Penyebab dan Cara Mengatasi Lag Saat Main Game di HP Xiaomi

Penyebab dan Cara Mengatasi Lag Saat Main Game di HP Xiaomi - Mengalami lag saat main game online? Terutama bagi kamu pengguna HP xiaomi pasti pernah mengalami patah-patah saat bermain game online.

Pasti kesal kan jika saat main game online tapi mengalami lag, ini akan menyebabkan gameplay tidak maksimal dan akan kalah saat berhadapan dengan musuh.
Penyebab dan Cara Mengatasi Lag Saat Main Game di HP Xiaomi

Ini merupakan hal yang umum dan banyak dialami oleh setiap pengguna HP dimana banyak sekali faktor penyebab lag saat bermain game online.

Maka dari itu admin agung hostkey akan memberikan ulasan tentang penyebab serta cara mengatasi lag saat main game di hp Xiaomi.

Artikel yang akan saya bahas ini berlaku untuk semua tipe HP Xiaomi serta versi ROM MIUI yang sobat gunakan, saya sendiri mencoba trik ini pada ponsel Xiaomi Redmi 5A dengan versi MIUI 11 Global Stable.

Jadi sama saja mau HP kentang HP gahar semua sama saja jika memakai versi MIUI 11 atau Versi MIUI sebelumnya.

Faktor Penyebab HP Xiaomi Lag Saat Bermain Game Online 

Nah sebelum saya menjelaskan tentang cara mengatasinya, perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan ponsel sobat mengalami patah-patah atau lag saat bermain game online seperti Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile dan game online populer lainnya.

Nah, jangan khawatir bagi kamu yang memiliki HP dengan spesifikasi rendah atau HP kentang, karena faktor ini tidaklah menjadi patokan utama dalam penyebab lag saat main game, karena bukan dilihat dari segi ukuran RAM saja tapi dilihat dari banyak faktor.

Dibawah ini adalah beberapa faktor penyebab lag saat bermain game online pada HP Xiaomi:

Cache Aplikasi 

Cache aplikasi atau file sisa merupakan file yang muncul ketika kita sudah membuka suatu apikasi, istilahnya ini adalah file sisa yang tersimpan pada penyimpanan handphone sobat.

File ini biasa disebut junk file atau file sampah, karena data cache ini suka terhapus oleh aplikasi pembersih penyimpanan. Jadi sobat jangan ragu untuk menghapusnya supaya tidak memenuhi ruang penyimpanan.

Nah ternyata, cache yang dihasilkan oleh aplikasi dapat menyebabkan kinerja HP saat main game online jadi lag alias lemot loh, ini terbukti ketika saya mempraktekan tips yang akan saya bahas di artikel ini. 

Aplikasi Latar Belakang

Menginstal banyak aplikasi android memang akan membuat kinerja HP semakin berat, apalagi aplikasi latar belakang yang akan tetap berjalan meskipun sudah ditutup.

Nah faktor ini berlaku juga untuk semua merk HP Android, pasalnya dengan adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang maka akan menyebabkan lag dikarenakan kapasitas RAM yang digunakan semakin banyak.

Kualitas Jaringan

Bagi player Game Online yang memerlukan koneksi internet pada saat bermain game ini menjadi hal penyebab utama kualitas gameplay. 

Jika kualitas jaringan bagus serta stabil maka ukuran ping akan kecil dan gameplay akan berjalan dengan baik tanpa mengalami patah-patah atau lag.

Sebaliknya jika kualitas jaringan jelek maka ukuran ping akan besar bahkan sampai ratusan dan menyebabkan gameplay yang kita jalani akan terganggu serta mengalami lag atau pata-patah.

Tidak Mengaktifkan Opsi Pengembang 

Selain faktor umum diatas tadi, ternyata settingan opsi pengembang juga berpengaruh terhadap kelancaran kita saat bermain game.

Nah bagi sobat yang belum mengaktifkan opsi pengembang dan mengalami lag saat main game di HP xiaomi maka tidak ada salahnya kalian mengaktifkan Opsi Pengembang.

Untuk Settingannya akan saya jelaskan pada sub judul Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game di HP Xiaomi.

Cara Mengatasi Lag Saat Main Game di HP Xiaomi MIUI 11 

Oke kita sudah sampai di inti dari artikel saya kali ini yaitu bagaimana cara mengatasi lag saat bermain game online di HP Xiaomi. 

Disini saya memakai HP Xiaomi Redmi 5A dengan kapasitas RAM 2GB dan Versi MIUI 11 Global Stable tapi ini juga berlaku bagi semua type hp XIaomi, mungkin ada perbedaan pada tata letak menu saja.

Menghapus Cache

Sesuai dengan faktor penyebab lag yang sudah saya jelaskan diatas, maka hal yang harus kita lakukan adalah dengan menghapus data cahce atau jika di menu HP xiaomi namanya data aplikasi system.

Kalian jangan khawatir karena cara ini tidak akan menghapus data aplikasi atau OBB ,melainkan akan menghapus data junk file atau file sampah (cache).

Untuk caranya silakan sobat ikuti langkah-langkah dibawah ini:
  • Buka menu setelan
  • Pilih APL
  • Lalu pilih kelola aplikasi 
  • silakan klik aplikasinya lalu klik hapus data 
  • klik bersihkan cache
Silakan lakukan pada semua aplikasi yang terinstal, atau jika tidak mau ribet sobat install saja aplikasi pembersih file sampah yaitu clean master di play store

Batasi Aplikasi Latar Belakang

Seperti yang sudah saya bahas pada faktor penyebab lag, aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menyebabkan penggunaan RAM yang besar dan dapat menyebabkan lag saat bermain game online.

Kalian tidak perlu menghapus aplikasi latar belakang satu persatu, kalian cukup setting di opsi pengembang, jika belum mengaktifkan opsi pengembang silakan baca dulu disini
  • Buka setelan
  • Pilih opsi pengembang
  • aktifkan fitur develover options 
  • pilih batas proses latar belakang / background process limit
  • set jadi maksimal 1 proses
Dengan mengeset seperti ini maka otomatis apk latar belakang akan dinonaktifkan atau tidak akan berjalan ketika kita bermain game online.

Namun ada efek dari settingan ini yaitu sobat tidak akan menerima notif dari aplikasi sosmed seperti WA ,Facebook SMS dan lainnya. 

Saya sarankan untuk mengembalikan settingan opsi pengembang ini seperti sebelumnya jika sobat sudah tidak lagi bermain game online, dan aktifkan kembali pada saaat bermain game online.

Periksa Kualitas Jaringan 

Hal satu ini tidak boleh dianggap remeh, pasalnya kualitas jaringan merupakan faktor penting saat sobat bermain game online yang membutuhkan koneksi internet.

Silakan perikasa kecepatan koneksi jaringan, sobat bisa menggunakan tools online seperti FAST.COM untuk mengetahui kualitas jaringan. Baca juga postingan saya tentang cara mengatasi sim card hanya panggilan darurat 

Jika dirasa koneksi kurang memadai saya sarankan untuk mengganti kartu operator seluler yang cocok sesuai tempat tinggal sobat.

Aktifkan dan Setting Opsi Pengembang 

Nah cara selanjutnya yaitu dengan mengaktifkan setelan tambahan yang ada pada opsi pengembang, opsi pengembang ini tidak secara default ada di setelan android sobat. 

Maka sobat perlu mengaktifkan fitur Opsi pengembang dengan cara berikut:
  • Silakan masuk ke setelan 
  • Pilih menu tentang telepon
  • Pada versi MIUI silakan tap sebanyak mungkin sampai muncul notif "anda sudah menjadi pengembang"
  • Silakan kembali ke menu sebelumnya
  • Lalu pilih menu Setelan Tambahan
  • Pilih opsi pengembang dan silakan centang seperti gambar dibawah ini:
untuk mengatasi supaya tidak lag saat bermain game di HP Xiaomi ada beberapa settingan yang harus sobat terapkan di opsi pengembang yaitu:

Ukuran Log Buffer

Untuk melakukan setting ukuran log buffer, pada menu opsi pengembang silakan pilih ukuran log buffer lalu set menjadi mati 

Aktifkan Paksa 4X MSAA

Untuk meningkatkan kualitas gambar dari game yang sobat mainkan maka cara ini berguna supaya tidak mengalami lag, caranya:

Silakan cari opsi paksa 4x MSAA lalu aktifkan dengan cara klik tombol yang ada disampingnya, lihat gambar:

Paksa Rendering GPU

Opsi ini cocok untuk meningkatkan gambar 2D, jadi silakan sobat aktifkan opsi ini seperti gambar dibawah:

Penutup

Oke mungkin cukup sekian postingan saya kali ini tentang penyebab serta cara mengatasi lag saat main game di HP Android Xiaomi, semoga dapat mengatasi masalah yang kalian alami seperti patah-patah saat main game online.

Selamat mencoba, semoga berhasil...

Anda telah membaca postingan Penyebab dan Cara Mengatasi Lag Saat Main Game di HP Xiaomi, semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Lag Saat Main Game di HP Xiaomi"

Post a Comment

Rules Komentar:
¤ Pakailah bahasa yang baik
¤ Komentar Spam akan dihapus
¤ Link aktif akan dihapus, jika ingin bertukar link silakan menuju halaman partner

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel