Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keren! Cara Membuat Pesawat Terbang Tenaga Karet Yang Bisa Terbang

Pesawat tenaga karet ini sangatlah menyenangkan jika dimainkan, apalagi bagi pecinta aeromodelling. Pesawat karet atau biasa disebut Rubber Powered Airplane adalah sebuah miniatur pesawat yang bisa terbang dengan bantuan tenaga karet layaknya pesawat remote control. Sesuai dengan namanya, pesawat ini digerakan oleh tenaga karet yang dihubungkan ke propeler atau baling-baling pesawat. Cara membuat pesawat model ini tidaklah banyak memakan biaya alias murah namun tidak murahan. 

Apa itu Pesawat Karet? atau Rubber Powered Airplane
Pesawat karet yaitu miniatur pesawat yang bisa terbang dengan menggunakan tenaga karet yang menyambung dengan propeler (baling-baling). Banyak sekali orang yang memainkan pesawat satu ini, baik itu anak-anak maupun orang dewasa tak jarang yang memainkan mainan satu ini. Dengan menggunakan bahan yang ringan dan kuat, menjadikan pesawat karet ini terbang dengan indah di angkasa. 

Karet, menjadi bahan pokok untuk membuat pesawat ini karena untuk sumber tenaga pendorong. Karet yang umum digunakan yaitu karet Super FAI Tan, karet ini dijual ditempat penyedia kebutuhan aeromodelling. Yang saya tahu tempat penjual dan sekaligus komunitasnya aeromodelling (termasuk pesawat karet) ada di daerah Lembang, Bandung. 

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat pesawat karet ini adalah steorofom, kayu balsa, kayu albasiah, dan kayu ringan lainnya. Namun yang banyak dipakai untuk membuat pesawat ini adalah kayu balsa yang bisa kalian beli di toko kayu. Bahkan ada toko yang khusus menyediakan bahan aeromodelling salah satunya menyediakan kayu balsa yang sudah dipotong tipis dalam berbagai ukuran. 

Jenis-Jenis pesawat Tenaga karet

Pesawat karet ini mempunyai 2 jenis bila dikelompokan dalam hal bentuk  dan lokasi penerbangannya. Jenis pesawat karet ada yang Indoor dan ada juga yang outdoor

Pesawat karet Indoor 

Seperti namanya, pesawat karet indoor ini biasanya diterbangkan di dalam sebuah tempat atau ruangan yang luas yang tidak ber angin. Dan jika dilihat dari bentuknya, pesawat karet jenis indoor ini memiliki ukuran yang kecil dan ringan dibandingkan jenis pesawat outdoor. 
Hangar Rat Indoo
Karena ukurannya yang kecil dan ringan, pesawat jenis ini harus terbang tanpa adanya angin. Karena jika pesawat ini terbang dalam keadaan udara ber-angin maka pesawat ini tidak akan terbang dengan baik karena ter ombang ambing oleh angin. 

Maka dari itu pesawat ini harus dimainkan didalam ruangan yang tidak ada angin sedikitpun. Jenis ini kebanyakan mengejar perolehan waktu terbang yang lebih lama dibandingkan jenis outdoor. Ada beberapa nama jenis pesawat karet indoor yaitu
  • Mini stik 
  • Hangar Rat Indoor
  • Baby Plane, Dll. 

Pesawat karet Outdoor

Berbeda dengan jenis sebelumnya, justru jenis ini adalah kebalikan dari jenis pesawat indoor. Jenis ini diterbangkan di luar lapangan dan tidak masalah jika ada angin ( asalkan jangan angin topan :D hehe ).  Pesawat jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dan biasanya menyerupai pesawat Remote Control.

Cessna 
Jenis ini bisanya diterbangkan di lapangan yang luas dan mengejar height atau ketinggian. Maka tak jarang pesawat karet jenis ini suka hilang tanpa jejak :D karena jenis ini tergolong liar. Dengan ukuran yang besar, pesawat ini memerlukan tenaga yang lebih besar untuk mendorong badan pesawat yang besar. 

Maka dari itu sebagian besar pesawat jenis ini memiliki waktu terbang yang lebih singkat. Ada beberapa nama jenis pesawat karet outdoor ,yaitu:
  • Prairie Bird
  • Mustang
  • Cessna, Dll. 

Cara Membuat Pesawat Tenaga Karet (Rubber Powered Airplane)

Oke sekarang kita menuju cara pembuatannya. Kenapa tidak beli saja yang siap pakai? Sebenarnya banyak yang menjual pesawat karet. Harganya pun tidak terlalu mahal (Jenis Mini stick) Tapi apa salahnya jika kita mencoba dahulu, sebab akan lebih menyenangkan jika membuat sendiri. 

Bahan-Bahan Membuat Pesawat Terbang Tenaga Karet

Berhubung saya juga belum begitu mahir membuatnya, jadi disini kita akan membuat pesawat karet indoor Hangar Rat Indoor

Siapkan bahan dan alat dibawah ini:
  1. Kayu balsa (bisa kayu albasiah bekas kursi yang ringan) Jangan menggunakan bambu
  2. Lem super glue (semacam lem korea)
  3. Gunting
  4. Cutter
  5. Kertas wajit (ketas yang tipis transparan)
  6. Penggaris besi
  7. Lem kayu atau lem kertas

Langkah Langkah Cara Membuat Pesawat Terbang Tenaga Karet 

Pertama silahkan print dahulu plan dibawah ini:
Setelah di print, kalian potong kayu tadi menjadi potongan kecil panjang, seperti lidi namun tidak bulat. Dan jiplaklah sesuai gambar plan yang sudah kalian print tadi. Yang kalian buat adalah sayap, ekor, dan penyeimbang ekor, kalian gunakan lem korea untuk menyambungkan setiap ujungnya. 

Setelah semua bagian dibuat, kalian tempeli bagian-bagian tadi dengan kertas wajit menggunakan lem kertas, lihat gambar:

Setelah ditempeli kertas, tunggulah sampai kering. Jika sudah kering, kalian ambil potongan kayu sesuai gambar plan tadi dan rakitlah pesawat kalian, 

Untuk cara pemasangan baling-baling, bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini:

Pasang lah karet kalau tidak ada karet FAI Tan, bisa gunakan karet gelang dengan cara disambung. Inilah hasil akhir pesawat karet yang sudah jadi:

Pesawat pun siap untuk diterbangkan, Cara menerbangkannya yaitu dengan cara memutar dahulu baling baling sehingga karet menggulung . Lalu terbangkan seperti menerbangkan pesawat kertas. 

Oke itulah tutorial tentang cara membuat pesawat tenaga karet. Untuk lebih jelasnya silahkan kalian lihat videonya disini video Cara membuat pesawat tenaga karet . Atau bisa masuk grup Facebook nya disini Rubber Powered Airplane Grup Facebook