Pengertian lanjay, pecas, pehung, matot, mulpis, dan istilah lainnya dalam jual beli

Dalam jual beli mungkin kita pernah mendengar istilah pehung, mulpis, TT, RP, lanjay, pecas, matot, BU, COD dan masih banyak yang lainnya. Jika sobat sudah lama terjun di dunia jual beli (JB), pastilah tidak akan bingung mendengar istilah tersebut. Tapi jika kalian baru mengenal dunia JB, tak salah jika sobat membaca pengertian dari istilah yang ada dalam jual beli.

Jual beli online sudah menjadi kegiatan yang banyak dilakukan banyak orang. Terutama di media sosial, orang orang memanfaatkan medsos untuk melakukan promosi, menjual, mencari barang, bahkan mencari pacar :D.

Alasan Orang Menggunakan Media Sosial dalam Melakukan Jual Beli

Seiring berkembangnya teknologi internet, kini semua orang bisa dengan mudah saling terhubung dan mencari sesuatu yang mereka butuhkan.

Contohnya Jual beli online, kegiatan ini merupakan kegiatan jual beli yang terbilang mudah, praktis dan apalagi ya? :v pokoknya banyak deh. Baca juga:Cara mudah dapatkan banyak like facebook tanpa autolike

Selain alasan diatas, ada juga beberapa alasan seseorang memilih Media Sosial dalam melakukan jual beli, yaitu:

Mudah berinteraksi antara penjual dan Pembeli

Ketika seseorang teman memposting status, pasti kita dengan mudah memberikan komentar atau menanyakan sesuatu yang terkait dengan isi status tersebut.

Begitupun Jual beli online dalam media sosial, ketika seseorang memposting produk/barang maka kita dengan mudah bisa menanyakan langsung keadaan barang tersebut.

Nah inilah yang dimaksud mudah berinteraksi antara penjual dan pembeli. Dengan demikian, kita jadi mudah menanyakan spek dari barang tersebut sebelum kita membelinya.

Tidak banyak memakan waktu dan biaya

Namanya juga jual beli online, pasti semua kegiatannya dilakukan dengan cara online / saling terhubung dalam jaringan internet.

Sekarang ini orang bisa dengan mudah terhubung di internet kapanpun dimanapun dengan menggunakan ponsel pintar.

Ketika kita melakukan jual beli Online, kita tinggal duduk santai, transfer uang dan menunggu barang datang ke alamat kita tinggal.

Berbeda dengan membeli barang langsung, kita harus pergi ke tempat yang menjual barang, pasti itu melelahkan.

Istilah istilah dalam jual beli beserta penjelasannya

Istilah-istilah jual beli pun menjadi bahasa pengiring yang dipakai dalam proses penjualan produk/barang.

Istilah dibawah ini mungkin berbeda arti, sebab istilah disini saya ambil dari bahasa daerah yang berbeda. Mungkin ada perbedaan dengan daerah masing-masing.

Oke, berikut beberapa istilah istilah dalam jual beli online yang perlu kalian ketahui:

COD (Cash On Delivery)

COD kepanjangan dari Cash On Delivery yaitu proses jual beli dimana penjual dan pembeli saling bertemu di sebuah tempat yang sudah disepakati oleh kedua pihak.

Tapi ada juga yang mengatakan bahwa COD itu merupakan layanan dimana pembeli membayar ketika barang yang dibelinya sampai di alamat pembeli tersebut.

Jadi tidak ada istilah "membeli kucing dalam karung" jadi bisa dikatakan ada barang ada uang.

Lanjay (lancar jaya)

Lanjay diambil dari dua kata yakni Lancar dan Jaya, jadi lanjay memiliki kepanjangan dari lancar jaya.

lanjay menandakan bahwa barang yang dijual masih dalam keadaan fresh atau tidak ada masalah sedikit pun. Ini kata yang sering di ucapkan penjual untuk meyakinkan pembeli.

Namun kita juga harus hati-hati ketika akan membeli barang dari per orangan dengan melakukan COD atau bayar ketika kita sudah melihat keadaan barang.

Pecas (Hape Casan)

Pecas yaitu singkatan dari hape dan casan (charger) ,ini berarti barang yang dijual hanya handphone dan casan doang tanpa aksesoris lainnya.

Kata ini banyak saya lihat di grup "Jual beli hp Tasikmalaya dan sekitarnya" namun kata ini juga dipakai di daerah lain karena bahasanya masih tergolong umum.

Pehung (hape hurung/hape nyala)

Pehung? Mungkin bagi kalian yang berada di daerah luar sunda asing dengan kata satu ini. Ya, karena kata ini diambil dari bahasa sunda.

Pehung atau hape hurung memiliki arti "hape nyala" ,ini menandakan bahwa handphone yang dijual masih dapat digunakan alias bisa nyala/hurung (dalam b. Sunda)

Matot (Mati Total)

Matot kepanjangan dari "mati total" adalah hape yang sudah mati total dan tidak bisa menyala. Eiittss..jangan salah ya, hp yang matot juga masih bisa dimanfaatkan dengan cara mengambil komponen yang masih bagus.

Banyak orang yang mencari komponen dari hp matot karena harganya lebih murah daripada membeli aslinya. Atau juga dikarenakan komponen yang dicari tidak dijual di toko.

Mulpis (Mulus Pisan)

Mulpis kepanjangan dari "mulus pisan" menandakan suatu barang yang masih mulus tanpa kerusakan dan cacat sedikitpun.

Ini banyak digunakan dalam jual beli online khususnya yang memakai bahasa sunda. Jadi bagi kalian yang berada di luar daerah sunda pasti jarang mendengar kata ini.

Penutup

Sebenarnya masih banyak istilah dalam jual beli online yang belum saya tulis seperti BU, REKBER, TT, BT, RP dll. Tapi apalah, saya tidak mau membuat sobat bosan dengan postingan saya ini.

Oke, jadi cukup sekian yang bisa saya tulis tentang pengertian lanjay, pecas, pehung, matot dan mulpis dalam Jual Beli online. Semoga dapat menambah wawasan sobat dalam dunia jual beli online.
Anda telah membaca postingan Pengertian lanjay, pecas, pehung, matot, mulpis, dan istilah lainnya dalam jual beli , semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

0 Response to "Pengertian lanjay, pecas, pehung, matot, mulpis, dan istilah lainnya dalam jual beli "

Post a Comment

Rules Komentar:
¤ Pakailah bahasa yang baik
¤ Komentar Spam akan dihapus
¤ Link aktif akan dihapus, jika ingin bertukar link silakan menuju halaman partner

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel

close
SELAMAT DATANG DI BLOG AGUNG HOSTKEY, BLOG PERSONAL BERBAGI TUTORIAL, ANDROID, SERTA INFORMASI MENARIK...