Cara Mengarahkan Subdomain Ke Hosting 000webhost Dengan CNAME

Cara mengarahkan subdomain ke hosting 000webhost dengan Cname - Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial sekaligus pengalaman tentang cara mengarahkan subdomain ke hosting 000webhost menggunakan mode cname. Mengarahkan disini yaitu sama saja dengan memasang domain pada umumnya, tetapi disini bukan memasang domain tetapi memasang subdomain.
cara mengarahkan subdomain ke 000webhost

Beberapa waktu lalu tepatnya pada akhir bulan Desember 2018 web tools saya di banned oleh pihak hosting 000webhost. Bukan hanya data-datanya saja yang hilang, saya juga kehilangan domain yang dipasang di web tersebut.

Berhubung web tersebut merupakan web tools yang saya gunakan untuk membantu memudahkan dalam membuat artikel tutorial, akhirnya semua artikel yang saya pasangi link web tools tersebut harus saya ganti karena jika tidak maka akan memunculkan status 404.

Disitu saya berniat untuk menghubungkan subdomain dari domain utama saya (agunghostkey.com) ke web saya yang dihosting di 000webhost. Saya pun mulai mencari tutorial di google namun tidak ada blog yang memberikan tutorialnya, tapi kebanyakan tutorialnya berisi tentang cara mengarahkan domain dan bukan subdomain yang saya maksud.

Akhirnya saya memutuskan untuk menghubungi admin hostinger yang kebetulan itu merupakan tempat saya membeli domain. Setelah tanya-tanya tetapi admin mengatakan bahwa tidak bisa suatu subdomain di hubungkan ke web hosting lain, apalagi ke hosting 000webhost yang gratisan dan serba terbatas. Memang pada saat itu saya memilih hosting yang free :D.

Tapi setelah saya mencoba dan sempat gagal akhirnya usaha saya berbuah manis sehingga web hosting 000webhost milik saya bisa dihubungkan ke subdomain saya yang terdaftar di hosting lain. Jadi sobat tidak perlu mencopot dahulu domain utama karena kita masih bisa menggunakan subdomain untuk dihubungkan ke web hosting lain.

Cara Mengarahkan Subdomain Ke Hosting 000webhost Dengan CNAME

Nah bagi kalian yang ingin mengetahui caranya silakan simak caranya dibawah ini:

Pertama sobat harus siapkan bahannya yaitu akun hosting beserta webnya yang di daftarkan di 000webhost, bisa daftar secara gratis atau pun premium.

Sobat juga harus mempunyai sebuah domain utama (bukan subdomain), disini saya menggunakan domain di hostinger. Bagaimana kalo registar di web lain? Bisa kok, cuma mungkin ada perbedaan tampilan pengaturan DNS Zone nya.

Jika bahan-bahan sudah ada, selanjutnya silakan sobat masuk ke akun cpanel dimana domain sobat di daftarkan. Silakan pilih domain sobat, dan akses halaman DNS Zone. Nah disini kita masukkan data data web hosting 000webhost yang diperlukan seperti dibawah ini:

Setting A Host

Silakan sobat buat A Record baru dengan cara klik tombol tambahkan. Untuk baris "HOST" sobat isi dengan nama subdomain yang aka dipakai, Misal saya akan buat subdomain web.agunghostkey.com maka isi baris "HOST" dengan awalan subdomainnya saja yakni "web" (tanpa tanda petik).

Silakan buat 2 buah A Record untuk A Record pertama sobat isi dengan nama subdomain tadi dan arahkan ke ipv4 nameserver 000webhost yaitu 153.92.2.6 lalu save

Untuk A Record kedua sobat isi juga dengan nama subdomain dan arahkan ke ipv4 nameserver 000webhost yaitu 153.92.2.7 lalu save. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar dibawah:

Setting CNAME

Jika sudah setting A Host, sekarang kita tinggal setting bagian CNAME. Untuk kolom "HOST" sobat isi dengan awalan subdomain seperti tadi lalu arahkan ke alamat web 000webhost sobat yang akan dipasang subdomain. Contoh: webanda.000webhostapp.com lalu save. Silakan lihat gambar dibawah ini:

Setting Domain di 000webhost

Sekarang sobat perlu mengarahkan domain di 000webhost menggunakan subdomain yang sudah sobat buat tadi. Silakan sobat masuk ke akun hosting 000webhost, pilih website yang akan dipasang subdomain, silakan menuju halaman "Tetapkan Web adress"

Silakan tambahkan domain baru, lalu pilih metode "Arahkan Domain" dan klik "selanjutnya" ,lihat gambar:
Nanti akan ada halaman point domain, isi kolom domain dengan subdomain yang tadi sobat buat, seperti contoh saya mengisi subddomain dengan web.agunghostkey.com .Jangan lupa centang web yang akan dipasang subdomain lalu klik "simpan", lihat gambar:

Sampai disini sebenarnya sobat sudah bisa memasang subdomain di 000webhost tanpa mengubah nameserver domain utama. Tapi jika masih gagal, kemungkinan ada yang salah pada saat menambahkan A Record dan CNAME. Untuk melihat subdomain sudah terpasang atau tidak silakan sobat tes subdomain baru sobat.

Oke cukup sekian postingan saya kali ini tentang cara mengarahkan subdomain ke hosting 000webhost dengan CNAME, jika ada yang masih bingung silakan berkomentar dibawah...
Anda telah membaca postingan Cara Mengarahkan Subdomain Ke Hosting 000webhost Dengan CNAME, semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengarahkan Subdomain Ke Hosting 000webhost Dengan CNAME"

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung
Silahkan berkomentar bila ada artikel yang kurang jelas
Berkomentarlah yang baik :)

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel