Cara Mengatasi Koneksi Internet lemot Pada hp Android

Cara mengatasi koneksi internet lemot pada hp android - Koneksi internet merupakan hal yang penting dalam sebuah smartphone Android. Tanpa adanya koneksi, hp android akan terasa membosankan. Walaupun semua hp android memilikinya, tapi bagaimana jika koneksi internet lemot ? lalu bagaimana cara mengatasinya? Oke, ini yang akan kita bahas pada postingan kali ini. 


Apa itu koneksi Internet?

Koneksi internet adalah suatu hubungan yang terjadi pada dua buah perangkat berbasis komputer (salah satunya pada smartphone android) dengan menggunakan jaringan internet. 
Dengan adanya koneksi internet tersebut, suatu device yang mendukung koneksi internet bisa menjalin suatu komunikasi dan saling terhubung satu sama lain. 

Sama halnya dengan koneksi pada hp android, dengan adanya koneksi internet maka pengguna ponsel pintar bisa saling terhubung dalam suatu jaringan. Salah satunya terhubung dengan user lain pada media sosial. Dengan terhubung melalui media sosial, seseorang dapat melakukan komunikasi, mengirim pesan, update status dll. 

Manfaat Koneksi Internet

Jika membahas manfaat koneksi internet, pada zaman digital ini tak luput dengan yang namanya koneksi internet. Tak sedikit orang yang mencari uang / bekerja dengan memanfaatkan koneksi internet. Hampir anak remaja dan orang tua pun menggunakan jasa ini, seperti online di media sosial. Selain manfaat diatas tadi, masih banyak manfaat lainnya dari koneksi internet. 

Jaringan Koneksi Lemot ? 

Tak sedikit orang yang mengeluhkan karena koneksi pada hp android  mereka yang lemot alias lelet. Koneksi yang lemot membuat kita merasa kesal, apalagi jika sedang menonton video youtube pasti selalu buffer. Namun jangan putus asa dengan koneksi internet yang lemot, karena masalah tersebut ada solusinya. Lalu bagaimana cara mengatasi koneksi internet lemot pada hp android? 

Cara mengatasi Koneksi Internet Lemot pada hp Android

Kecepatan internet sangat penting bagi kenyamanan dalam berselancar di dunia maya. Jadi koneksi internet yang stabil dan cepat menjadi dambaan bagi pengguna ponsel pintar. Namun sayang, tidak semua orang dapat menikmati koneksi internet yang cepat dan stabil. Apakah kalian salah satunya ? Jika iya, mungkin tips dibawah dapat mengatasi masalah yang kalian hadapi. 

Periksa sambungan data

Mungkin semua orang sudah tahu akan hal ini. karena jika kita ingin menggunakan koneksi internet, kita harus terlebih dahulu menghidupkan sambungan data seluler. 

Carilah Jaringan Sesuai Operator

Hal ini tidak bisa dianggap remeh, mungkin hal ini dilakukan bila kalian baru mengganti kartu operator, atau baru memasang kartu operator pada hp kalian. Karena kartu yang baru dipakai pada suatu smartphone, harus mencari jaringan sesuai simcard yang kalian pakai. Jadi alangkah baiknya kalian mencari jaringan dan mendaftarkannya. 

Bersihkan cache dan cookie (data) 

Setiap kita melakukan browsing dan membuka situs-situs web pada browser, pasti akan ada data (cookie dan cache) yang tersimpan di smartphone android kita. Jadi jika data yang tersimpan tidak dibersihkan, maka akan menumpuk dan bisa menghambat kinerja ponsel pintar kita. Salah satunya menyebabkan koneksi internet menjadi lemot, bahkan menjadi hp menjadi lelet.

Setting jaringan APN (Acces Point Name) 

Ini salah satu faktor terjadinya koneksi internet, APN berpengaruh besar terhadap kecepatan koneksi internet. Bahkan sebagian APN operator telkomsel bisa dijadikan polosan, jadi walaupun tidak ada kuota kita bisa ber internetan secara gratis. Dibawah ini ada beberapa APN yang bisa kalian gunakan sesuai simcard yang kalian pakai:

Kartu Telkomsel : 
telkomsel
aha
sabarbrn8

Kartu Tri (3) :
3data
3gprs

Kartu Axis
xlunlimited

XL 
xlunlimited
xlgprs

Pakailah Kartu Sesuai Tempat Tinggal

Ini yang paling utama yaitu jika kalian ingin memakai kartu operator, sebaiknya sesuaikan dengan kualitas  jaringan disenitar tempat tinggal. Karena tidak semua daerah memiliki kualitas jaringan suatu operator. Bahkan hanya berbeda beberapa kilo Meter saja kualitas jaringannya berbeda. Jadi pilihlah kartu operator yang cocok dengan daerah sekitar tempat tinggal. 

Cegah pembaruan otomatis Google Play 

Jika Google Play sedang melakukan pembaruan, pasti akan memakan banyak data internet. Cara ini juga bermanfaat untuk menghemat kuota data kalian. Bayangkan saja jika Google Play sedang melakukan pembaruan, maka koneksi internet akan terfokus pada pembaruan tersebut. Hal ini dapat menyebabkan koneksi internet lambat karena harus berbagi kecepatan dengan pembaruan tadi. Jadi jika kalian tidak ingin Google Play melakukan pembaruan otomatis, bisa kalian setting dengan cara :

  • Masuk ke Google Play
  • Klik Setelan
  • pilih Update Aplikasi Secara Otomatis
  • Pilih Jangan update Aplikasi secara Otomatis
Mungkin itu saja yang dapat admin berikan tentang Cara Mengatasi koneksi internet lemot pada hp Android. Sebenarnya masih banyak cara lainnya namun admin cuma memberikan beberapa saja. Oke, semoga dapat membantu kalian supaya koneksi internet menjadi lancar. 
Anda telah membaca postingan Cara Mengatasi Koneksi Internet lemot Pada hp Android , semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini melalui tombol dibawah:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Mengatasi Koneksi Internet lemot Pada hp Android "

Terima Kasih telah berkunjung
Silahkan berkomentar bila ada artikel yang kurang jelas
Berkomentarlah yang baik :)

Iklan Atas Artikel

Responsif

Iklan Bawah Artikel