Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Awal Memulai Bisnis Online Supaya Sukses

Langkah Awal Memulai Bisnis Online Supaya Sukses - Bisnis atau usaha online merupakan salah satu jenis usaha yang banyak diminati pada era modern seperti sekarang ini. Dengan jumlah pengguna internet yang begitu banyak menjadikan peluang bisnis online sangat besar untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Langkah Awal Memulai Bisnis Online Supaya Sukses

Apalagi dengan adanya berbagai media sosial dapat memudahkan kita untuk mempromosikan bisnis online yang kita miliki agar semakin banyak menarik pelanggan di seluruh tanah air bahkan sampai mancanegara.

Dengan modal yang tidak terbilang besar menjadikan bisnis online banyak diminati oleh banyak orang, berbeda dengan bisnis offline yang harus banyak mengeluarkan budget salah satunya untuk sewa tempat di lokasi yang ramai.

Berbeda dengan bisnis online yang bisa dilakukan secara daring dan dimanapun bahkan sekarang ini banyak flatform yang menyediakan lapak secara gratis dan kita bisa membuat toko online sendiri melalui flatform tersebut tanpa harus mengeluarkan dana sedikitpun.

Langkah Awal Memulai Bisnis Online

Dengan besarnya peluang untuk menjadi sukses dalam bisnis online, banyak orang berlomba-lomba membangun bisnis online dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Tapi semua itu harus dimulai dari bawah dan harus melewati beberapa tahap dan juga rintangan dalam membangun bisnis tersebut.
 
Jika kamu bingung dengan langkah awal apa saja yang harus dilakukan untuk memulai bisnis online maka disini saya akan memberikan beberapa tips awal dalam membangun bisnis online supaya bisnis yang kamu jalani semakin berkembang kedepannya.

Tentukan Produk atau Jasa

Untuk memulai bisnis online harus ada yang namanya produk atau jasa yang kita tawarkan, jika ingin berjualan produk maka harus mengetahui kebutuhan para konsumen kedepannya apakah perminatnya banyak atau justru sepi, lihat juga histori peminat produk tersebut di beberapa bulan atau beberapa tahun kebelakang apakah tren nya stabil atau justru hanya laku di waktu tertentu saja.

Dan juga harus mengetahui kebutuhan dan target pembeli yang kita bidik, sebagai contoh jika targetnya adalah laki-laki maka tidak mungkin kamu akan menjual produk kecantikan kepada mereka kan? sebagai penjual juga harus mengetahui tren terbaru supaya apa yang dijual bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

Jika kamu membuka bisnis online berupa jasa, maka kamu harus sesuaikan dengan keahlian yang dimiliki. Karena jika tidak ada keahlian yang dimiliki maka kamu tidak akan bisa mengembangkan bisnis tersebut.

Pembuatan Nama Yang Cocok

Setelah menentukan ide bisnis, selanjutnya kamu harus menentukan nama bisnis yang akan kamu bangun. Menenntukan nama harus sangat diperhatikan karena nantinya nama inilah yang akan menjadi identitas bisnis yang kamu miliki. 

Usakahan pakai nama unik dan belum dipakai oleh orang lain terutama jangan meniru nama perusahaan besar karena nantinya akan bermasalah jika si pemilik nama tersebut menggugat bisnis kita. 

Dalam pemilihan nama harus disesuaikan dengan bisnis yang akan kita jalani supaya orang lain tahu produk yang kita jual walaupun hanya mendengar nama nya saja. Jangan sampai nama bisnis kita tidak sesuai dengan profuk atau jasa yang ditawarkan, misal nama bisnis "Beauty Skincare" pasti tidak cocok kalau produk yang kita jual adalah makanan.

Membuat Logo Yang Menarik

Setelah menentukan nama bisnis, hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah membuat logo bisnis yang akan kamu bangun. Logo inilah yang akan menjadi identitas dari bisnis kamu agar mudah dikenal dan mudah diingat oleh pelanggan kita nantinya. 

Dilansir dari kompas, logo tidak hanya berfungsi sebagai tanda pengenal atau identitas, melainkan juga punya makna atau arti tertentu dari perusahaan atau organisasi. Untuk itulah kamu harus benar-benar memperhatikan desain logo untuk menggambarkan bisnis yang kamu miliki.

Jika kamu bingung dengan pembuatan desain logo untuk proses awal membangun bisnis kamu sendiri, kamu bisa menggunakan jasa desain logo terpercaya dari sribulancer.com yang pastinya sudah berpengalaman dalam hal pembuatan desain logo. Jadi kamu tidak perlu memikirkan bagaimana cara membuat desain logo yang bagus, sekarang kamu hanya perlu fokus ke bisnis yang akan kamu bangun.

Membuat Kemasan Yang Menarik

Setelah menentukan produk, nama dan juga logo maka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat desain kemasan produk atau kalau kamu menawarkan produk jasa maka kamu bisa membuat desain penawaran jasa supaya orang lain mudah memahami apa yang kita jual.

Dalam menciptakan sebuah desain untuk barang atau layanan yang diproduksi akan terjadi proses yang sangat panjang. Oleh karena itu hasil dari desain untuk barang atau layanan yang diproduksi merupakan sebuah hal yang paling penting bagi perusahaan. Bahkan desain pada hasil produksi itu sendiri bersifat sangat sensitif. Karena akan menentukan keberhasilan atau pun kegagalan dalam sebuah bisnis.

Maka dari itu kamu harus lebih memperhatikan dalam pembuatan desain kemasan yang bagus dan menarik supaya para konsumen tertarik untuk membeli produk yang kita jual. Mungkin untuk hal ini kamu bisa percayakan pada jasa desain kemasan dari sribulancer.com supaya hasilnya lebih maksimal.

Tentukan Harga

Yang paling penting dalam bisnis online adalah keuntungan yang didapat, untuk hal ini kamu harus menentukan berapa harga yang cocok untuk produk yang kamu jual. Silakan kamu jumlahkan dari total modal yang dikeluarkan dalam proses membuat produknya sehingga kamu dapat menyimpulkan berapa harga yang cocok untuk produk yang kamu jual.

Tentu ada perbedaan antara menjual barang dan jasa, kamu perlu melakukan riset harga produk serupa yang ada di pasaran sehingga harga produk yang kamu jual bisa bersaing dengan kompetitor yang menjual produk serupa.

Namun berbeda dengan harga jasa, tidak ada patokan harga karena ada hal yang membuat penjual bisa memberikan harga tinggi, yaitu kualitas dari hasil jasa tersebut. Dimana semakin tinggi harganya maka semakin bagus kualitasnya.

Nah mungkin itu saja artikel mengenai Langkah Awal Memulai Bisnis Online Supaya Sukses, perlu diketahui bahwa saya bukan ahli dalam hal bisnis tapi ini hanya pemikiran pribadi saya sendiri. Jadi silahlan cerna kembali pemikiran saya ini dan jika ada pernyataan yang kurang  tepat mohon dimaafkan.