Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Hanya Panggilan Darurat Di HP Android Semua Operator

Penyebab Dan Cara Mengatasi Hanya Panggilan  Darurat Pada HP Android - Pernah gak sih kalian mengalami sinyal pada hp android hilang? atau sinyal berubah menjadi simbol tanda seru? Itu merupakan masalah yang sering terjadi pada setiap pengguna ponsel android dan terkadang kita bingung bagaimana cara mengatasi kartu SIM hanya panggilan darurat.

Maka dari itu, disini saya akan memberikan solusi dan penjelasan mentgenai masalah hanya panggilan darurat pada kartu SIM operator seluler.

cara mengatasi hanya panggilan darurat , cara menghilangkan hanya panggilan darurat ,cara atasi hanya panggilan darurat ,cara memperbaiki hanya panggilan darurat ,mengatasi hanya panggilan darurat di samsung

Munculnya ikon tanda seru menyebabkan adanya tulisan hanya panggilan darurat pada panel notifikasi. Disini admin memakai hp Samsung J2 Pro, tapi ini berlaku juga bagi semua merk HP android termasuk HP yang sobat gunakan karena sama-sama HP Pintar (smartphone).

Ponsel pintar sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Banyaknya manfaat yang dihasilkan dalam kehidupan sehari-sehari, menjadikan ponsel pintar salah satu penjualan terlaris di tanah air bahkan dunia. Ponsel pintar tidak jauh dari yang namanya koneksi internet, koneksi internet ini bisa kamu dapatkan dengan memasang kartu operator.

Namun pernahkah kamu mengalami masalah tidak bisa konek ke internet dan data seluler tidak muncul? Disamping itu kamu akan melihat sinyal penuh tapi ada notif hanya panggilan darurat? Maka dari itu saya akan membahas tentang masalah sinyal full tapi Hanya panggilan darurat. 

Yuk Simak postingan ini sampai akhir.

Penyebab Hanya Panggilan Darurat

cara mengatasi hanya panggilan darurat , cara menghilangkan hanya panggilan darurat ,cara atasi hanya panggilan darurat ,cara memperbaiki hanya panggilan darurat ,mengatasi hanya panggilan darurat di samsung

Maksud dari hanya panggilan darurat tak lain karena tidak adanya sinyal atau jaringan yang terhubung ke ponsel tersebut. Selain itu banyak faktor yang menjadi penyebab hilangnya sinyal dan hanya bisa melakukan panggilan darurat, diantaranya:

Kartu operator hangus

Salah satu penyebab masalah diatas yaitu kemungkinan kartu yang kalian gunakan sudah tidak aktif atau hangus. Ini menjadi penyebab yang banyak dialami oleh pengguna smartphone dikala hanya bisa melakukan panggilan darurat. Apalagi pada awal tahun 2018 lalu ada peraturan baru yaitu dibatasinya pengguna kartu setiap 1 identitas.
 Baca juga peraturan baru, 1 KK bisa daftar lebih dari 1simcard

Kartu dalam masa tenggang

Masa tenggang dalam kartu SIM (hp) adalah waktu dimana masa aktif kartu tersebut akan habis dan diwajibkan untuk memperpanjang masa aktif dengan cara melakukan pengisian pulsa. Di masa ini pengguna tidak bisa melakukan panggilan keluar atau mengirim pesan SMS. Namun kamu masih bisa menerima panggilan masuk dan pesan singkat.

Jika tidak melakukan pengisian pulsa maka pihak operator akan menonaktifkan kartu tersebut atau biasa kita sebut hangus. Pada masa tenggang ini biasanya berlangsung selama satu bulan sebelum kartu benar-benar hangus (untuk kartu three).Kartu dalam masa tenggang terkadang sinyalnya suka menghilang dan ada notif hanya panggilan darurat tapi suka normal kembali dalam waktu dekat.

Sinyal down di daerah tertentu

Pernahkan kalian pergi ke suatu daerah dan tiba-tiba sinyal hp kalian hilang begitu saja? Jika iya mungkin ini salah satu penyebab hanya bisa panggilan darurat, Karena tidak semua daerah kualitas sinyalnya bagus. Terkadang sinyal yang buruk disebabkan karena adanya tower BTS yang mengalami masalah atau dalam proses perbaikan.

Oh iya, Gak tau kenapa ya sob jika di suatu daerah atau kota mengalami mati listrik itu selalu berpengaruh terhadap jaringan atau sinyal hp kita. Ini selalu saya alami ketika ada pemadaman bergilir di kota saya dan tiba-tiba jaringan dan sinyal jadi jelek, tapi ketika sudah nyala semua kembali dengan normal.

Cuaca Buruk

Cuaca buruk seperti hujan lebat memang bisa memengaruhi kualitas jaringan di daerah yang terdampak. Sehingga kualitas jaringan dan sinyal di daerah tersebut akan terganngu akibat hujan. Ini bukan sekedar opini, karena seperti yang ditulis oleh situs Institut Insinyur Elektrik dan Elektronik (IEEE).

Secara umum gelombang radio pada layanan jaringan seluler memang akan terpengaruh ketika terjadinya perubahan cuaca. Hujan lebat ,petir, awan tebal, bisa mengganggu kelancarang kualitas jaringan telepon atau layanan operator. Biasanya ini membuat jangkauan seluler tidak merata ,kualitas suara terganggu, dan kecepatan internet jadi lambat.

Sinyal ponsel BTS dihantarkan oleh ION positif yang bertebaran di udara, dan ketika terjadi hujan lebat serta angin kencang maka susunan ION di udara jadi tidak beraturan. Tetesan air akibat hujan juga dapat menghambat hantaran listrik, sehingga mengganggu kelancaran pancaran sinyal selular.

Pengaturan yang salah

Tak bisa diremehkan, melakukan setting jaringan yang salah pada handphone bisa menyebabkan terjadinya masalah diatas. Misal kalian memilih jaringan three, padahal kartu yang kalian gunakan adalah Telkomsel. Selain itu bisa juga salah dalam mengisi APN (Acces Point Name), 

APN merupakan gateway yang dipakai untuk melakukan identifikasi sebuah jaringan penghubung seluler maupun komputer ke jaringan internet. APN juga bisa diartikan sebagai jembatan andara Ponsel selular dengan operator penyedia jaringan internet.

Cara Mengatasi Hanya Panggilan Darurat Pada Hp Android

cara mengatasi hanya panggilan darurat , cara menghilangkan hanya panggilan darurat ,cara atasi hanya panggilan darurat ,cara memperbaiki hanya panggilan darurat ,mengatasi hanya panggilan darurat di samsung

Pasti kesal kan jika kartu operator yang kita gunakan mengalami masalah sehingga tidak bisa digunakan untuk mengakses internet karena beberapa penyebab diatas tadi. Nah jika kalian sudah mengetahui penyebabnya, Sekarang saya akan membahas mengenai cara megatasinya. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan, diantaranya:

Aktifkan Mode Pesawat

Seperti namanya, mode pesawat umumnya diaktifkan saat penumpang akan menaiki pesawat, ini supaya pada saat melakukan penerbangan sistem komunikasi pesawat tidak tergganggu dan pengguna ponsel masih bisa memainkan ponselnya dengan syarat harus mengaktifkan mode pesawat.

Namun fitur ini selalu admin gunakan atau aktifkan ketika kartu yang dipakai hanya bisa melakukan panggilan darurat. Caranya dengan mengaktifkan mode pesawat selama 5-10 detik dan menonaktifkannya lagi. Ini berguna untuk merefresh sinyal pada hp kalian supaya menjadi lebih bagus lagi.

Hal ini juga sudah diakui oleh sebagian media besar seperti Grid.id ,Liputan6, Tribunnews dan masih banyak lagi, bahwa fungsi mode pesawat salah satunya bisa untuk stabilkan sinyal dan jaringan hp android yang kamu gunakan.

Pilih mode jaringan lain

Jika masalah belum teratasi dengan cara diatas tadi, bisa kalian lakukan cara ini yaitu dengan mengganti mode jaringan dengan cara;
  • Pergi ke pengaturan
  • Pilih Jaringan lainnya
  • Pilih Jaringan seluler
  • lalu pilih Mode jaringan 

Pilih salah satu jaringan lain, saya sarankan jangan memilih jaringan hanya GSM karena itu jaringan paling bawah (GPRS,EDGE DLL)

Selain Memilih mode jaringan, kamu juga bisa menyetting APN (Acces Point Name) Sesuai kartu operator masing-masing. Karena APN adalah settingan pada ponsel yang digiunakan operator seluler untuk jalur penghubung PDN (Packet Data Network) yang diinginkan oleh pengguna, misal GPRS, GSM, 3G, H+ maupun 4G seperti pada saat kita memilih jaringan diatas tadi.

Adapun beberapa APN untuk semua operator yang bisa kamu gunakan seperti yang bisa kamu lihat dibawah ini:

APN Telkomsel

Nama Profile : Bebas sesuai keinginan
APN              : Telkomsel
Username      : Wap
Password       : Wap123

APN Axis

Nama Profile : Bebas sesuai keinginan
APN              : AXIS
Username      : AXIS
Password       : 123456

APN Tri 

Nama Profile : Bebas sesuai keinginan
APN              : 3gprs
Username      : 3gprs
Password       : 3 gprs

APN Indosat

Nama Profile : Bebas sesuai keinginan
APN               : indosatgprs
Username      : indosat
Password       : indosat

APN Smartfren

Nama Profile : Bebas sesuai keinginan
APN              : smartfreen / #999 (pilih satu)
Dial number  : #777
Username      : M8
Password       : M8

Upgrade Kartu

 Mungkin ini dikarenakan kartu yang kalian pakai jadul atau belum didukung fitur 4G sedangkan hp kalian sudah ada fitur 4G . Jadi alangkah baiknya kalian upgrade kartu SIM kalian. Karena saya pernah mengalaminya pada kartu telkomsel ,jadi cara ini bisa kalian coba untuk atasi kartu sim hanya panggilan darurat telkomsel

Adapun beberapa situs resmi yang membahas tatacara melakukan upgrade kartu diantaranya:
  1. Telkomsel - Upgrade To 4G SIM
  2. Tri Indonesia - 4G LTE
  3. AXIS - 4G Axis
  4. Indosat Ooredoo - Jaringan 4G Tercepat
  5. XL Axiata - Upgrade 4G

Menunggu Beberapa Saat

 Seperti yang disebutkan diatas tadi dalam point penyebab masalah , yaitu dikarenakan cuaca yang buruk jadi alangkah baiknya kalian menunggu beberapa saat ,mungkin ini faktor cuaca yang hanya berlangsung sementara. Disamping itu kalian bisa menunggu sambil main game offline supaya tidak bosan sampai jaringan kembali normal.

Ganti Hardware HP Yang Rusak

Jika kalian sudah lakukan semua cara diatas tetapi masalah belum teratasi kemungkinan ada masalah pada slot kartu hp kalian. Jadi alangkah baiknya kalian periksa ke konter / servis hp untuk di cek. Jika benar ini masalah hardware maka tidak ada cara lain selain memperbaiki bagian hp yang rusak atau jika perlu kalian harus mengganti komponen yang rusak tersebut. Cara ini bisa kalian coba untuk semua merk ponsel salah satunya samsung, jadi cara ini bisa untuk mengatasi hanya panggilan darurat samsung

Penutup

Cara diatas berlaku untuk semua kartu operator seperti Telkomsel, axis, tri (three), XL, Smartfren, Indosat, IM3 Oreedo dan kartu SIM lainnya. Cara ini juga berlaku untuk semua merk ponsel pintar seperti samsung, vivo, lenovo, advan, xiaomi, sony, oppo, nokia dan semua merk ponsel pintar lainnya.

Baca Juga: Cara mengatasi kartu tri tidak bisa terhubung ke internet

Mungkin itu saja info yang bisa saya tulis di artikel ini mengenai penyebab dan cara mengatasi hanya panggilan darurat pada hp android semua operator, semoga dengan adanya postingan ini bisa memberikan solusi untuk masalah yang kalian miliki.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

4 komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Hanya Panggilan Darurat Di HP Android Semua Operator"

  1. Gimana ya solusinya kalau sudah sinyal darurat terus kartu im3. Apa sudah hangus atau apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yang dikatakan dalam postingan, cek dahulu masa aktif kartu. Jika sudah expired kemunggkinan itu penyebabnya

      Hapus
  2. Pulsa ada masa aktif ada tapi xl panggilan darurat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyebabnya bisa dikarenakan oleh beberapa faktor diatas...jika tetap saja panggilan darurat, coba ganti kartu operator terlebih dahulu, jika tetap sama, silakan cek hardware ke orng yg lebih paham

      Hapus

Rules Komentar:
¤ Pakailah bahasa yang baik
¤ Komentar Spam akan dihapus
¤ Link aktif akan dihapus, jika ingin bertukar link silakan menuju halaman partner

close