Inilah Fakta Tombol Hitam Yang Bikin Whatsapp ngelag

Tombol hitam yang bikin whatsapp ngelag- Pernahkan kalian menerima pesan yang berisi tombol hitam yang dikirim oleh seseorang lewat pesan whatsapp?. Pasti kalian penasaran dengan tombol yang dimaksud.

Whatsapp menjadi aplikasi chatting yang sedang naik daun. Bagaimana tidak, aplikasi satu ini menjadi aplikasi chatting yang paling banyak penggunanya. 

Pada jangka waktu yang tidak lama, whatsapp telah menjadi pesaing aplikasi chatting Blackbarry Mesenger (BBM). Kita sudah bisa menilai, semakin kesini pengguna BBM semakin menurun karena munculnya whatsapp. 

Tidak hanya itu, whatsapp sendiri ternyata tidak boros RAM, juga tidak banyak memakan kuota. Dengan kelebihan itulah banyak orang yang menggunakan whatsapp sebagai aplikasi chat utama.

Kelemahan pada whatsapp yang bikin Hp Crash/ Ngelag
Semakin banyak pengguna whatsapp, semakin mudah pula masyarakat saling terhubung dan menerima informasi termasuk pesan berantai yang sangat pesat tersebar.

Seperti halnya kata-kata yang dikatakan para ahli IT bahwa tidak ada sebuah sistem yang benar-benar 100% aman. Begitupula pada aplikasi chat whatsapp yaitu adanya suatu celah. 

Celah yang dimaksud yaitu sebuah kelemahan yang ada pada aplikasi tersebut. Celah yang dimaksud disini ada 2 buah yaitu:
  1. Pesan 4.0.4
  2. Pesan Tombol misterius
1. Pesan 4.0.4 yang membuat hp crash /Ngelag
Ini menjadi viral pada waktu lalu, pesan yang berisi tulisan 4.0.4 yang ditulis secara berulang dapat menyebabkan aplikasi whatsapp tidak merespon atau terhenti dengan  sendirinya.

Awalnya saya menerima info dari salah satu grup Facebook yang katanya mereka resah dengan pesan yang mereka terima berupa tulisan "4.0.4" yang membuat Ponsel pintar mereka ngelag. 

Tak lama kemudian saya menerima pesan serupa yang dikirim melalui grup  whatsapp, benar saja pada saat saya membuka grup tersebut hp saya pun mendadak ngelag dan tak bisa scroll pesan. Hingga akhirnya aplikasi whatsapp pun tidak merespon dan berhenti sendiri.

2. Tombol misterius yang bikin ngelag
Yang kedua ini isu yang masih hangat karena beberapa waktu lalu tepatnya awal tahun 2018.  pengguna whatsapp dihebohkan dengan pesan tombol pada whatsapp yang bikin hp ngelag. 

Yang saya tahu tombol ini berupa tombol hitam dan gambar telur. Pesan ini terlihat seperti pesan biasa pada umumnya dan tidak mencurigakan seperti pesan whatsapp 4.0.4 tadi.

Awalnya saya tidak mempercayai bahwa jika menekan tombol itu hp akan menjadi ngelag. Karena saya belum pernah menerima pesan itu mungkin :D. 
Pesan tombol ngelag
Tapi pas kemarin saya menerima pesan whatsapp seperti pada gambar diatas. Saya sempat tidak mempercayai, namun karena penasaran saya coba menekan tombol telur itu dan apa yang terjadi? whatsapp saya pun mendadak menjadi beku (ngelag) dan susah discroll dan akhirnya muncul notif seperti dibawah ini.

Disitulah saya mempercayai bahwa memang benar jika menekan tombol itu maka aplikasi whatsapp akan ngelag, tidak merespon dan akhirnya terhenti. 

Inilah Fakta Tombol hitam yang bikin whatsapp ngelag 
Lalu apa sih tombol hitam yang bikin whatsapp ngelag tersebut? Nah banyak orang yang menanyakan hal itu. Karena memang ini adalah hal yang unik dan aneh :D. 

Banyak pula yang menanyakan "apa tombol hitam itu adalah virus ?" Jawabannya adalah bukan. Karena ini berupa pesan dan termasuk kategori kode.

Tombol hitam yang dimaksud merupakan bentuk format kode pemrograman ASCII. ASCII singkatan dari American Standard Code for Information Interchange, Merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode tetapi ASCII lebih bersifat universal, contohnya 124 adalah untuk karakter "|" (sumber: wikipedia)

Jadi, kode ASCII ditulis setelah kode <⚫> diselipkan kode ‎ dan ‏ secara bergantian dan berulang-ulang secara terus-menerus hingga keduanya berjumlah hingga ratusan dan hampir seribu.

Dengan arti saat tombol itu disentuh, aplikasi harus menampilkannya tetapi karena bebannya terlalu berat karena kode yang menumpuk membuat aplikasi menjadi terbebani hingga ngelag dan terhenti sendiri. 

Jika kita sudah mengetahui cara kinerja tombol hitam itu, ternyata ada kesamaan dengan pesan 4.0.4 yang bikin error. karena tugasnya sama yaitu membebani kinerja aplikasi. 

Lalu apa yang dimaksud dengan lrm dan rlm ?

  • lrm maksudnya Left-to-right mark artinya tanda kiri ke kanan.
  • rlm Right-to-left mark maksudnya tanda kanan ke kiri.
 Tapi kenapa kode tersebut tidak terlihat? Memang kode tersebut tidak ditampilkan/terlihat, tapi hanya ditampilkan oleh sistem sebuah aplikasi. 

Cara mengatasi tombol hitam whatsapp yang bikin ngelag
Pesan tombol hitam ini tidak terlalu parah menurut saya, dibandingkan dengan pesan 4.0.4. Karena waktu ngelagnya pun tidak terlalu lama hanya berlangsung kurang lebih 5-10 detik saja. 

Cara mengatasi pesan tombol hitam itu dengan cara tidak menekan tombol hitam nya :D hehe. Karena jika kalian tidak menekan tombolnya maka kalian biasa saja. 

Atau jika perlu, pas kalian menekan tombol hitam tersebut kalian langsung tekan tombol home untuk menghindari dari lag. 

Tidak seperti pesan 4.0.4 yang hanya membuka nya saja bisa ngelag gak tertong :D bahkan saat notifikasi pesan tersebut sudah ngelag duluan. 

Gimana, sekarang sudah paham bukan? tentang 
Fakta Tombol hitam yang bikin whatsapp ngelag. Saya harap postingan ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan. 



Anda telah membaca postingan Inilah Fakta Tombol Hitam Yang Bikin Whatsapp ngelag, semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

4 Responses to "Inilah Fakta Tombol Hitam Yang Bikin Whatsapp ngelag"

  1. Replies
    1. oke gan, semoga menjadi ilmu pengetahuan yang bermanfaat :)

      Delete
  2. oh iya imi gan, pernah liat juga. tapi gak di whatsapp, di line. kan ada yg komen teru sada gambar hitam gitu. kalau dutekan ngelag. wah iya beneran.. mungkin juga cara kerjanya kyk gini
    multitester digital

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan awalnya saya kita boongan kalo dipencet ngelag. Ehh pas dicoba baru tahu...

      Delete

Rules Komentar:
¤ Pakailah bahasa yang baik
¤ Komentar Spam akan dihapus
¤ Link aktif akan dihapus, jika ingin bertukar link silakan menuju halaman partner

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel

close
SELAMAT DATANG DI BLOG AGUNG HOSTKEY, BLOG PERSONAL BERBAGI TUTORIAL, ANDROID, SERTA INFORMASI MENARIK...