Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Tombol Share Email di Blogger

Hai Blogger!! Bagaimana kabar blognya hari ini? Meningkat? Normal? Atau menurun? Saya harap sobat blogger bisa tetap konsisten untuk membangun blognya masing-masing. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial tentang cara memasang tombol share button email atau email share button pada blogspot.
share button email, membuat tombol share email

Artikel ini dibuat karena saya baru saja memasang email share button dan saya bermaksud untuk membagikan caranya kepada sobat blogger semua. Kenapa kok sampai dibuatkan postingannya?? Alasannya yaitu karena tidak ada blog yang membuat artikel cara nemasang tombol share email di blog, jadi saya buatkan artikelnya. Maklum lah saya kan pejuang keyword sepi :D hehe

Alasan lain saya membuat postingan cara membuat tombol share button email adalah karena untuk menggantikan tombol share Google Plus, karena tak lama lagi Google Plus akan dihapus oleh google. Ribet juga kan kalau saya menghapus tombol sharenya, karena pasti harus mengatur CSS nya lagi. Jadi supaya tidak ribet, saya ganti saja pakai tombol share yang lain yaitu tombol share email.

Oh ya, admin sempat bingung dengan pemasangan tombol share email di blog ini, kenapa? Karena hampir tidak ada blog dan website yang memberikan caranya. Admin sudah browsing di google dengan keyword "cara membuat tombol share button email di blog" tapi hasilnya nihil.

Akhirnya saya pun mencoba browsing dengan menggunakan kewyord bahasa inggris dengan kata kunci "email share button for blogger" dan saya pun menemukan source kode di salah satu forum ternama yaitu pada forum stackoverflow.com ,disana saya menemukan kode email share button untuk blogger lalu saya memasangnya dan kode tersebut berfungsi dengan baik.

Cara Memasang Tombol Share Email Di Blogger

Oke jika sobat ingin memasangnya juga di blog masing-masing, silakan ikuti tutorialnya dibawah ini. Disini saya memakai template EvoMagz buatan Mas Sugeng, jadi kemungkinan ada sedikit perbedaan dengan template yang sobat gunakan saat ini,

Cara 1 : Mengganti Tombol Share Button lain Dengan Share Button Email

Ini bagi sobat yang ingin mengganti tombol share button yang sudah ada dengan tombol share button email, caranya: Silakan cari kode html yang memuat tombol share button, sebagai contoh disini saya akan mengganti tombol share G+, maka cari kode plus.google.com/share? Kurang lebih seperti ini:
<a class='googleplus' expr:href='&quot;http://plus.google.com/share?url=&quot; + data:blog.url' rel='nofollow' target='_blank'><i class='fa fa-google-plus'/></a>
Lalu ganti dengan kode berikut:
<a class='emails' expr:href='&quot;mailto:?subject=&quot; + data:post.title + &quot;&amp;body=&quot; + data:post.url' rel='nofollow' title='Share Via Email'> <i class='fa fa-envelope'/></a>
Silakan sobat atur class nya beserta kode CSS nya terlebih dahulu. Caranya cari kode class CSS, kode class CSS diatas adalah googleplus maka cari kode CSS nya dan ubah menjadi :
.emails { background: gray; }
Terakhir silakan simpan template.

Cara 2 : Menambahkan Tombol Share Email di Blogger

Jika sobat sebelumnya sudah memiliki tombol share sebelumnya dan ingin menambahkan tombol share di blogger silakan tambahkan saja kode dibawah ini di kode html share button template masing-masing  :
<a class='emails' expr:href='&quot;mailto:?subject=&quot; + data:post.title + &quot;&amp;body=&quot; + data:post.url' rel='nofollow' title='Share Via Email'> <i class='fa fa-envelope'/></a>
Silakan atur class nya sesuai keinginan sobat.

Penutup

Mungkin setiap template berbeda beda, jadi mohon maaf jika ada ada kesulitan dalam pencarian kode tag. Tapi yang terpenting itu adalah kode share emailnya, jadi sobat tinggal tambahkan atau ganti tombol share button yang ada pakai kode share email itu. Ok cukup sekian postingan saya kali ini tentang cara memasang tombol share button email di blogger. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat blogger.

2 komentar untuk "Cara Memasang Tombol Share Email di Blogger"

Rules Komentar:
¤ Pakailah bahasa yang baik
¤ Komentar Spam akan dihapus
¤ Link aktif akan dihapus, jika ingin bertukar link silakan menuju halaman partner

close