Cara Mengetahui Web Phising dan Cara Menghindarinya

Web phising sudah menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh para penipu dalam melakukan aksinya. Sekarang ini, web phising menjadi ikon yang meresahkan di media sosial.

Maka dari itulah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi seputar web phising, cara mengetahui web phising, dan cara menghindarinya.

Apa itu Web Phising?

Phising adalah salah satu metode yang digunakan untuk melakukan penipuan dengan tujuan mengambil data akun dengan cara mengelabui target.

Phising sebenarnya memiliki arti memancing "fishing". Artinya phising sama saja dengan metode untuk memancing korban agar mereka memasukan data mereka di halaman palsu itu.

Jadi, Web phising adalah suatu situs palsu dengan tampilan yang mirip dengan situs aslinya. Biasanya web phising ini hadir dengan iming iming yang membuat targetnya tertarik

Dengan arti, web phising sudah di modifikasi oleh pemiliknya supaya jika ada orang yang memasukan data mereka maka otomatis data tersebut terkirim ke email pembuat web tersebut.

Biasanya web phising menggunakan form login dengan menggunakan kode pemrograman php. Ini dimaksudkan supaya web tersebut bisa mengirimkan data sesuai dengan perintah dari kode php tersebut.

Biasanya web satu ini beredar banyak di media sosial yang terkait. Misalnya di facebook banyak sekali orang yang menyebar link web phising facebook.

Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan para pemilik web phising dalam melakukan penipuan dan mendapatkan banyak korban.

Contoh Web Phising

Web phising memiliki tampilan yang berbeda beda sehingga bagi orang awam sulit untuk membedakan mana web phising dan mana yang bukan.

Sebagai contoh, dibawah ini ada beberapa contoh dari web phising yang sering muncul di media sosial.

Auto Like Facebook

Ini bentuk web phising yang paling popular di kalangan pengguna facebook. Karena banyak orang yang ingin mendapatkan banyak like, maka cara inilah yang mereka lakukan.

Namun bagi orang yang tidak bertanggung jawab hal ini dimanfaatkan untuk melakukan tindak penipuan dengan cara membuat web serupa dengan tujuan mencuri data akun korban.

Jadi bagi kalian yang ingin menggunakan auto like facebook, alangkah baiknya kalian melakukannya di web yang terpercaya.

Pulsa dan Kuota Gratis

Sekarang zamannya serba internet, jadi tak heran jika semua orang membutuhkan kuota dan pulsa untuk melakukan koneksi seperti membuka media sosial dll.

Web Phising Game

Sekarang, video game menjadi hal yang banyak digemari oleh anak milenial masa kini. Bagaimana tidak, sekarang ini hampir semua orang baik muda maupun tua memiliki ponsel pintar yang berisikan game.

Apalagi game online, kita bisa bermain bersama orang lain yang jauh melalui game online. Ini menjadi hal yang menyenangkan karena kita bisa bermain bersama orang lain bukan dengan BOT.

Setiap game online, pasti ada saja item atau hal yang dapat memudahkan dalam bermain game yang harus dibeli dengan voucher, pulsa dan lainnya. Namun banyak orang yang mengeluhkan akan hal itu.

Disinilah pemilik web phising hadir dengan cara membuat tampilan seperti situs game tersebut dengan memberikan embel embel item gratis. Korban hanya diminta untuk memasukan data data tertentu seperti email dan password akun game tersebut jika ingin mengambil item gatis tersebut.

Banyak sekali contoh lainnya, namun saya hanya bisa menyebutkan sebagian nya saja. Karena waktu yang tidak banyak, serta sobat pembaca yang sudah mulai bosan :D hehe...

Cara Mengetahui web phising

Lalu "bagaimana supaya kita terhindar dari jebakan web phising? Berhubung tampilan web phising sama percis seperti tampilan situs aslinya, maka kita bisa mengetahui dan membedakan mana web phising dan mana web asli:

Lihat Alamat Url/link situs

Nah, ini cara yang paling mudah untuk membedakan dan mengetahui mana web phising dan mana yang bukan.

Seperti contoh media sosial facebook, jika alamat url dimulai dari domain / alamat url facebook.com , sudah dipastikan bahwa halaman tersebut asli milik facebook.

Tapi jika domainnya berbeda jauh dengan situs aslinya maka dipastikan itu adalah web phising. Ada beberapa domain yang kemungkinan domain web phising , yaitu domain dengan akhiran: .ga .cf .gq .tk .ml . Karena domain tersebut didapatkan secara gratis.

Tapi phising tidak tergantung pada domain yang dipakai, namun sesuai isi dari web tersebut. Jadi perhatikan dahulu jika kalian ingin login akun di sebuah situs.

Lihat Apa Yang Ditawarkan

Biasanya web phising berisi hal yang mudah didapatkan, misal dengan embel embel pulsa gratis, kuota gratis dll. Semua hal itu mustahil didapatkan hanya dengan cara yang mudah. Contohnya hanya dengan memasukan email dan pasword saja.

Jika pun itu work atau ada web yang memberikan pulsa gratis, mungkin semua konter/otlet pada gulung tikar karena pengguna internet tidak perlu membeli kuota dan pulsa lagi.

Cara menghindari web phising

Cara menghindari web phising tentu bisa dilakukan dengan cara jangan sembarangan memberikan data atau memasukan data pada situs yang mencurigakan.

Jika kalian merasa sudah memasukan data akun seperti email dan password sebelumnya di situs yang mencurigakan. Maka segeralah sobat mengamankan akun dengan cara melakukan ganti password.

Penutup

Rasanya sudah dicukupkan sekian postingan saya kali ini semoga mulai hari ini ini semua bisa mengetahui dan membedakan mana web phising dan mana yang asli. Serta dilengkapi dengan cara menghindarinya.
Anda telah membaca postingan Cara Mengetahui Web Phising dan Cara Menghindarinya, semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Cara Mengetahui Web Phising dan Cara Menghindarinya"

  1. Jadi web phising itu memanipulasi seluruh informasi yang ada di web utama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak juga sih, tampilannya kadang ada yang berbeda dengan situs aslinya

      Delete
  2. Memang cara ini paling jos menyusup ke akun orang lain, perlu ke hati hatian pastikan alamat yang diakses sudah benar seperti yang sudah dijelaskan di atas

    ReplyDelete

Terima Kasih telah berkunjung
Silahkan berkomentar bila ada artikel yang kurang jelas
Berkomentarlah yang baik :)

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel