchscreen hp yang rusak. 

Touchscreen dalam bahasa indonesia Layar sentuh adalah layar terluar yang ada pada HP atau alat yang mempunyai layar yang bekerja dengan adanya sentuhan menggunakan jari atau pena digital. 

 Lalu apa penyebab dari rusaknya touchscreen tadi? Karena saya mengalami hal serupa dengan kalian yaitu tidak berfungsinya tombol kembali dan recent dikarenakan layar Touchscreen rusak. Menurut pengalaman saya, penyebab touchscreen rusak disebabkan oleh bebapa faktor yaitu:

1. Suhu hp Panas

Ini yang sering dialami oleh hp saya ini, yaitu suhu hp yang terlalu panas. Tidak diragukan lagi jika suhu hp terlalu panas menyebabkan komponen dalam hp menjadi terganggu. Salah satunya komponen IC (dibaca: aisi) yang menyebabkan touchscreen tidak berfungsi dan menyebabkan tombol kembali dan recent tidak jalan. Jadi sebaiknya jangan memakai hp sampai suhu baterainya panas, untuk menghindari masalah yang dimaksud. 

2. Charge tidak cocok

Ini dikarenakan karena pas saya baru mengganti Casan hp saya, karena Casan ori saya rusak jadi terpaksa saya membeli lagi. Pada waktu itu saya membeli Casan yang batoknya (colokan) yang 2 slot, ada yang 1 ampere dan ada yang 2,1 ampere. 

Mungkin karena saya suka pakai yang 2,1 ampere karena menurut saya kalamu pakai yang lebih besar arusnya akan semakin cepat waktu pengisian baterai. Tetapi semua itu berujung penyesalan, karena tak lama  tombol kembali dan recent hp saya tidak berfungsi semenjak saya memakai casan ber arus 2,1 ampere tadi. 

Dari pengalaman saya ini, mungkin saya terlalu memaksakan. Karena biasanya saya pakai casan yang memiliki arus 1 ampere, dan setelah saya beli casan baru saya memakai casan yang arusnya 2,1 ampere. 

Mungkin bagi hp yang speknya standar, arus tinggi tidak cocok dengan hp tersebut yang menyebabkan kerusakan pada komponen hp. Jadi saya sarankan untuk tidak memakai arus yang terlalu besar, jika spek hp yang dipakai standar. Tapi tak menutup lemungkinan untuk hp yang memiliki spek tinggi. 

Cara Mengatasi Tombol Kembali Tidak Jalan

Nah sekarang kita ke intinya yaitu cara mengatasi tombol kembali dan recent yang tidak berfungsi. Ini bukanlah masalah software yang rusak, tapi yang rusak adalah hardware nya yaitu touchscreen tadi. 

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Terpaksa kalian harus mengeluarkan sedikit uang untuk mengganti touchscreen hp kalian. Karena tidak ada cara lain selain mengganti layar touchscreen dengan yang baru. Kalau bicara soal harga, kalian cukup mengeluarkan uang 100rb saja plus pasang Touchscreen (harga ini bagi hp samsung).

Tapi ada cara lain juga yang bisa menggantikan tombol yang rusak tadi menjadi bisa berfugsi dengan bantuan aplikasi android. Yaitu aplikasi Back Button, aplikasi ini cocok untuk menggantikan fungsi tombol bawaan hp yang rusak.

Jika kalian ingin mendownloadnnya silahkan download aplikasinya Disini ukuran apliksinya juga tidak memakan banyak Ram yaitu cuma  100-200 kb saja. 

Namun jika bukan cuma tombolnya saja yang bermasalah, misal layar hp suka meloncat-loncat sendiri atau mencet sendiri nah itu harus diganti touchscreen. 

Oke itulah penyebab dan cara mengatasi tombol kembali android tidak jalan. Semoga dengan postingan ini bisa berguna bagi yang membutuhkan. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. 

Anda telah membaca postingan Penyebab dan Cara Mengatasi Tombol Kembali Android Tidak Jalan, semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Penyebab dan Cara Mengatasi Tombol Kembali Android Tidak Jalan"

  1. bisa juga menggunakana apk pihak ketiga untuk mengurangi penggunaan tombol fisik :)
    solder

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan seperti yang sudah saya tulis diatas, yaitu memakai aplikasi back button

      Delete
    2. ehehe saya gak tau istilah back button maaf gan

      Delete

Terima Kasih telah berkunjung
Silahkan berkomentar bila ada artikel yang kurang jelas
Berkomentarlah yang baik :)

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel