Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Samsung J2 Prime Memori Internal Cepat Penuh Dijamin Work

Kenapa samsung j2 Prime memori Internal Cepat Penuh? Itulah hal yang selalu ditanyakan oleh para pengguna hp tersebut. Memang jika menurut logika saja itu dikarenakan oleh faktor karena ruang penyimpanan yang terbilang cukup kecil untuk sekelas HP android.
cara mengatasi memori internal penuh pada j2 prime kenapa memori internal j2 prime cepat penuh memori internal samsung j2 prime cepat penuh mengapa memori internal j2 prime cepat penuh

Kapasitas memori internal samsung j2 prime ini memiliki ruang sebesar 8GB, itu juga masih terpakai sebagian oleh aplikasi  dan sistem yang terinstal pada HP tersebut. Nah jadi wajar saja bila memori internal samsung j2 Prime sering sekali penuh dan muncul notif bahwa ruang penyimpanan hampir habis.

Sebenarnya saya sudah membahas artikel mengenai Penyeab dan Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh Ada Gambar Kaset ,namun saya hanya ingin membahasnya lebih spesifik ke hp samsung j2 prime saja. Karena masalah ini yang sering dialami oleh pengguna Hp tersebut.

Dari masalah inilah banyak pertanyaan yang muncul seperti gimana sih cara menambah memori internal samsung j2 prime? atau bagaimana cara untuk melakukan upgrade memori internal samsung j2 prime?

Apakah bisa kita melakukan hal tersebut pada ponsel android? 

Namun sayang sekali harapan mereka untuk memperbesar memori internal samsung j2 pro tidak akan pernah terwujud karena ponsel android samsung j2 prime ini tidak bisa melakukan upgrade atau menambah ruang penyimpananan internal.

Masalah tersebut bukan tanpa alasan, ada beberapa faktor yang menyebabkan memori internal samsung j2 prime cepat penuh maka dari itu saya akan mencoba untuk menguraikan beberapa penyebab serta memberikan solusi cara mengatasi samsung j2 prime memori intaernal cepat penuh.

Penyebab Memori Penuh Samsung J2 Prime

Nah sebelum kita lebih jauh membahas solusinya, alangkah baiknya kita mengetahui apa sih penyebab memori samsung j2 prime selalu penuh. Ini juga berguna untuk kalian supaya lebih mengetahui penyebab dari masalah penyimpanan full dari HP tersebut.

Penyimpanan Yang Sempit

Berapa kapasitas memori internal hp samsung j2 Prime? Ada yang tau berapa kapasitasnya? Ya, kapasitas penyimpanan samsung J2 prime hanya 8 GB saja dan itu masih dipakai sebagian ruang untuk file sistem dan aplikasi bawaan.

Inilah hal utama yang menjadi penyebab HP samsung j2 prime memori penuh , bayangkan saja dengan ruang sekecil itu harus menampung beberapa aplikasi android populer yang ukurannya besar seperti Whatsaap, Instagram, Google Chrome dan aplikasi lain yang memiliki size besar.

Lokasi Penyimpanan Aplikasi

Penyabab berikutnya adalah lokasi penyimpanan aplikasi yang berada di penyimpanan internal. Pada umumnya ketika kita menginstal aplikasi maka akan otomatis tersimpan di memori internal, begitupula pada hp samsung j2 prime.

Inilah yang membuat ruang internal terkuras hanya dengan aplikasi yang kamu download di playstore atau di sumber lain,belum lagi kamu mendownload aplikasi yang ukurannya cukup besar. Mungkin artikel kumpulan aplikasi browser terbaik menarik untuk kamu baca.

File Sampah atau Cache

Setiap aplikasi android pasti memiliki data cache yang dihasilkan, file ini berupa Log aktivitas yang muncul setiap kita menggunakan aplikasi tersebut. File cache atau biasa disebut junk file harus kalian hapus secara rutin paling tidak sehari sekali.

Biasanya aplikasi penyumbang junk file terbesar adalah dari aplikasi browser, karena semakin kita banyak membuka situs web maka semakin banyak pula cache berupa cookie yang tersimpan di memori penyimpanan hp kita.

Solusi Samsung J2 Prime Memori Internal Cepat Penuh 

Nah setelah mengetahui penyebab diatas, sekarang kita akan membahas untuk cara mengatasinya atau solusi untuk masalah memori penyimpanan samsung j2 prime yang sering penuh tanpa melakukan format ya sob:

Pasang Memori Eksternal / SD Card

Hal utama yang wajib saya cantumkan untuk mengatasi memori internal j2 prime cepat penuh adalah dengan cara memasang kartu eksternal atau SD Card. Memori luar atrau SD Card ini menjadi pendukung untuk menambah memori internal menjadi besar.

Banyak Variasi kapasitas SD card yang bisa kalian gunakan, mulai dari 1 Gb, 2Gb, 4Gb, 8gb, 16Gb, 30Gb sampai dengan yang terbesar sampai 256Gb. Ini sangat membantu sekali untuk memindahkan file yang tadinya ada di memori internal ke penyimpanan eksternal.

Dengan memindahkan beberapa file dari memori internal ke eksternal maka penyimpanan internal akan semakin longgar dan tentunya tanpa menghapus file yang kita punya karena kita hanya memindahkannya ke memori eksternal atau SD Card

Pindahkan Aplikasi

Setelah kita memasang memori eksternal, selain kita memindahkan file berupa dokumen, foto, video ,kita juga bisa memindahkan aplikasi yang kita instal di HP. Belum banyak yang tau cara memindahkan penyimpanan aplikasi ke memori eksternal.

Maka dari itu saya sarankan kamu membaca artikel saya sebelumnya mengenai cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal (SD Card) Pada HP Samsung, cara itu bisa kamu praktekan pada hp j2 prime karena masih sama dari merk samsung. Namun tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ya sob, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dipindahkan seperti aplikasi bawaan sistem.

Hapus File Sampah Atau Cache

Sudah dijelaskan diatas tadi bahwa junk file ini adalah file sisa ketika kita sudah membuka aplikasi, maka tidak ada salahnya untuk menghapus file tersebut di memori penyimpanan karena tidak akan berdampak buruk.

Cara untuk menghapus file sampah ini adalah dengan cara menyusuri satu persatu lokasi penyiimpanan internal yang ada di folder android→ Data→(folder aplikasi) → Cache biasanya setiap folder aplikasi diawali dengan com. seperti com.whatsapp.

Tapi menurut saya cara tersebut sangat ribet karena harus menghapus satu persatu, maka dari itu saya menyarankan untuk memakai bantuan aplikasi pembersih penyimpanan. Banyak sekali aplikasi pembersih penyimpanan yang bisa kamu instal di plasytore, saya sendiri menggunakan aplikasi Clean Master Lite.
cara mengatasi memori internal penuh pada j2 prime kenapa memori internal j2 prime cepat penuh memori internal samsung j2 prime cepat penuh mengapa memori internal j2 prime cepat penuh

Aplikasi tersebut nampaknya sudah tidak ada di playstore, jika kalian ingin mendownloadnya silakan kalian download dibawah ini.

Gunakan Aplikasi Lite

Pada umumnya beberapa aplikasi memiliki versi lite, seperti contoh Facebook dan Twitter adalah aplikasi media sosial yang memiliki aplikasi versi lite. Ukuran dari kedua aplikasi asli diatas terbilang cukup besar ,namun jika kamu memakai versi lite nya maka itu akan menghemat penyimpanan di samsung j2 prime yang kamu gunakan.

Matikan Fitur Auto Download Conten WhatApp

Setiap kita menerima pesan whatsapp dari teman berupa file, foto maupun video biasanya akan terunduh dan tersimpan otomatis ke memori penyimpanan internal hp. Hal ini akan menjadi masalah ketika kita masuk ke sebuah grup yang anggotanya sering mengirim banyak file padahal kita tidak begitu ingin melihat file tersebut.

Maka cara terbaik adalah dengan mematikan fitur download otomatis, selain menghemat ruang penyimpanan kamu juga bisa menghemat kuota internet. Cara mematikan fitur auto download content whatsapp adalah sebagi berikut:

Buka aplikasi Whatsapp→ Klik SetelanData dan PenyimpananUnduh Otomatis Media,
Silakan kalian hapus centang Pada opsi saat menggunakan data seluler dan saat terhubung ke wifi .
cara mengatasi memori internal penuh pada j2 prime kenapa memori internal j2 prime cepat penuh memori internal samsung j2 prime cepat penuh mengapa memori internal j2 prime cepat penuh

Dengan melakukan setting seperti itu maka file atau media yang diterima tidak langsung terunduh dan tersimpan ke penyimpanan internal sehingga dapat mengatasi masalah internal penuh pada Hp samsung j2 Prime.

Penutup

Saya rasa itu saja yang bisa saya sampaikan kepada kalian, semoga dengan artikel ini bisa membantu kalian dalam mengatasi samsung j2 prime memori internal cepat penuh. Cara ini sudah saya praktekan jiuga pada hp samsung j2 Pro 2018 karena kedua hp tersebut masih memiliki kesamaan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Samsung J2 Prime Memori Internal Cepat Penuh Dijamin Work"

close