Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Free Fire Tidak Menanggapi Terbaru

Di artikel kali ini saya akan memberikan tutorial cara mengatasi free fire tidak menanggapi terbaru setelah update untuk tahun 2021 ataupun untuk tahun 2022 nanti. Jadi free fire merupakan game yang ramah device atau HP yang memiliki spek standar bisa memainkan game free fire ini.

Cara Mengatasi Free Fire Tidak Menanggapi Terbaru

Game yang terbilang ringan ini mampu dimainkan di HP yang memiliki spesifikasi minimal Memori Internal Free Space 500MB, RAM minimum 2GB, dan Android 4.0.3 + untuk di awal peluncuran game ini pada tahun 2017 lalu.

Dengan game yang dibilang ringan, tentunya banyak sekali kekurangan dari game FF ini salah satunya yaitu grafik nya yang terbilang smooth atau burik kalau kata orang yang tidak suka dengan game ini. 

Nah seiring berjalannya waktu dan banyaknya update an dari game ini maka semakin besar pula ukuran dan spesifikasi minimum HP untuk memainkan game free fire.

Masalah Free Fire Tidak Menanggapi

Bagi kalian yang dulu nya bisa main FF di HP yang kalian miliki tapi setelah update malah ada masalah free fire tidak menanggapi sehingga kalian gagal login ke game nya. Banyak sekali yang mengalami masalah seperti ini dan bukan hanya kalian saja.

Jadi disini saya akan memberikan penyebab dan juga cara mengatasinya:

Tutup Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

Jika kalian sering membuka aplikasi secara bersamaan di satu waktu maka alangkah baiknya kalian tutup terlebih dahulu supaya kinerja HP tidak terlalu berat apalagi jika RAM HP kalian kurang besar untuk membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu.

Tapi jika RAM kalian besar, maka bukan ini penyebabnya dan kalian gak perlu menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Hapus Cache Aplikasi Free Fire

Menghapus cache merupakan salah satu hal yang penting dilakukan, apalagi bagi kalian yang sudah lama memainkan game Free Fire tapi tidak pernah membersihkan file cache, karena cache yang terlalu menumpuk juga akan membuat kinerja aplikasi termasuk game FF menurun sehingga akan terjadi error-error salah satunya ya aplikasi tidak menanggapi bahkan force close.

Jadi sebaiknya silakan kalian rutin membersihkan cache dari game free fire.

Unistall Aplikasi Lain

Jika sebelumnya kalian mendownload beberapa aplikasi di HP kalian lalu setelah itu game Free Fire kalian bermasalah maka tidak ada salahnya jika kalian coba unistall beberapa aplikasi supaya ruang penyimpanan kosong.

Install Ulang Free Fire di PlayStore

Salah satu cara untuk mengatasi FF tidak menanggapi adalah dengan cara install ulang gamenya lewat plastore, ini dilakukan jika mungkin saja sebelumnya kalian mendownload file data seperti konfig sehingga membuat game FF crash / error pada saat dibuka.

Selain itu, ini berguna jika ada file yang hilang terhapus di HP kalian atau juga ini berguna untuk mengupdate game ke versi yang lebih baik dengan mendownload file tambahan.

Cek Spesifikasi Minimum HP

Yang terakhir, jika kalian masih juga mengalami masalah FF tidak menanggapi maka silakan kalian cek spesifikasi HP kalian, karena untuk spesifikasi untuk memainkan game free fire dulu dan sekarang sudah berbeda. 

Jadi untuk sekarang ini sesuai yang sudah saya baca di halaman garena support, spesifikasi minimum untuk memainkan game free fire di tahun ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi  minimum untuk dapat memainkan Free Fire di perangkat Android adalah:
  • OS                  : Android 4.4
  • CPU               : Dual Core 1.2GHz
  • RAM              : 1GB
  • Penyimpanan : 1.5GB +
Untuk perangkat iOS persyaratan minimum adalah:
  • OS                 : iOS 9
  • CPU              : Iphone 5s
  • RAM             : 1GB
  • Penyimpanan: 1.5GB +
Untuk kinerja yang baik, rekomendasi persyaratan kami adalah:

Untuk perangkat Android:
  • OS                : Android 7
  • CPU             : Octa-core 1.8GHz
  • RAM            : 3GB
  • Penyimpanan: 3GB+
Untuk perangkat iOS:
  • OS                : iOS 11+
  • CPU             : Iphone 7
  • RAM            : 3GB
  • Penyimpanan: 3GB+
Nah jadi silakan kalian komentar dibawah, kalian memakai HP apa dan tuliskan juga spesifikasinya untuk mengetahui apakah HP kalian masih diatas spesifikasi minimum atau dibawahnya, oke sekian artikel cara mengatasi free fire tidak menanggapi terbaru semoga bermanfaat.