Cara Mengubah Script HTML Menjadi xHTML

 
  Bagaimana kabarnya hari ini kawan? semoga dalam keadaan sehat selalu sehingga dapat membaca postingan ini. Kali ini saya akan membagikan tentang cara mengubah script HTML ke xHTML. sebuah kombinasi dari HTML dan XML (Extensible Markup Language) & merupakan bentuk sempurna (dalam arti, lebih ketat dan bersih dibandingkan HTML).




Mengenal xHTML

  xHTML  merupakan singkatan dari eXtensible HyperText Markup Language . xHTML merupakan bentuk reformulasi dari HTML yang menggunakan paradigma XML .
xHTML adalah bahasa markup penerus dan pengembang dari HTML yang memiliki kemampuan yang sedikit lebih mirip dengan  HTML, tetapi dengan aturan sintak yang lebih ketat.

    HTML merupakan aplikasi dari SGML
(Standard Generalized Markup Language) yang sangat fleksibel, sedangkan XHTML adalah aplikasi dari XML. xHTML harus memiliki keteraturan-bentuk (mengikuti sintaks yang tepat), dokumen XHTML dapat diproses otomatis dengan menggunakan standar pemroses XML - tidak seperti HTML yang membutuhkan pemroses yang cukup sulit dan komplek. xHTML dapat dianggap sebagai perpaduan antara HTML dan XML karena merupakan formulasi ulang HTML dalam bentuk XML. xHTML 1.0 telah menjadi rekomendasi W3C atau World Wide Web(W.W.W.)


Manfaat Menggunakan xHTML

  Kalau berbicara soal manfaat,ada beberapa manfaat menggunakan Tag xHTML jika menurut saya pribadi yaitu untuk membuat tampilan wapsite seperti wapka (membuat web phising ,wkwk)  . Selain itu,manfaat menggunakan  xHTML yaitu :

  1. Untuk membuat halaman yang layout dan formatnya dikontrol penuh oleh CSS.
  2. Untuk menyempurnakan kekurangan pada HTML.
  3. Dapat dijalankan pada berbagai platform, sehingga memungkinkan situs kita dibuka dengan baik melalui PDA dan ponsel .

Aturan Menggunakan xHTML

Ada aturan-aturan yang berlaku dalam penggunaan xHTML ,Seperti yang telah dibahas  sebelumnya, HTML merupakan penyempurnaan dari HTML.[6] Untuk itu, ada beberapa aturan agar program lebih stabil dan konsisten diantaranya:

  1. Setiap tag harus ditulis dengan huruf kecil.
  2. Memberi penutup untuk setiap tag.
  3. Membuka dan menutup tag pada sarang yang benar.
  4. Atribut tag ditulis dengan huruf kecil dan memakai tanda petik.

    Nah ,Jika kalian ingin menggunakan xHTML itu diatas adalah aturan-aturan yang harus kalian patuhi. Cukup ribet bukan? :v ya mending make HTML saja kalau menurut saya,lebih mudah menaruh tag penutup dan yang paling penting tidak se ribet xHTML :v . Tapi bagaimana jika kalian hanya mahir membuat script HTML saja dan kalian ingin memakai script xHTML . Jangan Khawatir,kalian dapat mengubah script berbentuk HTML menjadi xHTML .Lalu bagaimana caranya? Ok simak cara nya dibawah ini.


Cara Mengubah

Cara ini hanya memanfaatkan jasa sebuah situs yang dapat mengubah script HTML menjadi xHTML
  • pertama kalian harus membuat dahulu script HTML nya .Atau kalau sudah ada bisa kalian copy scriptnya
  • Lalu kunjungi situs pengubah script atau HTML converter klik Disini
  •  setelah dibuka ,lalu kalian paste kan  script HTML yang sudah kalian copy kedalam kolom pertama didalam situs tersebutL
  • Lalu kalian pencet tombol HTML=>XHTML  Lihat gambar dibawah





Nah itulah cara mengubah script HTML,Jangan lupa share postingan ini ke yang lainnya supaya dapat bermanfaat bagi orang lain.
 
Anda telah membaca postingan Cara Mengubah Script HTML Menjadi xHTML, semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Mengubah Script HTML Menjadi xHTML"

  1. wih baru tau, good gan artikel loh singkat jelas padat kagak belibet alhasil nangkring di page one no 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx gan,cuma manfaatin Keyword sepi gan. Kalo pake keyword rame pasti nongol paling belakang :D

      Delete

Terima Kasih telah berkunjung
Silahkan berkomentar bila ada artikel yang kurang jelas
Berkomentarlah yang baik :)

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel