Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan Gadget atau Widget Di Windows 10 Dengan Pilihan 3 Software Ini

Cara Menambahkan Gadget Di Windows 10 Dengan Pilihan 4 Software Ini - Gadget desktop merupakan widget yang bisa ditambahkan di desktop windows vista dan windows 7. Namun setelah dirilisnya windows 8 pada tahun 2012 lalu, gadget desktop sudah tidak tersedia lagi di windows 8 hingga saat ini yang sudah mencapai windows 10 dan bahkan katanya akan dirilis windows 11.

Namun sebagian orang tidak bisa move on dengan tampilan gadget desktop dan ingin nostalgia dengan cara menampilkan widget desktop di windows 10 atau 11. Tapi jangan khawatir untuk para jadulers karena kalian bisa menambahkan desktop gadget dengan menggunakan software pihak ketiga.

Apa Itu Widget dan Gadget Windows 10?

Cara Menampilkan Widget Di Windows 10, Cara Menambahkan Gadget Di Windows 10
Tampaknya sulit untuk membedakan antara widget dan gadget, tapi gadget desktop dulu sangat populer karena dapat menampilkan jam di desktop, cuaca, catatan, dan bahkan bisa menampilkan performa GPU pada tampilan desktop. Pada dasarnya, widget ini merupakan sebuah aplikasi mini dan dapat kalian tambahkan ke layar desktop tapi sebagian besar berada di sebelah kanan.

Tampilan gadget akan berada dibalik aplikasi lain seolah-olah ia adalah background dari desktop dan tidak akan mengganggu ke aplikasi lainnya, cukup keren bukan? Sayangnya dengan dirilisnya windows 8 pada tahun 2012 lalu gadget windows 7 telah ditinggalkan.

Jadi kalian tidak bisa melihat jam analog di desktop, jam digital dan tidak bisa menampilkan kalender di desktop. Sebagai gantinya, informasi semacam ini digabungkan menjadi ubin langsung di windows 8 dan berlanjut pada windows 10 dengan integrasi notifikasi yang ditingkatkan dan cortana.

Alasan Microsoft Menghilangkan Gadget dan Widget Di Windows Desktop

Alasan utama mengapa microsoft memilih untuk menghilangkan gadget windows setelah win 7 adalah karena alasan keamanan. Pada tahun 2012 lalu Microsoft mengumumkan bahwa kerentanan dalam gadgetnya dapat memungkinkan seseorang untuk menjalankan eksekusi kode jarak jauh.

Ini berarti orang yang tidak bertanggung jawab dapat mengakses PC kalian dari jarak jauh peretas dapat menjalankan kode dibawah profil akun kalian bahkan dapat membajak seluruh komputer kalian.

Perbaikan dirilis untuk menonaktifkan bilah sisi windows dan gadget di windows vista dan windows 7 , beberapa minggu kemudian windows 8 dirilis dan gadget tidak tersedia lagi di windows 7 hingga win 10 sekarang dan seterusnya.

Cara Menambahkan Gadget di  Windows 10

Masalah keamanan yang dikawatirkan oleh microsoft sepertinya sudah tidak ada lagi karena Microsoft sendiri telah melakukan update keamanan yang lebih baik apalagi untuk win 10 ini yang memungkinkan peretas sulit untuk menembus sistem karena adanya windows defender.

Windows Defender merupakan perangkat lunak dari Microsoft untuk melindungi sistem operasi Microsoft Windows dari perangkat pengintai atau Spyware. Awalnya Perangkat lunak ini adalah bagian dari Windows Vista dan Windows 7. 

Namun Pada Windows 8 dan Windows 10, perangkat lunak ini sudah ditingkatkan menjadi program antivirus menggantikan Microsoft Security Essentials. Jadi jangan khawatir untuk memasang gadgets for windows 10 (sumber:Wikipedia)

Daftar Aplikasi Widgets For Windows 10 Gratis

Ini saatnya kamu yang kangen dengan widget yang bisa menampilkan jam di layar desktop, menampilkan CPU meter, membuat note di desktop, melihat suhu atau cuaca di sekitar pada desktop saya sarankan untuk mencoba beberapa software untuk menambahkan widget di windows 10 yang bisa kamu download secara free.
  1. Microsoft Launcher
  2. 8GadgetPack
  3. Rainmeter
Berikut ulasan masing masing aplikasi untuk menampilkan widget di desktop, sesuaikan saja dengan selera masing-masing.

Widget Launcher

Cara Menampilkan Widget Di Windows 10, Cara Menambahkan Gadget Di Windows 10
Sumber:widget Launcher

Widget Launcher (sebelumnya Widgets HD) adalah generasi selanjutnya dari Gadget untuk Windows 10. Peluncur Widget yang didesain ulang ini sekarang lebih baik dari sebelumnya. Sekarang ekstensi didukung, Jadi kamu dapat mengunduh tema dan widget tambahan di Microsoft Store. 

Dengan opsi penyesuaian tanpa akhir ini, Peluncur Widget memungkinkan kamu menyempurnakan desktop yang belum pernah ada sebelumnya. Unduh Microsoft Launcher dan kalian dapat langsung menampilkan jam analog, cuaca, umpan RSS, kalender, kalkulator, monitor CPU, dan banyak lagi.

Cara Menggunakan Widget Launcher
  • Download dan Install Aplikasinya
  • Jalankan Widget Launcher
  • Klik widget yang mau kamu tampilkan di desktop
  • Tempatkan widget di desktop sesuai keinginan
Download :  Widget auncher  (Via Miccrosoft Store)

8GadgetPack, For Windows 11 / 10 / 8.1 / 7

8gadgetpack, Cara Menampilkan Widget Di Windows 10, Cara Menambahkan Gadget Di Windows 10
sumber:8GadgetPack

8GadgetPack memungkinkan untuk menggunakan gadget di Windows 11 / 10 / 8.1 / 7 dan tentunya ringan untuk dipakai. untuk menggunakannya silakan kalian download melalui tautan dibawah kemudian ikuti langkah dibawah:
  • Klik kiri 2 kali pada file 8GadgetPack MSI untuk menginstal
  • Setelah selesai, luncurkan 8GadgetPack
  • Klik tombol + untuk membuka daftar gadget
  • Seret gadget yang kamu inginkan ke desktop
Catatan: Jika Anda menggunakan Windows 11, pastikan untuk menjalankan Pembaruan Windows. 8GadgetPack bekerja dengan baik pada versi terbaru Windows 11 (22000.100).

 Download : 8gadgetPack + Tutorial lengkap

Rainmeter, Gadget Modern Untuk desktop Windows 10 

Cara Menampilkan Widget Di Windows 10, Cara Menambahkan Gadget Di Windows 10
Sumber:win10Gadgets

Rainmeter memungkinkan kamu untuk menampilkan skin yang dapat disesuaikan di desktop kamu, mulai dari pengukur penggunaan hardware hingga visualisator audio yang berfungsi penuh. 

Di antara fitur-fiturnya adalah kemampuan untuk memperkenalkan informasi ke desktop Windows 10 dalam bentuk widget. Ini termasuk jam, statistik hardware langsung, perkiraan cuaca saat ini, dan banyak lagi. Anda pada dasarnya dapat menggunakan Rainmeter untuk menampilkan semua yang dilakukan gadget Windows yang lama, tetapi dengan gaya baru yang keren untuk kamu coba.

Download : Rainmeter Untuk windows 10 Gratis
Download : Win10 Widgets + Rainmeter untuk Windows 10 (Gratis)

Pilih Widget Windows Yang Terbaik Menurut Kalian

setiap aplikasi widget pihak ketiga memiliki kekurangan dan kelebihan untuk menampilkan gadget di windows 10, jadi silakan kalian pilih salah satu dari ketiga aplikasi widget diatas sesuai selera masing masing. Info yang saya cantumkan disini sesuai dengan yang saya dapatkan dari internet dan sumber resmi.

sekian dari saya, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Posting Komentar untuk "Cara Menampilkan Gadget atau Widget Di Windows 10 Dengan Pilihan 3 Software Ini"

close