Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Gambar Montase Pemandangan Alam, Laut dan Pantai

Contoh Gambar Montase Pemandangan Alam Pantai dan Laut - Bagi kalian yang sedang mencari contoh gambar montase, tepat sekali kalian buka artikel ini, karena disini saya akan memberikan beberapa gambar montase pemandangan yang bisa kalian download secara gratis.

Montase termasuk jenis seni yang mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas terutama di indonesia. Montase atau dalam bahasa inggrisnya montage merupakan jenis karya seni tempel menempel untuk menciptakan sebuah karya seni gambar.

Apa Itu Montase?

Montase adalah komposisi gambar yang dihasilkan dari pencampuran unsur dari beberapa sumber. Awalnya montase terbatas pada karya dua dimensi, namun seiring berkembangnya sekarang menjadi karya 3 dimensi (sumber;KBBI)

Jadi, Karya seni montase dibuat dari berbagai gambar yang nantinya disatukan dan diatur sehingga menyatu serta saling tumpang tindih, yang membentuk sebuah gambar 2 dimensi atau 3 dimensi. 

Jadi untuk membuat montase, harus ada alas yang sudah terdapat sketsa supaya memudahkan dalam pembuatan gambar montase. 

Karya seni montase ini sering dibuat oleh anak SD dengan tema pemandangan alam atau lingkungan, dan bahannya juga didapatkan dari alam seperti tumbuhan, daun. Selain itu biasanya guru juga memberikan edukasi tentang memanfaatkan buku/majalah bekas.

Sebagai contoh membuat gambar montase bunga dari majalah, kemudian gambar bunga dipotong dan ditempelkan diatas permukaan kertas atau permukaan alas kertas.

Selain itu tema yang biasa dipakai adalah gambar montase pemandangan alam, laut, pantai dan lainnya. Sehingga diperlukan contoh gambar montase pemandangan alam supaya memudahkan dalam proses pembuatan gambar montase.

Bahan, Teknik dan Cara Membuat Gambar Montase

Jadi sebelum kalian membuat gambar montase, ada beberapa teknik dan cara membuat gambar montase yang harus kamu pahami dan ada beberapa bahan dan alat yang harus kamu siapkan terlebih dahulu.

Bahan dan Alat

Untuk bahan, kamu bisa mencari referensi di majah atau buku bekas yang ada gambar pemandangan pohon, bunga dan lainnya. Serta bahan yang harus kamu siapkan sebagai berikut:

  • Gunting.
  • Lem untuk merekatkan kertas.
  • Crayon atau pensil warna.
  • Buku gambar atau kertas HVS, untuk menempelkan gambar.
  • Buat Tema dan Konsep Gambar Montase

Kamu juga perlu membuat sketsa gambar montase apa yang akan kamu bikin dan sumber gambar dari mana. Disini saya akan memberikan beberapa contoh gambar montase pemandangan alam, contoh gambar montase pemandangan laut dan contoh gambar montase pemandangan pantai.

Contoh Gambar Montase Pemandangan Alam

Gambar montase pemandangan alam cocok untuk kamu yang pecinta alam. Nah berikut admin akan berikan beberapa contoh gambar montase pemandangan yang bisa kalian tiru untuk membuat gambar montase.
Gambar Montase Pemandangan alam, Contoh Gambar Montase Pemandangan alam

Gambar Montase Pemandangan alam, Contoh Gambar Montase Pemandangan alam

Contoh Gambar Montase Pemandangan Pantai

Gambar montase pemandangan pantai memang bagus dipandang, berikut admin kasih conto gambarnya 
Gambar Montase Pemandangan pantai, Contoh Gambar Montase Pemandangan Pantai

Gambar Montase Pemandangan pantai, Contoh Gambar Montase Pemandangan Pantai

Contoh Gambar Montase Pemandangan Laut
Selanjutnya ada gambar montase pemandangan laut yang tentunya di dalam ekosistem laut ada ikan, terumbu karang, bintang laut dan hewan laut lainnya.
Gambar Montase Pemandangan laut, Contoh Gambar Montase Pemandangan laut

Gambar Montase Pemandangan laut, Contoh Gambar Montase Pemandangan laut

Fungsi Karya Seni Montase

  • Karya seni montase dapat mengembangkan daya serap, emosi, daya pikir, dan kreativitas pembuat montase. Disebut dengan fungsi edukatif.
  • Fungsi praktis, merupakan fungsi yang terdapat pada benda dalam kehidupan sehari-hari, yang dapat digunakan untuk dekorasi atau hiasan pada rumah.
  • Teknik montase yang menggunkan berbagai macam bahan dan tekstur sehingga dapat membantu menuangkan berbagai ekspresi. Ini termasuk kedalam fungsi ekspresi 
  • Gambar Montase yang dihasilkan menjadi suatu karya yang menarik dan unik, sehingga diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan modal kreativitas. Termasuk fungsi sosial.
  • Pada saat kamu  menuangkan sebuah karya dengan menuangkan semua emosi, ide yang dapat menimbulkan kepuasan dan rasa senang sehingga dapat mengurangi beban pesikologi. Hal ini termasuk dalam fungsi pesikologi.

Nah oke mungkin cukup sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat dan sekarang giliran kamu praktekkan dengan membuat karya montase kamu sendiri, selamat berkarya.