Bahaya Merokok Bagi Kesehatan


 Pada postingan kali ini saya akan bahas tentang " Bahaya Merokok Bagi Kesehatan "  Siapa yang tidak kenal dengan rokok? Pasti semua orang mengetahui barang satu ini, walaupun mereka tidak berkenalan :D . Banyak orang yang sudah kecanduan dengan rokok, terutama pada kaum adam. Tapi tidak sedikit juga kaum hawa yang gemar merokok. Ternyata dibalik itu banyak sekali Bahaya Merokok Bagi Kesehatan yang tidak mereka ketahui.



Menurut data WHO (2015) setiap tahun di seluruh dunia lebih dari 5 juta orang harus kehilangan nyawa mereka karena merokok. Meskipun rokok tidak secara langsung membunuh para penggunanya, tapi dengan perlahan akan menyebabkan kematian.

   Di Indonesia, data tahun 2010 setiap tahun ada kurang lebih  200 ribu orang yang kehilangan nyawa karena merokok. Meskipun pada setiap bungkus rokok tertulis "merokok membunuhmu" tetapi masih banyak saja orang yang mau membelinya. Entah kenapa kok orang-orang sampai tidak mau melepaskan dari barang satu ini. Mungkin karena saya sendiri bukan pecandu rokok kali ya? Jadi beda pemikirannya dengan orang yang suka merokok. 

Zat berbahya pada rokok

   Ternyata saya dengar- dengar bahwa rokok itu mengandung zat yang membuat para pemakainya kecanduan. Entah itu zat apa saya tidak mengetahui karena saya hanya seorang blogger noob :D hehe. Mungkin sama seperti narkoba yang siapa saja  mengawali memakainya pasti akan kecanduan untuk selalu ingin terus menerus memakainya. 


   Tidak hanya zat berbahaya diatas saja, ternyata masih banyak zat- zat lain yang sangat berbahaya bila asapnya dihisap dan masuk kedalam tubuh. Lalu apa saja zat- zat berbahaya yang ada pada rokok? Baik, dibawah  ini adalah beberapa zat berbahaya yang ada pada rokok :

1. Nikotin 
kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks. Kata orang sih semakin besar nikotin yang ada pada rokok, semakin mahal pula harga rokok terse

2. Tar
Merupakan zat yang terdiri dari lebih dari 4.00 kimia yang mana 60 diantaranya karsinogenik.

3. Sianida
Wah ternyata zat yang sempat booming tahun lalu karena digunakan untuk tindakan pembunuhan yang dikenal dengan kopi sianida, ternyata terdapat pada rokok. Sianida merupakan zat senyawa kimia yang mengandung gugus siano C ≡ N, dengan atom karbon terikat-tiga ke atom nitrogen (wikipedia) 

4. Benzena 
Yang selanjutnya adalah zat benzena, ingat! Bukan benzema ya :D hehe. Zat satu ini juga dikenal sebagai senyawa kimia organik yang mudah dan tidak berwarna. 

5. Cadmium
Yaitu sebuah logam yang beracun dan radioaktif. Bayangkan jika zat ini masuk kedalam tubuh manusia.

6. Metanol (alkohol kayu)
zat metanol uga dikenal sebagai metil alkohol, wood alcohol atau spiritus, adalah senyawa kimia dengan rumus kimia CH3OH. Ia merupakan bentuk alkohol paling sederhana (wikipedia) 

7. Asetilena
adalah suatu hidrokarbon yang tergolong kepada alkuna, dengan rumus C2H2. Asetilena merupakan alkuna yang paling sederhana, karena hanya terdiri dari dua atom karbon dan dua atom hidrogen (wikipedia). 

8. Amonia
 Kontak dengan gas amonia dapat menyebabkan kerusakan paru- paru dan bahkan kematian. Dan jika Terkena amonia pada konsentrasi 0.5% selama 30 menit dapat menyebabkan kebutaan.

9. Formaldehida
Salah satu cairan yang digunakan untuk mengawetkan mayat. Dan jika kalian merasakan mata perih dan batuk, itulah efek yang diakibatkan oleh zat berbahaya satu ini. Sebaiknya kalian hindari orang yang sedang merokok.

10. Hidrogen sianida
Hidrogen Sianida merupakan zat yang sangat berbahaya dengan berwujud gas yang dapat ditemukan dalam sebatang rokok. Racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh serangga ini juga digunakan sebagai zat untuk bahan rokok. Gas hidrogen sianida memiliki efek yang sangat buruk bagi tubuh dimana dapat mengakibatkan kerusakan yang serius pada jantung dan pembuluh darah.

11. Arsenik
bahan yang terdapat dalam tubuh tikus,dan bahan kimia yang ditemukan dalam asap buang  seperti motor. Zat berbahaya ini salah satu yang terkandung dalam rokok, inilah yang menjadi penyebab kanker, merusak jantung dan juga pembuluh darah dalam tubuh. Arsenik juga dapat menimbulkan masalah dalam tubuh dimana tubuh menjadi kesulitan untuk memperbaiki DNA yang rusak akibat rokok.


Bahaya penyakit akibat rokok

   Seperti yang kita bahas diatas, banyak sekali zat berbahaya yang terkandung dalam rokok. Hal ini tidak luput dengan yang namanya penyakit. Tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa merokok itu banyak kerugiannya. Tetapi bagi pecandu rokok, merokok adalah sebuah kebutuhan yang sulit ditinggalkan. Dengan banyaknya zat- zat berbahaya, maka tidak heran banyaknya penyakit yang ditimbulkan oleh zat- zat berbahaya tersebut. Lalu apa saja penyakit yang ditimbulkan oleh zat- zat berbahaya pada rokok? Oke simak dibawah ini : 

 1. Kanker
Kenapa rokok menjadi penyebab penyakit kanker? Karena zat adiktif rokok membuat anda menikmati asupan berbagai zat berbahaya ke dalam tubuh yang sebagian diantaranya merupakan zat karsinogenik (menimbulkan kanker). Asap rokok yang terhisap masuk dari mulut kemudian masuk melalui tenggorokan sebelum dinikmati di dalam paru-paru.

    Itulah alasan pecandu rokok rentan terserang penyakit kanker. Pecandu rokok juga berisiko mengalami berbagai macam kanker terutama yang terkait sistem pernapasan seperti kanker mulut, kanker pita suara dan kanker paru. Perokok 6 kali lebih berisiko mengalami kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Kanker yang dapat dialami oleh perokok antara lain:

  1.    Kanker kandung kemih
  2.    Kanker servik pada perempuan
  3.    Kanker payudara

 2. Penyakit Paru-Paru
Asap yang dihasilkan dari rokok yang terhisap akan membebani kerja paru-paru, lama kelamaan kondisinya semakin menurun dan rusak. Akibatnya fungsi paru terganggu, aliran darah menjadi tidak lancar dan sulit bernapas. Tentu ini bukan penyakit yang sepele. 

3. Impotensi
Mungkin kata impoten/ impotensi sudah tidak asing lagi dimata para perokok. Karena hampir semua merk rokok ada tulisan "merokok dapat menyebabkan impoten" . Merokok juga bisa merusak pembuluh darah dan mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran dan tekanan darah ke penis. Dalam jangka panjang akan menimbulkan impotensi bagi para pecandu rokok. 

4. Gangguan Kehamilan
Ini sangat ditujukan kepada perokok khususnya perempuan . Karena merokok dapat menyumbat saluran darah dan membuat asupan makanan dari ibu ke janin tidak lancar. Proses inilah yang membuat ibu hamil perokok atau terpapar asap rokok orang lain berisiko mengalami bayi lahir prematur atau cacat, keguguran, kematian janin di dalam rahim, dan kematian bayi mendadak pada bayi baru lahir. Sangat disayangkan bila apa yang kalian tunggu- tunggu sejak lama namun hilang karena 

5. Stroke
Kata stroke juga tidak asing dikalangan pecandu rokok. Stroke terjadi karena rokok dapat melemahkan pembuluh darah dan kinerjanya terhambat. Jika terjadi secara terus-menerus, risiko stroke akan meningkat bahkan pada mereka yang tidak memiliki riwayat penyakit stroke sekalipun bisa terserang penyakit satu ini.

6. Penyakit Lambung
Mungkin ini tidak familiar pada slogan- slogan rokok. Namun bahaya asap rokok yang masuk sistem pencernaan (lambung) meningkatkan produksi asam lambung. Awalnya terlihat sepele dan tidak berbahaya, tetapi jika terjadi terus-menerus, penyakit lambung kronis akan mengancam kesehatan bagi para perokok.

7. Penyakit Jantung
Yang terakhir dan yang paling berbahaya juga. Ya, penyakit mematikan no 1 didunia ini ternyata salah satunya disebabkan oleh rokok. Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh lama-lama akan menjadi plak yang menempel pada dinding jantung, mengakibatkan darah tidak mengalir sempurna. Ditambah dengan karbon monoksida yang mengambil oksigen dalam darah lebih banyak, membuat jantung memompa darah lebih banyak. Jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi, maka bisa menyebabkan serangan jantung.

Jadi masihkah anda ingin menjadi pecandu rokok? Bagi yang belum menjadi pecandu rokok saya sarankan jangan sesekali kalian merokok, memang awalnya seperti tidak enak. Tapi lama- lama akan menjadi kecanduan dan menjadi pecandu rokok. Untuk yang sudah menjadi pecandu rokok juga bisa difikirkan kembali secara matang untuk menghindarinya. Karena pada umumnya merokok itu berbahaya untuk kesehatan kita. 

Anda telah membaca postingan Bahaya Merokok Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

0 Response to "Bahaya Merokok Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Rules Komentar:
¤ Pakailah bahasa yang baik
¤ Komentar Spam akan dihapus
¤ Link aktif akan dihapus, jika ingin bertukar link silakan menuju halaman partner

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel

close
SELAMAT DATANG DI BLOG AGUNG HOSTKEY, BLOG PERSONAL BERBAGI TUTORIAL, ANDROID, SERTA INFORMASI MENARIK...