Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Solusi Kartu 3 (Tri) Tidak Bisa Terhubung Ke Internet

Memiliki koneksi yang terhubung ke internet memang kebutuhan manusia di zaman digital seperti sekarang ini, apalagi banyak hal yang bisa kamu lakukan secara online termasuk online shop.

Nah di artikel ini saya mencoba untuk memberikan masalah yang sering dialami yakni kartu tri tidak bisa terhubung ke internet.
kenapa kartu tri tidak ada jaringan internet jual kartu internet tri kartu 3 khusus internet kartu 3 kuota internet kartu tri tidak konek internet kartu tri tidak bisa konek internet kartu tri tidak bisa koneksi internet kartu tri tidak bisa terhubung ke internet kartu tri tidak keluar sinyal internet kartu 3 internet lemot

Kartu Three merupakan salah satu provider operator seluler dengan harga paket data yang terbilang cukup murah seperti paket harian 2.5 Gb yang bisa kamu beli dengan harga Rp2000 saja dan banyak lagi promo lain yang bisa kamu beli dengan harga terjangkau.

Tak hanya itu, kartu 3 juga memiliki paket internet unlimited 1 bulan sampai dengan 1 tahun yang membuat kamu tak perlu khawatir kehabisan kuota ditengah bulan. Saya sendiri memakai kartu perdana 3 internet unlimited atau paket AON terdapat kuota AON 6GB + Unlimited 1 bulan dengan harga 55Ribu saja, menurut saya ini cocok bagi seorang yang memiliki budget Low seperti saya ini.

Kualitas dan Masalah Internet Kartu Tri

Dibalik harga paket kuota murah tersebut ternyata menyimpan masalah yang membuat penggunanya kesal, termasuk saya sendiri. Masalah internet 3 (Three, tri)  lemot mungkin itu sudah biasa ya sob, dan orang lain sudah memakluminya. Namun ada masalah yang lebih fatal lagi yaitu kartu tri tidak bisa konek internet.

Menurut saya itu adalah hal yang wajar saja berhubung harganya juga tidak mahal-mahal amat ya, jadi itu hal biasa yang dialami oleh setiap pengguna kartu 3  sehingga sering mengalami kartu tri tidak keluar sinyal internet.

Penyebab Kartu Tri Tidak Bisa Internetan

kenapa kartu tri tidak ada sinyal internet? Ternyata masalah internet kartu 3 bukan sepenuhnya kesalahan operator, karena banyak sekali faktor yang menyebabkan kartu tri tidak ada layanan internet, beberapa penyebab masalah yang selalu ditanyakan oleh para pelanggan kartu three tersebut akan saya uraikan secara rinci dibawah ini:

Paket kuota Internet Habis

Hal ini harus saya cantumkan disini karena memang hal utama yang ditanyakan orang mengenai kenapa tidak terhubung ke internet?, Pasti yang ada di fikiran orang lain adalah cek kuota internet. Karena memang masuk akal jika orang menyarankan untuk cek kuota karena bisa saja ini masalahnya namun kamu tidak menerima sms bahwa kuota telah habis, jadi silakan cek kuota tri dengan mengakses *111# 

Belum Registrasi

Pada saat kamu membeli kartu tri baru pasti diwajibkan untuk melakukan registrasi atau pendaftaran kartu menggunakan KTP, maupun KK. Apalagi pada tahun 2017 lalu pemerintah mewajibkan untuk melakukan registrasi ulang untuk pengguna kartu SIM Card.

Jika kamu sebelumnya tidak melakukan registrasi pada saat awal membeli kartu tri maka otomatis tidak  bisa digunakan baik untuk nelpon, sms, atau internetan. Biasanya kamu harus mengaktifkan atau registrasi di tempat kamu beli kartu tersebut karena terkadang harus memasukkan kode konter / toko.

Hal inilah yang menyebabkan kartu internet 3 tidak bisa digunakan ,kartu tri tidak bisa internet padahal sudah registrasi?

Jika masih saja tidak bisa mungkin masalahnya bukan disitu, masih ada faktor lain yang akan saya bahas dibawah:

Jaringan Internet Lemah

Penyebab ini dapat mengakibatkan kartu 3 sinyal internet hilang, sinyal internet bisa kamu lihat di atas panel pemberitahuan ponsel android sobat yang bentuknya seperti tangga. Jika sinyal hanya muncul 1-2 batang saja kemungkinan jaringan yang diterima oleh HP kamu lemah sehingga menyebabkan kartu tri tidak bisa terhubung ke internet.
kenapa kartu tri tidak ada jaringan internet jual kartu internet tri kartu 3 khusus internet kartu 3 kuota internet kartu tri tidak konek internet kartu tri tidak bisa konek internet kartu tri tidak bisa koneksi internet kartu tri tidak bisa terhubung ke internet kartu tri tidak keluar sinyal internet kartu 3 internet lemot

Pengaturan Jaringan Yang Salah

Hal ini selalu dianggap sepele oleh sebagian orang, dimana mereka tak memperdulikan settingan jaringan pada ponselnya. Seperti contoh memilih jaringan Telkomsel padahal kartu yang digunakan adalah Tri, selain itu hal penting lainnya dalam melakukan setting jaringan yaitu pada bagian APN (Acces Point Name). APN ini tiap operator beda-beda yasob, jadi tidak bisa asal mengisi APN.

Kuota Tidak Berlaku

Banyak sekali berbagai jenis paket kuota, dan disini pihak operator biasanya melakukan pembagian fungsi kuota seperti kuota malam, kuota chatting, kuota sosmed, kuota youtube dan masih banyak lagi. Kemungkinan kuota yang kamu miliki tidak berlaku untuk mengakses internet 24 full dan hanya berlaku di jam-jam tertentu saja.

Selain itu pihak operator menyediakan kuota tergantung jenis jaringan yang digunakan pada ponsel, misalnya ada kuota 4G dan kuota 3G. Jadi kuota 4G tidak bisa digunakan di jaringan 3G begitupun sebaliknya.

Kartu Telah Hangus

Hal yang paling fatal jika kartu SIM kamu bisa melakukan apa-apa termasuk internetan yaitu kemungkinan kartu telah hangus atau masa aktif kartu telah habis. Untuk memastikan hal ini kamu bisa melakukan cek pulsa melalui dial *111*1# disana kamu akan mengetahui jumlah pulsa serta masa aktif kartu tri yang kamu pakai.

Untuk kartu yang sudah hangus itu beda dengan kartu dalam masa tenggang, dimana jika dalam masa tenggang kamu dapat mengisi pulsa untuk mencegah kartu hangus, dan pada masa tenggang kamu mungkin masih bisa menerima SMS dan panggilan masuk.

Daerah Tidak Terjangkau Jaringan Tri

Jika masalah muncul pada saat kamu berkunjung ke suatu daerah, mungkin hal ini bisa menjadi sumber utama kartu tri tidak bisa terhubung ke internet. Pada dasarnya tidak semua daerah sudah tercover dengan jaringan internet, apalagi jika daerahnya pedesaan yang susah sekali ada sinyal.

Sedang Maintenance

Tak bisa dipungkiri bahwa kartu operator yang kamu gunakan sedang mengalami maintenance atau perbaikan, entah itu untuk memperbagus kualitas jaringan, sehingga jaringan yang terpancar tidak stabil atau dengan kata lain sedang mengalami gangguan.
kenapa kartu tri tidak ada jaringan internet jual kartu internet tri kartu 3 khusus internet kartu 3 kuota internet kartu tri tidak konek internet kartu tri tidak bisa konek internet kartu tri tidak bisa koneksi internet kartu tri tidak bisa terhubung ke internet kartu tri tidak keluar sinyal internet kartu 3 internet lemot

Cuaca Yang Buruk

Cuaca yang buruk identik dengan menurunnya kualitas jaringan seluler yang kita gunakan, bukan hanya kartu tri saja, kartu operator lain juga bisa mengalami hal ini. Ini disebabkan karena ketika hujan disertai angin akan menghambat sinyal yang dikirim oleh tower BTS.

Kerusakan Ponsel

Untuk masalah yang terakhir ini bukan disebabkan oleh kartu tri saja ya sob, ini bisa juga dialami oleh pengguna kartu lain karena masalah disini ada pada komponen ponsel yang kita pakai. Masalah disini bisa disebabkan oleh masalah software maupun hardware. 

Tapi untuk memastikan hal ini silakan kamu coba beberapa kartu operator lain dan pasang di HP kamu, jika tetap saja tidak bisa terhubung ke internet maka sudah dipastikan ada kerusakan pad HP yang kamu gunakan. 

Cara Mengatasi Kartu Tri Tidak Bisa Terhubung Ke Internet.

Semua pengguna kartu 3 pasti pernah mengalami jaringan internet tidak jalan atau sinyal internet tidak ada. Hal menyebalkan ini bisa menimpa semua pengguna kartu tri kapan saja, jadi untuk mencegah hal itu  maka kamu harus tau langkah-langkah cara mengatasi kartu tri tidak bisa connect internet dibawah ini:

Aktifkan Mode Pesawat 

Hal pertama dan paling simpel yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara mengaktifkan mode pesawat selama 3-5 detik lalu menonaktifkannya. Hal ini berguna untuk memutus semua konksi yang masuk ke hp seperti sinyal dan jaringan. 

Mode pesawat ini biasanya diaktifkan ketika penumpang akan naik pesawat supaya ponsel tidak mengganggu sistem komunikasi yang ada di pesawat. Pada mode ini kamu tidak bisa connect ke jaringan maupun sinyal, sehingga kamu tidak akan menerima sms ataupun panggilan masuk dari orang lain.

Setting Jaringan

Seperti yang sudah saya tulis pada poin penyebab diatas bahwa hal ini selalu disepelekan, padahal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas jaringan internet. Pengaturan jaringan yang salah akan menyebabkan kartu tri tidak bisa tersambung ke internet. Disini saya akan merekomendasikan 2 settingan jaringan, yaitu pemilihan jaringan dan setting APN.

Pilih Operator

Untuk memilih mode jaringan silakan kalian ikuti langkah dibawah ini:
  1. Buka pengaturan
  2. Pilih koneksi / Jaringan Seluler
  3. Lalu pilih operator jaringan
  4. Disini kamu memilih di slot mana yang akan kamu setting jaringannya
  5. Lalu Silakan Klik pilih secara otomatis
Setting APN Tri
Nah untuk selanjutnya kamu perlu menyetting APN untuk kartu Three, karena setiap kartu berbeda-beda settingannya. Untuk mengakses menu APN silakan ikuti langkah dibawah ini:
  1. Buka pengaturan
  2. Pilih Koneksi / Jaringan seluler
  3. Pilih pada Nama poin akses/acces point name 
Untuk apn Tri bisa kamu lihat dibawah ini dan setting seperti berikut:
  • Nama Profile : Bebas sesuai keinginan
  • APN                 : 3gprs
  • Username      : 3gprs
  • Password       : 3 gprs

Reboot HP

Melakukan restarr ulang pada hp berguna untuk menonaktifkan sistem yang berjalan sebelumnya, ini termasuk jaringan yang diterima ponsel kamu akan memulai mencari jaringan baru. Jadi silakan kalian melakukan reboot HP dengan cara matikan dulu HP beberapa detik lalu menghidupkan ulang.

Registrasi Ulang

Setiap kartu harus melakukan registrasi ulang ketika kita baru saja membelinya, jika kamu tidak melakukan registrasi maka kamu tidak bisa menggunakan kartu tersebut untuk melakukan SMS, Nelpon bahkan mengakses internet.

Jadi jika kamu sebelumnya belum melakukan registrasi silakan daftarkan dulu menggunakan KTP, KK. Kamu juga bisa melakukan registrasi secara mandiri melalui SMS dengan cara Ketik NIK#Nomor KK kirim ke 4444.
Namun jika sebelumnya kamu sudah melakukan registrasi kartu sebaiknya lewati cara ini.

Upgrade Kartu

Bagi kamu yang sudah lama menjadi pelanggan Tri pasti memiliki kartu jadul yang belum support jaringan 4G dan hanya support dengan jaringan 2G, 3G saja. Sedangkan sekarang, hampir semua HP Android sudah mendukung jaringan 4G , itu artinya kartu sobat sudah tertinggal dengan kemajuan sekarang sedangkan kuota yang ada pada kartu tersebut adalah kuota 2G,3G.

Silakan kamu melakukan upgrade kartu dengan cara mengunjungi Grapari terdekat dan mintalah untuk melakukan upgrade kartu, jangan khawatir karena cara ini tidak perlu mengubah nomor tri lama kamu.

Untuk cara alternatif supaya kamu bisa menggunakan kuota 2G,3G pada HP yang sudah mendukung 4G kamu bisa menyetting mode jaringan dengan cara:
  1. Buka pengaturan
  2. Pilih koneksi / Jaringan Seluler
  3. pilih Mode jaringan yang kamu gunakan  
  4. Terakhir silakan pilih 2G/3G (Sambung Otomatis)
    kenapa kartu tri tidak ada jaringan internet jual kartu internet tri kartu 3 khusus internet kartu 3 kuota internet kartu tri tidak konek internet kartu tri tidak bisa konek internet kartu tri tidak bisa koneksi internet kartu tri tidak bisa terhubung ke internet kartu tri tidak keluar sinyal internet kartu 3 internet lemot
Dengan cara ini maka kamu bisa menggunakan kuota 3G karena kamu telah menyetting mode jaringan pada HP kamu menjadi 3G.

Cek ketersediaan IMEI 

International Mobile Equipment Identity Atau IMEI adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh GSMA untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP. Membaca pengertian IMEI saja sudah keliatan bahwa IMEI ini penting perannya dalam mengakses internet.

Jika imei hilang maka otomatis akan mengalami masalah salah satunya tidak bisa terhubung ke internet, ada banyak faktor yang menyebabkan IMEI hp seseorang hilang salah satunya sesudah melakukan Custom ROM

Untuk melakukan cek IMEI sangatlah mudah, disini saya akan menggunakan kode dial, caranya:
  • Buka menu dialer HP kamu
  • Ketik dial *#06# lalu klik CALL/OK/YES
  • Disana akan muncul info IMEI HP kamu

Atur Waktu dan Tanggal di HP 

Saya tidak tau pasti mengenai cara ini, yang pasti jika tanggal di HP kamu tidak sesuai maka tidak ada salahnya untuk memperbaharui tanggal dan Jam dengan waktu sesuai tempat tinggal masing-masing. Untuk menyettingnya kamu bisa melakukan perbarui otomatis/set waktu dan tanggal otomatis.

Menunggu Beberapa Saat

Jika masalah muncul hanya pada saat itu saja, kemungkinan kartu tri yang kamu gunakan sedang mengalami maintenance atau gangguan untuk smentara. Apalagi jika di daerahmu sedang turun hujan lebat disertai angin. Jadi silakan untuk menunggu sampai keadaan normal.
kenapa kartu tri tidak ada jaringan internet jual kartu internet tri kartu 3 khusus internet kartu 3 kuota internet kartu tri tidak konek internet kartu tri tidak bisa konek internet kartu tri tidak bisa koneksi internet kartu tri tidak bisa terhubung ke internet kartu tri tidak keluar sinyal internet kartu 3 internet lemot
Jika masalah muncul ketika kamu sedang pergi ke suatu daerah dan tiba tiba kartu tri tidak bisa terhubung internet kemungkinan di daerah tersebut tidak terjangkau oleh jaringan Tri, biasanya muncul notif hanya panggilan darurat pada panel notifikasi.

Melakukan Flashing HP

Sebelum kamu melakukan flash HP, pastikan dulu apakah memang benar masalah timbul karena HP yang kamu gunakan mengalami masalah Internal seperti terkena v1rus atau ada hal lain. Cara untuk memastikannya silakan kamu pakai kartu operator lain atau pinjam ke teman untuk dipasang di HP kamu. 

Jika setelah dipasang ternyata masih sama, yaitu tidak bisa terhubung ke internet maka tidak ada salahnya kamu melakukan flash HP untuk membersihkan HP kamu dari v1rus atau hal lain yang mengganggu sistem pada HP android.

Masalah serupa pernah dialami oleh kerabat saya yang mengalami tidak bisa mengakses internet pada HP nya walaupun sudah mengganti kartu operator beberapa kali, dan setelah melakukan flashing akhirnya ia bisa mengakses internet dengan kartu yang ia gunakan sebelumnya.

Periksa Kerusakan 

Jika semua cara dan solusi diatas tidak menyelesaikan masalah kartu tri tidak bisa terhubung ke internet, hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pemeriksaan komponen pada HP. Komponen yang dimaksud adalah hardware ya sob, jadi jika sudah menyangkut soal hardware maka kamu harus serahkan ke ahlinya yaitu teknisi HP.

Silakan kamu tanyakan problem yang dialami oleh HP android kamu, nantinya si teknisi akan mengetahui masalah pada HP tersebut. Jika sudah ditemukan masalahnya dan memungkinkan masih bisa di servis silakan kamu servis saja, siapa tau ini menjadi solusi terbaik untuk mengatasi kartu tri tidak bisa konek internet.

Penutup

Tidak terasa kita telah ada di ujung artikel yang artinya kamu telah membaca semua penjelasan penyebab dan solusi kartu 3 (Tri) tidak bisa terhubung ke internet. Saya harap dengan postingan ini bisa mengatasi masalah pada kartu tri yang kamu gunakan. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Solusi Kartu 3 (Tri) Tidak Bisa Terhubung Ke Internet"

close