Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1 Juta Data Facebook Bocor! Ini cara mengeceknya

Berita hangat yang menimpa situs jejaring sosial besar yaitu Facebook, ya Facebook sedang mendapat masalah kebocoran data. Di Indonesia dikabarkan sebanyak 1 juta pengguna korban kebocoran data.


 Semoga saja akun kita bukan menjadi salah satu korban akibat kebocoran data tersebut. Lalu bagaimana cara mengetahui akun Facebook kita menjadi korban kebocoran data tersebut atau tidak? Nanti kita bahas dibawah ini. 

 Facebook telah menepati janji mereka dalam memberikan notifikasi para korban kebocoran data Cambridge Analyctica. Hal ini telah dilakukan oleh Facebook semenjak Senin (9/4/2018) pagi.

Beberapa pengguna Facebook yang menjadi korban pun mengaku sudah mendapatkan notifikasi tersebut di laman Facebook mereka. Hal ini juga berlaku bagi para 1,096 juta korban kebocoran data Facebook dari Indonesia.

Mengutip dari laman The Verge, Rabu (11/4/2018), ternyata masih banyak pengguna media sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut yang khawatir apakah mereka menjadi korban atau tidak, meski tidak mendapatkan notifikasi di laman Facebook pribadi mereka.

Cara Mengecek Apakah Akun Kita Menjadi Korban Atau Tidak
Mendengar banyaknya permintaan pengguna untuk mengecek apakah akun mereka (pengguna) menjadi korban atau tidak, pada akhirnya Facebook membuka sebuah fitur di mana semua orang dapat mengecek apakah akun mereka menjadi korban atau tidak.

Para pengguna tinggal membuka laman pusat bantuan Facebook atau dengan mengklik DISINI  . Perlu diperhatikan, bagi kalian yang akan mengakses laman tersebut, kalian  disarankan sudah masuk ke dalam akun Facebook masing-masing untuk mengecek apakah akun kalian menjadi korban atau tidak.

Jika akun pengguna tidak menjadi korban, maka akan muncul notifikasi yang berbunyi, "Berdasarkan catatan kami, baik Anda maupun teman Anda tidak masuk ke This Is Your Digital Life. Akibatnya, tidak muncul informasi Facebook kalian dibagi dengan Cambridge Analytica oleh This Is Your Digital Life".

Sedangkan jika akun para pengguna Facebook menjadi korban, pihak Facebook akan meminta pengguna untuk mengubah pengaturan aplikasi mereka. Di sini, pengguna diminta untuk melepas pemasangan aplikasi This Is Your Digital Life.

Namun sekiranya, tidak ada salahnya kalian mengecek akun Facebook melalui tautan di atas. Selain itu, tidak ada salahnya juga kalian memeriksa daftar aplikasi Facebook dan melepas pemasangan aplikasi yang dirasa sedikit mencurigakan, terutama yang berupa kuis serupa This Is Your Digital Life.

Sekedar informasi, pada hari ini, Rabu (11/4/2018), CEO Facebook akan memberikan kesaksiannya di hadapan dewan parlemen Amerika. Dia diminta menjadi saksi, terkait masalah kebocoran 87 juta pengguna akun media sosial miliknya tersebut.

Selaain itu, pada pertemuan antara Kominfo dengan Facebook pekan lalu, pihak Kominfo telah meminta pihak Facebook untuk menutup semua aplikasi pihak ketiga yang berjalan di Facebook, terutama yang berkaitan dengan kuis kepribadian. Namun hingga saat ini, masih belum ada respon dari pihak Facebook mengenai hal tersebut.


Sumber       : TechnoOkezone,
Rewrite by : Agung Hostkey
  

Posting Komentar untuk "1 Juta Data Facebook Bocor! Ini cara mengeceknya "

close