Bahaya atau Tidak Jika Menghapus Google Chrome dan Aplikasi Bawaan Lainnya Pada HP Android?

Menghapus aplikasi bawaan di hp android bahaya atau tidak?. Banyak orang yang bertanya seperti itu, terutama pengguna smartphone berbabasis android.

Sudah kita ketahui bahwa pada saat pertama kali membeli ponsel android pasti didalamnya sudah disediakan beberapa aplikasi. Inilah yang disebut dengan aplikasi bawaan hp.

Kebanyakan dari aplikasi bawaan tersebut merupakan produk dari google ,yang merupakan sebagai pengembang dari sistem operasi android. Jadi tak heran jika aplikasi bawaan kebanyakan punya si mbah google :D .

Alasan Orang Menghapus Aplikasi Bawaan HP

Dengan banyaknya aplikasi bawaan yang terpasang di hp, tak sedikit orang yang berniat ingin menghapusnya. Lho kenapa dihapus?? Banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang menghapus aplikasi bawaan hp, tapi saya akan tulis 2 poin saja.
cara hapus aplikasi bawaan hp, bahaya hapus aplikasi

Aplikasi Jarang Digunakan

Pembuat hp/pengembang android (google) memasang aplikasi bawaan pasti memiliki tujuan tertentu, seprti untuk memudahkan pengguna nya dalam menggunakan hp android, untuk membuka atau menjalankan dokumen dan masih banyak lagi.

Tapi dimata para penggunanya, bayak yang beranggapan bahwa aplikasi bawaan tersebut tidak begitu penting. Entah itu karena jarang digunakan, tidak tahu fungsi utamanya hingga ada pula yang beranggapan kinerja aplikasi yang kurang memuaskan.

Kapasitas Penyimpanan Penuh

Masalah ini merupakan salah satu alasan seseorang ingin menghapus aplikasi bawaan pada ponsel androidnya. Terutama pada hp yang memiliki memori penyimpanan yang sedikit, karena dapat menyebabkan kinerja hp menjadi lemot / lag.

Seperti contoh saya memiliki ponsel Samsung Galaxy Young 2 RAM 512, aplikasi google chrome memiliki ukuran 200mb lebih dan akan terus bertambah ukurannya karena adanya data.

Jika saya membuka google Chrome saja sudah memakan 200mb RAM dan itu belum ditambah dengan aplikasi latar belakang yang berjalan. Sudah dipastikan kinerja hp menjadi lebih lemot, saya sudah mengalaminya sendiri.

Apakah Menghapus Aplikasi Bawaan HP Berbahaya?? Apa efeknya??

Pertanyaan demikian banyak dilontarkan oleh pengguna ponsel android yang ingin menghapus aplikasi bawaan. Jika sobat adalah salah satu dari mereka, sobat datang ke tempat yang tepat karena saya akan membahas tentang apakah menghapus aplikasi bawaan hp berbahaya?

Ketika sobat ingin menghapus aplikasi bawaan pasti ada alasan tertentu untuk menghapusnya, entah itu karena aplikasi kurang optimal, banyak kekurangan, ada aplikasi serupa yang lebih unggul dan lainnya.

Sebenarnya jika sobat menghapus aplikasi bawaan hp tidaklah banyak yang perlu sobat khawatirkan. Karena aplikasi bawaan sama saja seperti aplikasi pada umumnya, yakni untuk memudahkan dalam mengerjakan sesuatu.

Nah, berhubung semua aplikasi bawaan berfungsi untuk memudahkan dalam membuka atau memudahkan pekerjaan pada ponsel sobat, otomatis harus ada aplikasi serupa yang menggantikannya.

Misal saya akan menghapus aplikasi bawaan google chrome, otomatis saya harus menginstal aplikasi serupa yaitu aplikasi browser lain. Kenapa demikian?? karena untuk memudahkan dalam mengakses url / tautan yang akan dibuka.

Lalu bagaimana dengan aplikasi bawaan lainnya?? Sama saja, yaitu boleh saja sobat menghapus aplikasi bawaan asalkan ada aplikasi lain sebagai penggantinya.

Apa resiko menghapus aplikasi bawaan?

Sampai saat ini, menurut saya tidak ada resiko dan kerugian selama aplikasi bawaan yang dihapus ada penggantinya. Lagipula sobat masih bisa menginstal ulang aplikasi yang sudah dihapus tanpa mendownload kembali. Caranya sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan
  • Manager aplikasi
  • Geser kekiri sampai muncul halaman "tidak memungkinkan" .Lihat gambar: 
    hapus apk bawaan hp, bahaya hapus apk bawaan hp
  • Klik aplikasi yang akan diinstal, lalu klik tombol "memungkinkan" maka otomatis akan terinstal.
    hapus apk bawaan hp, bahaya hapus apk bawaan hp

    Oke mungkin cukup sekian postingan kali ini tentang apakah menghapus google chrome dan aplikasi bawaan hp berbahaya?. Semoga dengan postingan ini bisa bermanfaat bagi kalian.
    Anda telah membaca postingan Bahaya atau Tidak Jika Menghapus Google Chrome dan Aplikasi Bawaan Lainnya Pada HP Android?, semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "Bahaya atau Tidak Jika Menghapus Google Chrome dan Aplikasi Bawaan Lainnya Pada HP Android?"

    Post a Comment

    Terima Kasih telah berkunjung
    Silahkan berkomentar bila ada artikel yang kurang jelas
    Berkomentarlah yang baik :)

    Iklan Atas Artikel

    Responsif

    Iklan Bawah Artikel