Akun Facebook Komentar Sendiri? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi

Akun facebook sobat melakukan komentar sendiri? Atau kalian pernah melihat orang lain yang mengomentari status facebook sobat dengan kalimat acak acakan dan berantakan? Ya, itulah yang banyak ditanyakan oleh teman facebook kepada saya.

Banyak orang yang bingung dengan masalah satu ini. Karena mereka yang mengalami hal demikian mengira bahwa ini adalah pekerjaan tangan usil para hac*ker.

Dengan alasan itulah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi sekaligus untuk menjawab kebingungan yang selama ini kalian rasakan.

Postingan ini admin bagi dalam beberapa topik, yakni:
  1. Akun facebook berkomentar sendiri
  2. Penyebab akun facebook berkomentar sendiri
  3. Cara mengatasi akun facebook berkomentar sendiri
  4. Apa akun saya di hack?
  5. Kesimpulan
  6. Penutup

Akun Facebook Berkomentar sendiri?

Jika akun facebook sobat tiba tiba melakukan komentar dengan sendirinya pasti membuat sobat bingung kan? Saya sebut kasus ini dengan "komentar hantu", wihh serem :D

Inilah yang dirasakan oleh orang yang mengalami masalah komentar hantu yang baru-baru ini saya ketahui. Ini contoh komentar hantu yang dimaksud.

Kasus ini sebenarnya sudah lama menjadi tanda tanya bagi pengguna facebook. Namun saya baru mengetahuinya pada saat beberapa teman saya mengalami masalah tersebut.

Pasalnya saya kira teman saya itu hanya iseng dengan melontarkan komentar acak acakan seperti itu. Ya saya anggap wajar lah, dengan komentar tersebut.

Tapi karena saya penasaran, saya coba menanyakan ke teman saya yang berkomentar dengan kalimat berantakan dan ternyata dia tidak melakukan komentar seperti itu. Bahkan dia tidak menyadarinya sama sekali.

Tak lama kemudian, teman saya yang lainnya pun mengalami hal sama dan menanyakan hal ini kepada saya. Disitulah saya bingung dan penasaran.

Ternyata banyak teman facebook saya, dan mungkin orang lain juga banyak juga yang mengalami msalah tersebut.

Dengan inilah saya mulai mencari fakta ke berbagai sumber. Hasilnya saya menemukan titik terang namun masih ada pendapat yang berbeda. Saya sudah menemukan penyebab dan cara mengatasi akun facebook berkomentar sendiri.

Penyebab akun facebook berkomentar sendiri

Menurut beberapa sumber, penyebab akun facebook berkomentar berantakan adalah tak lain karena ulah BOT, bukan ulah tangan manusia.

Melihat dari bentuk komentarnya, memang terlihat ada kesamaan dengan orang lain yang megalami komentar virus ini.

Ini adalah contoh kalimat komentar hantu dari 2 akun berbeda:

Seperti yang kita lihat, ada persamaan dari kedua isi komentar diatas, ya sama sama memakai kalimat acak dan ada tanggal lahir yang tercantum dalam isi komentar tersebut.

Sudah pasti ini adalah kerjaan BOT. Ini disebabkan oleh orang yang memakai tools pihak ketiga seperti autolike, auto comment, auto add, bot like (like otomatis) dan masih banyak lagi.

Sebab, jika kita menggunakan tools tersebut pastilah data akun facebook tersimpan di server atau database situs tersebut untuk bisa melakukan autolike dan semacamnya.

Tapi jika kalian ingin menggunakan cara aman melakukan bot reaction, bisa baca pada postingan saya tentang cara memakai bot reaction facebook.

Menurut saya apa sih manfaat autolike? Padahal yang like bukan akun orang asli, melainkan akun robot. Padahal msih ada cara supaya dapatkan banyak like facebook tanpa autolike.

Biasanya yang dibutuhkan oleh situs macan itu adalah kode ACCES TOKEN FACEBOOK. Yaitu kode yang dimiliki setiap akun untuk melakukan semua kegiatan.

Sudah kita ketahui bahwa ACCES TOKEN adalah hal yang privasi dan tidak boleh diketahui oleh orang lain. Maka dari itu kita harus menjaga sebaik baiknya kode tersebut.

Cara Mengatasi Akun Facebook Berkomentar Sendiri

Pasti kalian resah dengan komentar hantu tersebut, dan berupaya ingin mengatasinya supaya tidak terulang lagi hal demikian.

Saya sudah menemukan solusinya menurut logika dan menurut saya cara ini ampuh 90% untuk menghentikan serangan komentar hantu.

Dengan Mengganti Kata Sandi Akun

Emang bisa min? Ya karena penyebab komentar hantu yaitu karena tersimpannya ACCES TOKEN di server situs lain. Sementara ACCES ACCES adalah kode yang mempunyai masa aktif/masa expired.

Nah salah satu cara supaya ACCES TOKEN expired adalah dengan cara mengganti password akun facebook itu sendiri.

Dengan ini, ACCES TOKEN yang tersimpan di web server sudah tidak valid lagi karena, ini menyebabkan BOT tidak bisa melakukan kegiatan apapun terhadap akun facebook terkait.

Apakah akun saya di hack?

Hmm...seperti yang sudah saya bilang bahwa ini dilakukan oleh BOT, bukan oleh tangan manusia. Jadi kemungkinan akun sobat tidak dihack.

Tapi, untu berjaga jaga sebaiknya sobat amankan akun dengan cara melakukan ganti password terhadap akun yang terkait.

Sebab, ini adalah salah satu celah yang yang ada di situs tersebut. Siapa tau ada orang yang jail dan memanfaatkan celah tersebut untuk mencuri semua data akun yang tersimpan.

Kesimpulan

Jadi ini bukanlah kasus peretasan akun oleh orang jail. Melainkan korban BOT yang disebabkan oleh situs tools seperti autolike. Jadi berhati hatilah dalam melakukan sesuatu yang melibatkan akun facebook.

Jangan sampai akun facebook yang sudah lama dan menyimpan banyak kenangan hilang begitu saja karena kecerobohan sobat. Mencegah lebih baik daripada mengobati, menjaga lebih baik daripada mengatasi.

Penutup

Mungkin cukup sekian postingan saya kali ini tentang akun facebook yang melakukan komentar sendiri. Semoga dengan postingan ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Jangan lupa share bila postingan ini bermanfaat.
Anda telah membaca postingan Akun Facebook Komentar Sendiri? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi, semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Akun Facebook Komentar Sendiri? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi"

  1. Kalau akun facebook yang mengirim link yang tidak jelas ke beranda kita apakah itu merupakan ulah bot juga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika itu terjadi berulang kali bisa jadi itu ulah bot gan, tapi gk tau juga kalo masalahnya gitu ,soalnya saya blm pernah ngalamin

      Delete

Terima Kasih telah berkunjung
Silahkan berkomentar bila ada artikel yang kurang jelas
Berkomentarlah yang baik :)

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel