Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu Memori (SD CARD) Pada Hp Samsung

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu Memori (SD CARD) Pada Hp Samsung Pernahkan sobat mengalami masalah ruang penyimpanan penuh pada smartphone sobat? Jika pernah, maka cara ini akan membantu sobat untuk mengatasi masalah penyimpanan penuh.
Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu Memori (SD CARD) Pada Hp Samsung

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Salah satunya yaitu dengan cara memindahkan aplikasi ke kartu SD atau memori eksternal.

Cara ini terbilang ampuh untuk mengatasi ruang penyimpanan penuh karena pada umumnya, ruang internal selalu digunakan untuk menyimpan aplikasi yang terinstal pada smartphone kita.

Apalagi jika sobat memakai Hp dengan spek yang standar, disini saya memberikan contoh hp samsung galaxy J2 Prime/pro yang dimana memiliki ruang penyimpanan yang kurang.

Alasan Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal

Sudah jelas bahwa alasan atau tujuan dengan memindahkan aplikasi ke memori internal yaitu untuk mengatasi penyimpanan penuh pada smartphone yang kita gunakan. Karena dengan mengosongkan ruang penyimpanan maka kinerja hp akan semakin lancar dan tidak lag.

Manfaat memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal

Adapun manfaat memindahkan Aplikasi Ke Memori internal diantaranya:
  • Dapat menghemat penyimpanan internal yang penuh,
  • Menjadikan kinerja ponsel menjadi lancar karena ruang penyimpanan internal tidak penuh,
  • Serta dapat menginstal banyak aplikasi pada ponsel kita

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu Memori (Eksternal)

Oke kita langsung ke tutorialnya tentang bagaimana cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Disini saya menggunakan hp Samsung J2 Pro, dan tentunya tanpa menggunakan aplikasi tambahan

Pertama silakan sobat tekan pada aplikasi yang ingin sobat pindahkan, lalu klik pilihan "Info Aplikasi" Setelah itu silakan pilih baris "Penyimpanan" maka akan tampil seperti gambar dibawah:

 Disini saya masih menggunakan penyimpanan memori perangkat, untuk memindahkannya ke memori eksternal silakan sobat Klik tombol"Ubah" lalu silakan sobat ubah lokasi penyimpanan dengan memilih "Kartu SD" :

Silakan Sobat Ekspor dengan mengklik tombol Pindah dan tunggu hingga proses pemindahan selesai.

Disini sobat sudah berhasil memindahkan aplikasi ke memori eksternal, tapi tidak semua aplikasi bisa sobat pindahkan ke memori eksternal. Hanya aplikasi hasil download yang bisa sobat pindahkan dan aplikasi tertentu.